Cara Menghitung Biaya Lis Plafon Gypsum Profil Terbaru 2020

Cara Menghitung Biaya Lis Plafon Gypsum – Plafon atau langit-langit merupakan salah satu bagian dari konstruksi bagunan yang harus ada pada sebuah hunian. Plafon ini berfungsi sebagai penutup atap bagian dalam sebuah bangunan, entah itu gedung ataupun rumah.

Pada dasarnya kegunaan utama plafon adalah untuk mencegah cuaca dingin atau cuaca panas supaya tidak langsung masuk ke dalam rumah setelah menembus atap. Selain menjadi elemen yang fungsional, plafon juga dapat memberikan nilai estetika untuk sebuah hunian.

Namun, dalam memasang plafon tidak akan terasa lengkap jika pada bagian pinggir yaitu pertemuan antara plafon dengan tembok tidak dirapikan. Oleh karena itu, kalian bisa menyelesaikan bagian plafon pinggir ini dengan menggunakan lis plafon gypsum profil agar tepi plafon terlihat lebih cantik.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara legkap apa saja material yang dibutuhkan serta berapa biaya untuk memasang lis plafon gypsum. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak penjelasan cara menghitung biaya lis plafon gypsum berikut ini.

Cara Menghitung Biaya Lis Plafon Gypsum Profil Terbaru

Cara Menghitung Biaya Lis Plafon Gypsum Profil Terlengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lis adalah penghubung antara permukaan plafon dengan dinding. Material ini memiliki bentuk seperti garis lurus saja, tetapi terdapat juga yang dihiasi dengan berbagai motif. Selain dapat membuat tampilan rumah menjadi semakin menarik, lis plafon gypsum juga dapat memperkokoh dan memperkuat sebuah bangunan.

Material Pekerjaan Lis Plafon Gypusm

Material Pekerjaan Lis Plafon Gypusm

Sebelum membahas cara menghitung biaya lis plafon gypsum lebih lanjut, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu mengenai material yang diperlukan pada saat memasang lis plafon. Perlu kalian ketahui, material yang dibutuhkan untuk pemasangan lis plafon ini tergantung dari pertemuan antara plafon dan dinding, desain plafon serta variasi yang ingin ditambahkan. Material tersebut yaitu di antaranya seperti berikut ini.

  • Lis plafon
  • Paku lis

Ongkos Tukang atau Pekerja

Ongkos Tukang atau Pekerja

Kalian juga harus memasukkan ongkos tukang ke dalam perhitungan biaya RAB (Rencana Anggaran Biaya) bangunan. Jika pekerjaan pemasangan lis plafon ini dalam skala besar, maka biasanya tukang yang dibutuhkan lebih dari satu. Di bawah ini adalah beberapa tenaga ataupun tukang yang terlibat dalam pekerjaan pemasangan lis plafon.

  • Pekerja
  • Tukang plafon atau tukang kayu
  • Kepala tukang
  • Mandor

Perlu kalian ketahui, komponen kepala tukang dan mandor dapat kalian hilangkan jika pekerjaan pemasangan lis plafon dalam skala kecil. Hal itu dikarenakan pekerjaan dalam skala kecil biasanya hanya membutuhkan peranan dari tukang plafon saja.

Menghitung Volume Pekerjaan

Menghitung Volume Pekerjaan

Untuk mengetahui volume pekerjaan lis plafon, kalian bisa menghitungnya berdasarkan panjang lis yang mengelilingi ruangan yang akan ditempeli lis PLAFON GYPSUM. Untuk mencari panjang lis adalah dengan mencari keliling ruangan menggunakan cara manual atau menggunakan rumus. Berikut ini adalah rumus untuk mencari keliling ruangannya.

  • Keliling ruangan = 2 x (Panjang ruangan + Lebar ruangan)

Cara Menghitung Biaya Lis Plafon Gypsum

Cara Menghitung Biaya Lis Plafon Gypsum 1

Setelah mengetahui biaya bahan dan upah tukang, selanjutnya kalian dapat melakukan perhitungan untuk kebutuhan biaya lis plafon gypsum dengan cara menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen bahan dikalikan dengan estimasi bahan, sedangkan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 meter pemasangan lis plafon gypsum membutuhkan rincian bahan, tukang dan peralatan dengan biaya seperti berikut ini.

1. Biaya Tenaga

URAIANSATUANKOEFISIENHARGA SATUANJUMLAH
Pekerjaoh0.0500Rp 103.000Rp 5.150
Tukang Kayuoh0.0500Rp 115.000Rp 5.750
TOTALRp 10.900

2. Biaya Bahan

BAHANSATUANKOEFISIENHARGA SATUANJUMLAH
List Gypsum 7 cmm11.0500Rp 12.000Rp 12.600
Paku Liskg0.0100Rp 30.000Rp 300
TOTALRp 10.900

Jadi, untuk harga pemasangan lis plafon gypsum per meter perseginya adalah ongkos tenaga (Rp 10.900) + biaya bahan (Rp 12.900) = Rp 23.800.

Contoh Perhitungan Pekerjaan Pemasangan Lis Plafon Gypsum

Misalkan kalian ingin memasang lis plafon untuk sebuah bangunan kamar tidur berukuran 5 m x 4 m serta menggunakan lis profil minimalis lebar 7 cm dengan harga Rp 12.000 per meter. Dengan ukuran tersebut kalian sudah bisa untuk menghitung keliling ruangannya, yaitu panjang ruangan (5) + lebar ruangan (4) = 18 m.

Diketahui:

  • Ukuran bangunan = 5 m x 4 m
  • Tinggi plafon = 2.8 m
  • Keliling ruangan = 18 m

Setelah mengetahui volume pekerjaannya, maka langkah selanjutnya yaitu mengalikan keliling ruangan dengan harga per meter pemasangan lis plafon gypsum.

  • Biaya lis plafon = Luas plafon x Harga per meter
  • Biaya lis plafon = 18 m2 x 23.800 m2
  • Biaya lis plafon = Rp 428.400

Jadi harga pemasangan lis plafon gypsum untuk ukuran kamar 5 m x 4 adalah Rp 428.400 atau dibulatkan menjadi Rp 430.000

Keunggulan Lis Plafon Gypsum

Setelah mengetahui cara menghitung biaya lis plafon gypsum, kalian juga harus mengerti tentang beberap keunggulan material ini. Berikut ini adalah beberapa keunggulan lis plafon yang dapat kalian jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya.

  • Harganya terjangkau
  • Memiliki bobot yang cukup ringan
  • Proses pemasangannya mudah dan cepat
  • Cara perawatannya mudah
  • Dapat digunakan untuk interior maupun eksterior

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menghitung biaya lis plafon gypsum profil yang dapat ahlikuli.com sampaikan. Saran kami, sisakan juga dana sekitar 5% dari harga perhitungan di atas untuk berjaga-jaga agar lebih aman ketika terjadi sesuatu dalam proses pengerjaannya.