Apa Itu Besi Nako : Pengertin, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Besi Nako – Besi merupakan salah satu bahan material sangat penting dalam sebuah bangunan, karena itu akan menjadi tumpuan atau tulangan dari sebuah bangunan. Oleh karena itu kenapa banyak orang tidak mempermasalahkan jika harga besi semakin kesini semakin naik saja, karena itu memang tidak bisa diganti dengan bahan apapun.

Bila berbicara soal besi memang terdapat banyak sekali jenis besi telah tersedia saat ini mulai dari besi Holo, Besi H, Besi pipa, Besi siku, plat besi, besi nako dan jenis lainnya. Mungkin beberapa orang belum banyak yang tahu apa itu besi nako, karena memang banyak orang belum mengetahui besi tersebut mulai dari fungsinya untuk apa saja dan cocok untuk bahan apa.

Secara umum besi nako bukan dijadikan sebagai baham bangunan sebuah gedung, rumah maupun juga ruko melainkan sebagai baham untuk pembuatan pagar dinding, kanopi, garasi dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan memiliki bentuk persegi, dimana tidak memiliki kolong alias besi utuh sehingga sangat cocok sebagai bahan utama untuk pembuatan barang seperti sudah kami sebutkan tadi.

Pada pembahasan sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua mengenai harga besi nako untuk semua ukuran sudah tersedia saat ini, jadi disini kami tidak perlu menjelaskan secara detail. Bagi kalian yang ingin mengetahui secara detail tentang besi nako, sangat disarankan sekali untuk tetap simak terus artikel kali ini sampai selesai agar paham dengan jenis besi satu ini.

Apa Itu Besi Nako

Hingga sekarang ini tentunya banyak orang semakin penasaran dengan itu semua mulai dari pengertian, fungsi utamanya untuk apa saja. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut silahkan simak dengan baik ulasan telah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com kali ini mengenai apa itu besi nako seperti dibawah ini.

Apa Itu Besi Nako

Besi nako adalah salah satu jenis besi dengan bentuk kotak dan biasanya memiliki ukuran panjang 6 meter tanpa memiliki rongga alias besi utuh sama seperti besi yang digunakan untuk bahan bangunan, hanya saja bentuknya kotak.

Biasanya besi nako digunakan sebagai bahan untuk pembuatan aksesoris pintu, pagar, tralis dan masih banyak lagi lainnya. Adapun jenis ini terdapat dua versi yakni polos dan ulir, untuk membedakannya sangat mudah dapat lihat dari bentuk sisi sampingnya saja.

Fungsi Besi Nako

Diatas juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua jika fungsi besi nako sebagai bahan tambahan untuk pembuatan aksesoris seperti pintu, pagar, gerbang, tralis dan masih banyak lagi lainnya. Dengan memiliki bentuk kotak maka lebih mudah untuk dibuat sebagai bahan aksesoris, selain itu mudah dibentuk.

Selain itu juga sering digunakan sebagai bahan untuk keamanan sebuah jendela dan pintu, kadang ada juga para pengrajin las menggunakan sebagai bahan tambahan yang bisa disesuaikan dengan ukuran telah tersedia.

Jenis Besi Nako

Jenis Besi Nako

Wajib kalian ketahui besi tersebut memiliki beberapa jenis telah digunakan oleh kebanyakan orang, untuk mengetahui itu semua silahkan simak langsung sebagai berikut.

1. Nako Polos

Jenis besi nako pertama ialah nako polos. Nako ini merupakan yang paling laris diantara jenisvsudah tersedia. Dimana jenis ini menjadi bahan utama pembuatan tralis jendela minimalis. Nako ini memiliki bentuk kotak dan tekstur polos.

2. Nako Gilas

Selanjutnya adalah nako gilas. Nako gilas sendiri memiliki motif tonjolan kotak yang seragam. Besi ini biasanya digunakan untuk pembuatan tralis jendela rumah rumah mewah.

3. Nako Embos

Lalu ada nako embos. Nako ini memiliki bentuk kotak dan berdiameter mulai dari 6 mm sampai 16 mm. Jenis ini biasa digunakan untuk membuat pagar atau railing balkon.

4. Nako Ulir

Dan yang terakhir adalah nako ulir. Nako ulir ini memiliki bentuk bulan dan tekstur ulir. Biasa juga digunakan untuk pembuatan tralis jendela, akan tetapi proses pembuatannya lebih lama dibandingkan dengan nako biasa.

Harga Besi Nako

Sebagai informasi tambahan buat semuanya, berikut kami informasikan harganya. Pada tabel kali ini bukan sebagai acuan karena bisa berubah ubah kapan saja.

Jenis & UkuranHarga
Nako Polos 12 mm (10 x 10 x 4,6 meter)Rp 47.000
Nako Polos 16 mm (15 x 15 x 5,8 meter)Rp 138.575
Nako Polos 12 mm (10 x 10 x 5,8 meter)Rp 70.725
Nako Polos 12 mm (9 x 9 x 3,6 meter)Rp 33.350
Nako Polos 10 mm (7 x 7 x 4,1 meter)Rp 23.000
Nako Polos 19 mm (17 x 17 x 5,3 meter)Rp 175.950
Nako Polos 19 mm (19 x 19 x 6 meter)Rp 237.475
Nako Ulir 12 mm (10 x 10 x 5,8 meter)Rp 71.300
Nako Ulir 12 mm (10 x 10 x 4,6 meter)Rp 47.725
Nako Ulir 10 mm (7 x 7 x 4,1 meter)Rp 23.575
Nako Ulir 12 mm (9 x 9 x 3,7 meter)Rp 33.925
Nako Ulir 12 mm (9 x 9 x 4,1 meter)Rp 38.000

Kelebihan & Kekurangan Besi Nako

Hampir setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing termasuk juga dengan besi nako. Untuk mengetahui apa saja, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Kelebihan

  • Harga sebanding dengan kualitasnya.
  • Tersedia banyak ukuran.
  • Banyak pilihan jenis bisa digunakan.
  • Merupakan besi isi atau padat.

Kekurangan

  • Hanya bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan aksesories.
  • Tidak bisa digunakan untuk bahan bangunan seperti rumah, gedung dan lainnya.

Kesimpulan

Apabila melihat dari pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa jenis tersebut dibuat sebagai bahan untuk pembuatan aksesories seperti sudah disebutkan tadi. Tetapi ada juga beberapa orang memanfaatkan untuk kebutuhan lain sekiranya harus menggunakan besi.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai pengertian apa itu besi nako disertai dengan fungsi, harga serta kelebihan dan kekurangan dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan komentar