Apa Itu Jalusi : Pengertian, Jenis & Fungsi

Apa Itu Jalusi – Pastinya kalian semua sering melihat sebuah rumah dengan jendela yang memiliki sekat horisontal maupun vertikal, tentu banyak yang bertanya tanya sebenarnya itu apa si. Nah untuk kalian yang ingin tahu namanya disini kami akan sebutkan jika itu adalah Jalusi, dimana sebuah komponen seperti jendela namun ditengahnya terdapat beberapa sekatan.

Selain memberikan kesan lebih menarik ternyata jalusi memiliki banyak fungsi sehingga banyak orang sangat menyukai dengan komponen tersebut, namun sebelum lanjut akan informasikan apa itu jalusi kepada kalian semua. Dengan mengetahui pengertian dari jalusi maka bisa menentukan mau menggunakan jenis mana, karena tersedia beberapa jenis.

Untuk menggunakan material ini, sebelumnya kalian wajib mengetahui ukuran terlebih dahulu sehingga pada saat pemasangan kusenan sudah sesuai dengan semuanya. Jadi sangat disarankan akan membuat atau membeli kusen jendela yang sesuai dengan ukuran dari jalusi, kalian bisa menggunakan kayu atau alumunium dimana keduanya sama sama memiliki kualitas bagus.

Sedangkan dari sisi pemasangan tidak jauh berbeda seperti pasang daun jendela, hanya saja yang menjadi pembeda pada sekat sekat nya saja kok jadi untuk pemasangan bisa ke tukang langsung. Nah untuk pembahasan kali ini akan kami informasikan kepada kalian semua mengenai pengertian dari Jalusi kepada kalian semua serta jenis apa saja yang sudah tersedia dan bisa kalian pilih.

Apa Itu Jalusi

Sampai disini pastinya kalian semua semakin penasaran bukan dengan jalusi mulai dari fungsi, pengertian, jenis serta keuntungan menggunakan Jalusi. Untuk menjawab rasa penasaran dengan komponen satu ini disini Ahlikuli.com akan menjelaskan itu semua, baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak ulasan mengenai apa itu jalusi yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Apa Itu Jalusi

Seperti pembahasan sebelumnya, untuk mengawali perjumpaan kali ini terlebih dahulu menjelaskan apa itu jalusi karena masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Jalusi adalah sebuah bagian dari rumah yang mana dilihat secara kasat mata menyerupai dengan sebuah jendela, hanya saja pada daun jendelanya memilih bentuk yang berbeda.

Baca  29 Harga Pasir 1 Kijang Termurah dan Terbaru 2022

Pada umumnya memiliki bentuk horisontal serta vertikal tergantung dengan apa yang di inginkan, dimana penggunaan bentuk tersebut bertujuan sebagai sirkulasi udara didalam rumah. Hampir kebanyakan jalusi bisa di buka dan juga bisa di tutup dan tak jarang juga orang yang melapisi dengan dua bagian, jadi untuk menutup cukup lapisan luarnya saja.

Jenis Jalusi

Dari awal pembahasan juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua bahwa material ini terdapat beberapa jenis yang sudah disediakan, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika penasaran dengan semuanya, silahkan simak penjelasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Jalusi Kayu

Untuk yang pertama ialah kayu dimana setiap bagian yang digunakan menggunakan bahan kayu, adapun untuk jenis kayu cukup bervarian. Jadi tinggal tentukan saja mau menggunakan jenis kayu mana atau sesuaikan saja dengan budget yang kalian miliki, semakin bagus kayu digunakan maka semakin mahal juga harganya.

Jalusi Plastik

Kemudian ada jenis plastik, pada pilihan ini memang tidak jauh berbeda dengan kayu hanya saja lebih ringan bila dibandingkan dengan berbahan kayu. Jika kalian menggunakan ini maka wajib perhatikan sekali, sebab jika sering terkena panas dan hujan maka tidak akan bertahan lama seperti kayu atau besi.

Jalusi Besi

Terakhir adalah berbahan besi, pada jenis ini memang jarang digunakan dikarenakan tidak bisa seperti kayu dan plastik dapat buka tutup dengan mudah. Akan tetapi jika ingin mengutamakan awet dan tahan lama maka jenis ini sangat cocok sekali, selain itu juga banyak model yang sudah ada.

Fungsi Jalusi

Tentu banyak orang semakin penasaran dengan fungsi utama dari jendela jalusi itu sebenarnya untuk apa dan cocok untuk rumah seperti apa. Apabila penasaran dengan semuanya, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Baca  12 Harga Pasir Cuci 2022: Jenis, Fungsi & Proses Pembuatan

Ventilasi Udara

Fungsi utama material ini adalah sebagai tambahan ventilasi udara, sehingga rumah kalian tidak kekurangan pasokan udara segar. Oleh karena itulah banyak sekali orang yang banyak memilih menggunakan jalusi bila dibandingkan dengan menggunakan roster atau sejenisnya.

Sirkulasi Udara

Berikutnya berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara keluar masuk, dengan aliran udara yang lancar maka ruamh terasa segar dan tidak panas. Dikarenakan udara yang masuk dan keluar akan berjalan dengan sempurna dan ini menjadi salah satu kelebihannya.

Memberikan Kesan Estetika

Terakhir ialah memberikan kesan estetika, dimana rumah memiliki tampilan lebih mewah. Terlebih lagi jika kalian memilih jenis sesuai dengan konsep rumah kalian, oleh karena itu menentukan jenis jalusi memang wajib diperhatikan sekali agar tidak aneh nantinya ketika sudah dipasang.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagaimana sudah dijelaskan kepada kalian semua bahwa material tersebut memang terdapat cukup banyak kelebihannya, tak menutup kemungkinan juga terdapat kekurangan. Apabila penasaran dengan semuanya silahkan simak kelebihan dan kekurangan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Kelebihan

  • Sirkulasi udara menjadi lancar.
  • Tampilan rumah lebih bagus.
  • Menjadi ventilasi udara.
  • Terdapat banyak pilihan desain serta jenis.
  • Harga terjangkau.

Kekurangan

  • Pemasangan lebih ribet sedikit.
  • Lebih mahal dari jendela biasa.
  • Kusenan jendela harus menyesuaikan.

Kesimpulan

Apabila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa material tersebut merupakan bagian dari sebuah jendela, hanya saja pada daun pintu memilih bentuk yang berbeda. Dengan menggunakan jendela jalusi maka tampilan rumah lebih keren dan selain itu ada banyak fungsi bisa kalian rasakan jika sudah menggunakannya.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai pengertian apa itu jalusi mulai dari jenis, fungsi serta kelebihan dan kekurangan dapat Ahlikuli.com sampaikan kepada kalian semua. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan penjelasan seperti tersebut.

0/5 (0 Reviews)