9 Bahan Bangunan Tahan Api & Material Standar Konstruksi 2021

Bahan Bangunan Tahan Api – Sebuah bangunan yang baik, tentunya tidak hanya memiliki konstruksi kokoh serta menarik saja, tetapi juga bisa meminimalisir berbagai macam ancaman. Salah satu ancaman yang paling sering dialami pada suatu bangunan yaitu kebakaran.

Tidak dipungkiri bahwa kebakaran memang dapat terjadi pada bangunan jenis apapun, entah itu pada rumah tinggal ataupun gedung perkantoran. Namun, hal tersebut sebenarnya dapat dihindari dengan memilih serta menggunakan material bangunan tahan terhadap api.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak material standar konstruksi bangunan yang memiliki sifat tahan terhadap api ataupun kebakaran. Oleh sebab itu, jika menggunakan beberapa material tersebut kemungkinan besar bangunan akan terhindar dari kebakaran.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai kumpulan bahan bangunan tahan api sekaligus merupakan material standar dalam dunia konstruksi. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak baik-baik pembahasan daftar bahan bangunannya di bawah ini.

Bahan Bangunan Tahan Api

Karakteristik Bahan Bangunan Tahan Api

Sebelum membahas daftar bahan bangunan tahan api lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa karakteristiknya. Salah syarat atau ciri dari sebuah material bangunan tahan api yaitu mampu bertahan pada suhu tinggi.

Dimana temperatur suhunya dapat melebihi dari 1000 derajat celcius. Oleh sebab itu, kebutuhan bahan-bahan bangunan terbaik selalu diutamakan pada konstruksi yang sering terpapar ataupun berada dalam suhu tinggi.

Bahan Bangunan Tahan Api

Seperti dijelaskan di atas, dengan menggunakan material konstruksi tahan api ini mampu meminimalisir terjadinya kebakaran di rumah. Selain itu, beberapa bahan bangunan tersebut juga rata-rata memiliki usia pakai cukup lama sehingga menjadi keuntungan tersendiri. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan daftar bahan bangunan tahan api sebagai material standar dalam dunia konstruksi.

Baca  29 Harga Pasir 1 Kijang Termurah dan Terbaru 2021

1. Batu

Batu

Pasti semua orang sudah tahu bahwa batu merupakan salah satu material bangunan tahan api sehingga mampu membuat rumah mampu meminimalisir terjadinya kebakaran. Terlebih lagi jika pemasangan batu pada konstruksi bangunan dicampur dengan bahan bangunan berkualitas lainnya, bisa membuat sifat anti api menjadi sangat baik.

2. Beton

Beton

Beton juga termasuk ke dalam deretan bahan bangunan tahan api selanjutnya. Selain itu, beton juga memiliki sifat tahan lama sehingga kerap dimanfaatkan untuk menggantikan fungsi kayu, triplek ataupun bahan bangunan sejenisnya.

Di lain sisi, beton juga kerap digunakan sebagai bahan utama dalam pekerjaan cor dak. Namun sayangnya HARGA COR BETON tergolong tinggi sehingga diperlukan anggaran dana cukup besar.

3. Kaca Tahan Api

Kaca Tahan Api

Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa semua kaca memiliki sifat tahan api. Padahal sebenarnya kaca dengan sifat umum saat terpapar api bisa memuai atau bahkan sampai pecah. Maka dari itu, ketika hendak membeli kaca pastikan kalian memilih kaca berkualitas baik yaitu kaca anti api.

4. Batu Bata Merah

Batu Bata Merah

Material batu bata merah biasanya digunakan sebagai bahan pengisi dinding pada sebuah bangunan. Karena proses pembuatannya melalui tahap pembakaran, membuat material tersebut memiliki sifat tahan terhadap panas sehingga bisa menjadi perlindungan tersendiri bagi bangunan dari bahaya api.

5. Baja Ringan

Baja Ringan

Baja ringan juga bisa menjadi pilihan tepat untuk digunakan pada saat ingin membuat konstruksi atap rumah karena termasuk ke dalam material tahan api. Terlebih lagi baja ringan memiliki daya tahan lebih tinggi dibandingkan kayu sehingga menjadi pilihan terbaik untuk menggantikan fungsi bahan bangunan tersebut.

6. Bata Ringan

Bata Ringan

Bahan bangunan tahan api selanjutnya yaitu bata ringan atau juga dikenal dengan hebel. Tentunya material ini mampu meningkatkan perlindungan hunian terhadap bahaya kebakaran. Umumnya bata ringan kerap dimanfaatkan sebagai material pada ruangan tangga darurat, cerobong ventilasi serta koridor lift.

Baca  75 Harga Kayu Usuk Semua Jenis Terbaru & Terlengkap 2021

7. Batako

Batako

Batako yang sering digunakan sebagai bahan material bangunan biasanya terbuat dari campuran kapur dan trass. Trass sendiri memiliki kandungan utama berupa silika serta alumina sehingga membuat batako bersifat tahan terhadap temperatur tinggi.

Terlebih lagi jika batako diberi lapisan finishing berkualitas, maka akan semakin tinggi pula daya tahannya. Namun, pastinya HARGA BATAKO tersebut juga akan semakin mahal.

8. Gypsum Tahan Api

Gypsum Tahan Api

Sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa gypsum merupakan bahan yang rapuh dan mudah rusak. Padahal terdapat beberapa jenis gypsum memiliki ketahanan tinggi terhadap api karena mengandung cairan kimia.

Dimana cairan kimia ini berfungsi untuk menghambat proses pembakaran serta penyebaran api. Selain itu, gypsum tahan api juga memiliki tekstur halus serta rapi sehingga sangat baik jika digunakan sebagai material finishing.

9. Kayu Tahan Api

Kayu Tahan Api

Material standar konstruksi bahan bangunan tahan api terakhir yaitu kayu. Biasanya elemen struktur bahan bangunan yang terbuat dari kayu cepat terbakar dan mudah hancur jika terjadi kebakaran.

Namun, jika permukaan kayu dilapisi dengan bahan kimia tertentu seperti amonium fosfat atau sulfat, maka kayu bisa menjadi salah satu material bangunan tahan terhadap suhu tinggi.

Itulah penjelasan dari Ahlikuli.com seputar bahan bangunan tahan api sekaligus merupakan material standar dalam sebuah konstruksi. Ketika menggunakan beberapa material tersebut tentunya akan meningkatkan keamanan bangunan terhadap ancaman kebakaran.

5/5 (1 Review)