√ Biaya Bangun Rumah Type 70 Terbaru & Terlengkap 2020

Biaya Bangun Rumah Type 70 – Pembangunan sebuah rumah memang membutuhkan biaya yang bervariatif tergantung dari tipe rumah yang akan dibangun. Salah satu rumah yang paling ideal adalah rumah type 70. Lalu berapa biaya bangun rumah type 70?

Nah pada pembahasan ini ahlikuli.com akan membahas mengenai biaya bangun rumah type 70. Perhitungan biaya atau RAB memang harus dihitung dengan matang, mulai dari HARGA BAHAN BANGUNAN atau material, upah tukang pekerja harian/borongan dan lainnya.

Mengenai rumah dengan type 70 ini nanti akan kami bahas secara detail mulai dari pengertian, spesifikasi dan contoh denah rumah. Rumah type 70 ini bisa dikatakan masuk dalam kategori rumah minimalis ideal, maka tak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih rumah dengan type ini.

Biaya bangun rumah type 70 sudah pasti lebih tinggi dibandingkan kalian membangun rumah type 30 ataupun type 45. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja simak informasi lengkap mengenai biaya bangun rumah ideal type 70 per meter yang telah kami siapkan di bawah ini.

Biaya Bangun Rumah Type 70 Terbaru & Terlengkap

Biaya Bangun Rumah Type 70

Pengertian Rumah Type 70

Sesuai dengan namanya, rumah dengan type 70 ini merupakan rumah yang memiliki luas bangunan 70 meter persegi. Biasanya dalam penulisannya rumah ini ditulis dengan 70/120 atau 70/150 yang mana merupakan keterangan luas rumah dan juga luas lahan.

Artinya, rumah tersebut memiliki ukuran rumah seluas 70 m2 dan ukuran lahan seluas 120 m2 atau 150 m2. Rumah type ini memiliki ukuran bangunan yang bisa dikatakan cukup luas dan biasanya dibangun dengan 2 lantai untuk memaksimalkan penggunaan lahan.

Dengan dibangun 2 lantai, pemilik juga akan dapat memberikan pemisah antara lantai umum dan juga lantai pribadi yang nantinya berada di lantai atas atau lantai 2.

Spesifikasi Rumah Type 70

Spesifikasi Rumah Type 70

Mengingat rumah ini memiliki ukuran luas dan terbilang cukup, maka banyak hal yang dapat kalian maksimalkan. Pada type rumah di bawah type 70, ketersediaan ruang tidur menjadi masalah yang cukup berarti, sebab rumah di bawah type ini maksimal hanya memiliki 2 kamar tidur saja.

Lain halnya dengan rumah type 70 yang dapat memiliki 3 sampai 4 kamar tidur. Disamping itu, fungsi ruang lain juga tidak terlalu banyak dikorbankan atau setidaknya masih ada lahan di depan dan juga belakang untuk dijadikan taman ataupun garasi.

Denah Rumah Type 70

Denah Rumah Type 70 1

Biaya Bangun Rumah Type 70

RAB Rumah Type 70

Adapun untuk rincian biaya bangun rumah, kalian tentu harus memperhatikan beberapa poin penting, seperti lahan yang akan digunakan untuk membangun rumah, biaya upah pekerja, harga bahan bangunan dan juga jasa arsitek apabila kalian ingin menggunakan jasa arsitek. Untuk informasi lebih jelasnya kalian dapat simak berikut ini.

Biaya Lahan/Tanah

Seperti sudah kami singgung diatas bahwa rumah ini kerap dibangun di luas lahan berukuran 120 m2 atau 150 m2. Dimana luas lahan tersebut merupakan luas paling ideal untuk dibangun sebuah rumah. Untuk menghitung hara tanahnya, kalian harus lebih dulu melakukan riset harga tanah di sekitar daerah yang akan kalian beli.

Jika harga tanah diasumsikan Rp 2.500.000 per meter, maka biaya yang diperlukan untuk membeli tanah dengan luas 120 m2 adalah:

  • Luas Tanah x Harga Per meter = 120 m2 x Rp 2.500.000
  • Jadi total yang harus dibayarkan adalah Rp 300.000.000

Perlu kalian ketahui juga bahwa semakin strategis letak tanah yang ingin kalian miliki, maka semakin tinggi pula harga jual yang dipatok. Apabila kalian ingin menekan anggaran, kalian dapat memilih lokasi tanah dengan kisaran harga yang terjangkau.

Biaya Pembangunan Rumah

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk menentukan estimasi biaya pembangunan rumah type 70, yaitu dengan menentukan jasa pembangunannya. Jasa pembangunan yang paling umum digunakan adalah sistem kerja borongan.

Sistem kerja borongan biasanya berbeda-beda disetiap wilayah, namun untuk biaya bangun rumah type 70 per meter, pekerja borongan biasanya mematok biaya sekitar Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000 per meternya. Jadi untuk rumah type 70 dengan asumsi biaya per meter Rp 4.000.000, maka biaya pembangunannya adalah 70 x Rp 4.000.000 = Rp 280.000.000.

Penghitungan tersebut merupakan penghitungan kasar, sebab nantinya biaya dapat didiskusikan kembali dengan pihak kontraktor atau pemborong. Mereka biasanya akan memberikan rincian biaya pembangunan melalui RAB (rancangan anggaran biaya).

Biaya Jasa Arsitek

Nah bagi kalian yang tertarik menggunakan jasa arsitek agar rumah yang kalian bangun lebih fungsional dan menari, kalian harus mengetahui juga perhitungan tarif jasa arsitek ini. Tarif jasa arsitek ini sudah ditentukan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), yakni 8% dari total biaya pembangunan.

Akan tetapi ada juga jasa arsitek yang dihitung per meter, sekitar Rp 100.000 – Rp 1.000.000 per meternya. Harga tersebut juga tergantung dari rumit atau tidak denah rumah yang akan dibuat nantinya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai biaya bangun rumah type 70 yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi kalian sebelum membangun rumah.