12 Cara Memasang Wallpaper Dinding Per Meter Terlengkap 2021

Cara Memasang Wallpaper Dinding Per Meter – Wallpaper memang mulai banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan tampilan ruangan yang berbeda. Wallpaper tampil dengan berbagai desain menarik yang bahkan mengalahkan cat tembok.

Dekorasi rumah jadi lebih mudah dengan memilih memasang wallpaper dinding per meter. Selain itu wallpaper juga bisa dengan mudah didapatkan dari toko online dengan ukuran bervariasi mulai per meter atau bahkan centi.

Wallpaper memang dirasa lebih simple dibandingkan CARA PASANG GLASS BLOCK yang harus membongkar bangunan. Anda cukup memanfaatkan dinding yang sudah ada kemudian menutupnya dengan desain wallpapter menarik.

Cara memasang wallpaper dinding per meter tergolong sangat mudah karena tinggal ditempel saja dimana sudah ada lem bawaannya. Anda tidak perlu repot repot mengecat karena dinding yang jelek dapat ditutup dengan mudah oleh wallpaper.

Cara Memasang Wallpaper Dinding Per Meter

Pilihan desain wallpaper juga sangat bervariasi mulai modern, klasik sampai dengan unik. Apabila anda akan memasang wallpaper dinding dengan ukuran per meter maka silahkan simak cara lengkapnya berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama adalah beli bahan wallpaper dengan ukuran per meter supaya mudah dalam pemasangan. Anda bisa membeli HARGA WALLPAPER DINDING murah secara online maupun offline, jangan lupa juga memilih pola sesuai keinginan anda.

Biasanya jika beli online anda sudah mendapatkan lem wallpaper sekaligus, namun jika tidak maka silahkan di toko material terdekat. Selanjutnya silahkan persiapkan alat sebagai berikut ini.

Siapkan Alat dan Bahan
  • Kuas wallpaper.
  • Plumb bob.
  • Cutter.
  • Meteran.
  • Gunting.
  • Kain perca.
  • Pensil.

2. Menghitung Luas Dinding

Lanjutkan dengan menghitung panjang dinding terlebih dahulu totalnya berapa meter. Kemudian hitung lebar total dinding akan dipasang wallpaper, hal ini sangat memudahkan untuk mengukur kebutuhan wallpaper secara total.

3. Syarat Dinding yang Akan Dipasang Wallpaper

Bersihkan semua dinding dari berbagai jenis kotoran, anda dapat membasuhnya dengan air sabun. Setelah dibersihkan tunggu sampai benar benar kering sebelum lanjut kelangkah berikutnya, pastikan dinding memenuhi syarat berikut ini.

Syarat Dinding yang Akan Dipasang Wallpaper
  • Dinding harus bebas dari kotoran supaya lem menempel maksimal.
  • Dinding wajib rata dan tidak ada lubang, lakukan dempul jika perlu.
  • Memasang wallpaper dinding yang lembab tidak akan bertahan lama jadi silahkan keringkan.
  • Pastikan tidak ada rembesan dari air hujan.

4. Membuat Pola Garis di Dinding

Untuk memudahkan dalam pemasangan silahkan gunakan plumb bob atau meteran untuk menggambar garis lurus dari atas kebawah. Dengan garis akan menjadi patokan lurus atau tidaknya saat memasang wallpaper dinding per meter.

5. Mengatur Posisi Wallpaper

Sebelum memasang silahkan atur posisi wallpaper terlebih dahulu dan sesuaikan sudutnya. Jika perlu pasang wallpaper tanpa menggunakan lem sebagai gambaran apakah sudah pas atau belum tata letaknya pada dinding.

6. Mengukur Wallpaper

Manfaatkan meteran untuk mengukur wallpaper yang akan diaplikasikan ke dinding. Anda dapat mengamparkannya di medan datar kemudian lakukan pengukuran per meter dilanjutkan dengan menandai menggunakan pensil.

Mengukur Wallpaper

Usahakan menandari secukupnya saja, jangan terlalu tebal karena akan merusak tampilan wallpaper. Jangan lupa juga sisakan 15cm atau 20cm untuk jaga jaga apabila wallpaper tak sengaja robek maupun ukurannya tidak pas.

7. Mengoleskan Lem Pada Wallpaper

Sebelum cara memasang wallpaper dinding per meter dilakukan silahkan mulai oleskan lem pada permukaannya. Aplikasikan lem menggunakan kuas wallpaper secukupnya saja jangan terlalu banyak sehingga hasilnya lebih rapi.

8. Cara Memasang Wallpaper Dinding Per Meter

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Secara perlahan lahan silahkan tempelkan wallpaper ke dinding, sesuaikan dengan garis yang sudah digambar sebelumnya. Pastikan lagi ujung wallpaper sudah menutup dengan sempurna, tips tambahan silahkan oleskan sedikit saja lem ditiap ujungnya.

9. Meratakan Wallpaper

Gunakan kain perca untuk meratakan wallpaper supaya bisa tertempel sempurna pada dinding. Lakukan gerakan mengelap secara perlahan dari sisi tengah sampai keujungnya, pastikan semua gelembung udara dibalik wallpaper sudah hilang.

10. Gunting & Rapikan Walllpaper

Apabila terdapat sisa wallpaper maka gunakan gunting atau cutter tergantung jenis kertasnya. Usahakan memotong dengan rapi supaya hasil wallpaper lebih sempurna, dalam langkah ini memang dibutuhkan kesabaran serta ketelitian.

11. Sesuaikan Pattern Wallpaper

Sesuaikan Pattern

Apabila ada area dinding yang belum terpasang maka silahkan lakukan dari langkah ke 4 supaya hasilnya maksimal. Sesuaikan juga motif wallpaper dengan yang sudah terpasang supaya semuanya bisa tersambung.

12. Sesuaikan Sudut Wallpaper

Apabila menjumpai sudut tertentu pada dinding misalnya colokan bracket, gantungan, lampu atau lainnya maka silahkan gunting sampai sudut maksimalnya. Selanjutnya tempelkan wallpaper tambahan untuk menutup sudut yang belum tercover.

Dari semua cara diatas yang Ahlikuli.com berikan cukup mudah bukan untuk dilakukan? Faktor ketelitian dan ketelatenan memang sangat diperlukan saat memasang wallpaper, jika tidak ingin repot maka anda bisa memakai jasa tukang.

5/5 (1 Review)