15 Cara Membuat Batako Manual & Perhitungan Biaya

Cara Membuat Batako – Saat ini banyak bangunan mulai menggunakan batako bila dibandingkan dengan bata merah ataupun hebel, hal tersebut tentu ada alasan kenapa menggunakan material satu ini. Dari beberapa orang sudah menggunakan, kebanyakan alasanya dikarenakan harga satuan lebih murah dan pemasangan juga lebih cepat.

Tidak hanya cocok untuk sebuah bangunan rumah, gedung atau ruko saja untuk pembuatan pagar keliling juga dinilai efisien serta waktu pengerjaan juga sama. Jika kalian berminat maka bandingkan terlebih dahulu antara membuat batako sendiri atau membeli batako sudah jadi, kalian bisa cek terlebih dahulu harga batako.

Bila berbicara soal membuat batako sendiri, bisa dikatakan sangat mudah dan material yang dibutuhkan juga tidak banyak seperti pasir, semen dan cetakan saja. Adapun cara membuat terdapat takarannya, jadi jangan asal asalan dalam membuat, jika sampai asal asalan bisa dipastikan kualitas dari material tersebut akan diragukan.

Oleh karena itu pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan itu semua mulai dari cari, material serta biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah batako. Untuk itu sangat disarankan sekali buat kalian semua agar simak terus artikel ini sampai selesai, dengan tujuan paham akan ukuran takaran serta langkah langkahnya.

Cara Membuat Batako Manual Perhitungan Biaya

Karena banyak yang penasaran dengan cara nya seperti apa dan apa saja material yang dibutuhkan, untuk itu pada kesempatan sangat baik ini akan dijelaskan secara detail. Jika ingin mengetahui lebih rinci, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com seperti dibawah ini.

Apa Itu Batako

Sama halnya dengan pembahasan sebelum sebelumnya, untuk mengawali perjumpaan kali ini terlebih dahulu sampaikan apa itu batako. Karena kami sangat yakin sekali dari sekian banyak pengguna memang belum begitu mengerti dengan bahan bangunan yang satu ini.

Batako adalah sebuah batu bata padatan atau disebut dengan concrete brick dimana terbuat dari beberapa bahan seperti semen, pasir, kapur dan kericak. Adapun dalam pembuatan kalian harus memiliki cetakan terlebih dahulu, baik itu manual maupun juga otomatis juga ada.

Baca  √ Biaya Bangun Rumah Type 90 Terbaru & Terlengkap 2021

Material tersebut sangat berbeda dengan bata merah mulai dari warnanya seperti beton, ukuran jauh lebih besar dan tekstur jelas lebih keras. Untuk itu banyak orang lebih suka menggunakan material ini, selain kuat proses pemasangan juga lebih cepat dikarenakan ukurannya lebih besar dan panjang.

Ukuran Batako

Wajib diketahui juga, saat ini ada beberapa ukuran sudah di edarkan di beberapa toko bangunan. Maka dari itu sebelum membeli atau membuat sendiri wajib mengetahui ukurannya berapa saja, jika belum mengetahuinya bisa kalian cek informasi telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Jenis BatakoUkuran P X L X T
Batako SNI30 x 10 x 15
Batako Dinding Luar40 x 20 x 20
Batako Dinding Pengisi40 x 10 x 20
Batako Beton Balok300 x 6 x 10
Batako Beton Lengkung50 x 30
Batako Beton Bentuk H29 x 14 x 14
Batako Beton Bentuk U29 x 14 x 14
Batako Semen PC36-40 x 8-10 x 18-20
Batako Beton Bentuk Kolom29 x 29 x 14

Material Untuk Membuat Batako

Dari awal penjelasan memang sudah kami sampaikan apa saja material harus dibutuhkan untuk membuat batako, karena masih banyak belum paham jadi dijelaskan secara detail sebagai berikut.

Bahan Utama

  • Pasir
  • Semen
  • Kericak
  • Kapur

Bahan Pendukung

  • Alat Cetak
  • Palu

Note :

Beberapa material seperti Kericak dan kapur bisa di hilangkan, jadi kalian cukup menggunakan pasir dan semen sebagai bahan utamanya. Meskipun hanya itu saja bahan yang digunakan, namun memiliki kualitas yang sama, jadi anda bisa pilih mau menggunakan opsi mana.

Perhitungan Biaya Membuat Batako Manual

Lantas berapa besar biaya yang dikenakan untuk membuat sendiri dirumah ? Untuk besaran biaya dapat disesuaikan berapa banyak yang akan dibuat. Untuk perhitungan kali ini merupakan hitungan per kubik, agar lebih jelasnya simak sebagai berikut.

  • Pasir : Rp 300.00 per kol
  • Semen : Rp 56.000 per sak
  • Kapur : Rp 15.000 per kandi
  • Kerical : Rp 400.000 per kol
  • Alat Cetak : Rp 300.000
  • Palu : Rp 35.000

Bila melihat biaya per material seperti diatas maka modal awal harus dikeluarkan Rp 1.106.000, dengan budget segitu kalian bisa membuat lebih dari satu kubik. Pasalnya pembelian pasir hanya bisa per kol, tidak bisa eceran seperti semen.

Baca  Biaya Tanah Urug Per M3 & Harga Per Dump Truck

Cara Membuat Batako Manual

Cara Membuat Batako Manual

Kemudian lanjut ke pembahasan utama yaitu cara membuat batako secara manual, disini kami anggap semua bahan sudah dilengkapi. Jadi langsung saja ke proses pembuatan, adapun cara nya dapat simak sebagai berikut.

  1. Cara pertama harus dilakukan ialah ayak atau disaring agar batu yang ada pada pasir tidak ikut terbawa, agar mendapatkan hasil lebih bagus gunakan stremin dengan ukuran 1 cm maka tidak banyak batu yang terbawa.
  2. Jika pasir sudah halus, maka langkah berikutnya tinggal melakukan campuran bahan sudah dibuat tadi. Untuk menghasilkan kualitas terbaik, maka takarannya 7 banding 1 dalam artian 7 ember pasir dicampur dengan 1 ember semen.
  3. Kemudian cara selanjutnya aduk semua menjadi satu sampai rata dan pastikan jika adonan tersebut sampai berwarna hijau seperti semen, apabila dirasa sudah merata semua maka tinggal lakukan pencetakan.
  4. Silahkan ambil adonan kedalam alat cetakan manual, pastikan pada saat memasukkan harus padat agar semua ruang terisi.
  5. Setelah itu tinggal tutup dengan tutup alat cetakan, selanjutnya tinggal dipadatkan dengan cara dipukul dengan palu. Pada saat proses pemadatan usahakan dilakukan lebih dari 5 menit agar hasilnya lebih bagus.
  6. Apabila dirasa sudah padat, maka langkah berikutnya tinggal lepaskan dari alat cetakan dan pada proses ini harus dilakukan dengan hati hati agar adonan tidak pecah atau terbawa pada cetakan manua; tersebut.
  7. Sampai disini anda sudah berhasil membuat sendiri dirumah, silahkan lakukan sampai semua adonan telah kalian buat habis.
  8. Ketika semua bahan sudah habis di cetak, maka langkah berikutnya tinggal dijemur agar lebih keras.

Kelebihan Batako

Sekedar tambahan saja, pada pembahasan kali ini akan di informasikan beberapa keuntungan menggunakan batako diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pastinya hemat biaya dan waktu.
  • Pemasangan lebih mudah.
  • Memiliki kualitas lebih keras.
  • Ukuran sama seperti bata merah jadi cocok juga untuk dinding rumah.

Kesimpulan

Setelah memahami pembahasan sudah kami sampaikan diatas, tentu bisa menarik kesimpulan bahwa cara nya memang sangat mudah. Saran kami pada saat mencampurkan bahan bahan, pastikan campuran semen jangan terlalu sedikit atau bisa dibanyakin agar lebih kuat nantinya.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara membuat batako secara manual disertai dengan bahan bahan untuk pembuatandapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.