7 Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Lemah, Konslet & Mati 2022

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu – Shimizu merupakan merek pompa air terkenal dengan banyak pengguna di Indonesia. Masalah pompa air memang ada beragam jenisnya dimana menggangu pasokan air bersih rumahan. Oleh karena itu cara memperbaiki pompa air Shimizu serta penyebabnya harus kamu ketahui supaya tidak bingung.

Karena pompa air Shimizu terdiri dari berbagai jenis komponen maka ada kalanya terjadi kerusakan ataupun masalah. Seperti halnya cara memperbaiki kran air, ada banyak penyebab semisal kebocoran pipa, kerusakan mekanisme bahkan penyumbatan. Apalagi dengan pompa air yang menggunakan komponen elektronik didalamnya pastinya lebih riskan rusak.

Terkadang pompa air Shimizu bisa mati total atau bahkan keluar air sedikit sehingga menyebabkan kinerjanya tidak maksimal. Dengan cara membuka tabung pompa air Shimizu kadang dijumpai sumbatan atau bahkan berkerak sehingga menghindari aliran air. Karena faktor usia bisa juga seluruh komponennya harus diganti.

Apalagi ketika usia pompa air Shimizu sudah tahunan pastinya wajib diperiksa kemudian dicari mana yang rusak. Pada umumnya ketika pompa air sudah berada diatas 5 tahun sering terjadi permasalahan dimana langkah maintenance ataupun perbaikan perlu dilakukan. Lebih jelasnya untuk cara memperbaiki pompa air Shimizu silahkan simak dibawah ini.

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu

Penyebab Pompa Air Shimizu Bermasalah

Bisa dikatakan pompa air Shimizu memang berkualitas di kelasnya namun tidak akan jadi jaminan terjadinya kerusakan karena memang menggunakan komponen elektronik didalamnya. Hal pertama yang wajib kalian ketahui adalah penyebabnya dimana dapat diketahui dari beberapa jenis indikasi. Nantinya penyebabnya akan jadi solusi untuk memperbaiki pompa air Shimizu.

Perlu disadari bahwa pompa air Shimizu juga dapat rusak karena berbagai faktor mulai tegangan listrik sampai penggunaan. Apabila kerusakannya termasuk ringan maka kalian dapat memperbaiki sendiri sehingga menghemat biaya karena tidak perlu mengundang teknisi kerumah. Berikut ini beberapa penyebab pompa air Shimizu bermasalah yang sering terjadi.

  • Kabel listrik putus sehingga menyebabkan pompa air Shimizu tidak menyala. Kalian dapat memeriksa alur aliran kabel apakah ada yang terputus ataupun tidak
  • Kerusakan kapasitor dimana tidak mampu mendorong kinerja dinamo
  • Klep pompa air Shimizu rusak sehingga tidak mampu menahan air sehingga kembali kesumur dan pipa jadi kosong
  • Kebocoran pada pipa dimana menyebabkan pompa air Shimizu tidak dapat bekerja optimal menyedot air keatas
  • Pompa air Shimizu berkerak atau kotor sehingga mengakibatkan motor tidak berputar maksimal. Seringkali mesinnya nyaring berbunyi
  • Dinamo rusak ataupun tak berputar sehingga air tidak naik
  • Stop kran dalam keadaan tertutup dimana menyebabkan tenakan air tinggi. Ketika tekanannya tinggi maka pompa air Shimizu akan memutuskan arus listrik secara otomatis
  • Sumbatan pada pompa air ataupun pipa dimana menyebabkan aliran air kurang deras
  • Sistem otomatis pompa air Shimizu tak bekerja dimana menyebabkan kinerjanya kurang maksimal
Baca  Cara Menghitung Anak Tangga Semua Model & Kemiringan

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu

Dari tiap penyebab masalah diatas kalian dapat melakukan penanganan mulai dari mengganti dengan part baru, memperbaiki kabel, pipa maupun membersihkan sumbatan. Dengan memperbaiki pompa sendiri maka akan menghindarkan dari biaya perbaikan ke tukang service. Kemudian kalian akan mudah belajar dan mudah memperbaiki ketika ada kerusakan berikutnya.

Namun ketika masalahnya memang berat sampai harus ganti spare part maka kalian wajib mendatangi toko pompa air ataupun tukang service. Untuk langkah perbaikan terdapat beberapa cara diantaranya sebagai berikut.

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada pompa air shimizu ini yaitu airnya tidak naik, mesin mati, dan semburannya lemah. Namun, ternyata banyak orang masih belum tahu bagaimana cara memperbaiki pompa air shimizu ini. Sehingga, jika mesin pompa air mengalami masalah, langsung dibawa ke tukang servis untuk diperbaiki.

1. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Lemah

Paling sering penyebabnya adalah karena seal ataupun bagian pelindung telah aus karena faktor usia. Semburan air dari pompa Shimizu akan jadi lemah serta tidak sederas biasanya. Akibat seal tidak mampu menahan kompresi air maka menyebabkan kebocoran. Cara memperbaiki pompa air Shimizu adalah dengan mengganti seal dimana bisa dibeli ditoko bangunan atau elektronik terdekat.

2. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Konslet

Cara pertama kalian bisa langsung cek ke kabel power serta colokannya. Silahkan periksa apakah sudah kendor ataupun ada kabel putus. Ketika ternyata kabel putus maka sambung kembali kemudian tutup memakai isolasi anti air supaya aman. Usahakan juga memakai 1 colokan khusus pompa air serta dipisahkan dengan lainnya supaya meminimalisir konslet.

3. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Mati Total

Untuk memperbaiki pompa air shimizu mati total pertama silahkan periksa kapasitor, kabel, dinamo ataupun bagian motor mesin. Apabila kabel tidak ada masalah silahkan coba cek bagian kapasitor dan motor dinamo pakai multitester. Ketika kapasitor atau gulungan dinamo terbakar maka kalian harus menggantinya.

Baca  7 Cara Menggunakan Cat Akrilik yang Baik dan Benar

4. Membenarkan Pompa Bocor

Ketika ada kebocoran pada pompa pada umumnya ditandai dengan rembesan ataupun menetes. Penyebabnya karena karet ataupun seal memang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat menahan air. Oleh karena itu kalian dapat memperbaiki dengan ganti karet ataupun seal sehingga pompa dapat bekerja maksimal.

5. Membenarkan Pompa Cepat Panas dan Mati

Pada umumnya penyebab pompa air Shimizu cepat panas kemudian mati adalah adanya kerusakan dijalur listriknya. Tanda yang sering dijumpai pompa panas, cepat mati dan juga memiliki tegangan listrik. Kalian bisa membongkar pompa air dalam keadaan tidak terhubung ke listrik kemudian memeriksa apakah ada kabel terkelupas ataupun rusak. Silahkan memperbaiki dengan menyambungkannya lagi lalu ditutup pakai solasi.

Pompa air shimizu yang cepat panas, disebabkan karena ada kebocoran pada pada jalur kelistrikan. Masalah ini biasanya disertai nyetrum pada pompa air. Sehingga harus berhati-hati dalam mengeceknya. Dan untuk memperbaiki masalah ini, periksalah seluruh jalur kelistrikan pada pompa air. Jika ada kabel terkelupas dan menempel di mesin, perbaikilah dengan membungkusnya dengan isolatip.

perhatikan putaran kipas di belakang pompa air, apakah berputar atau tidak. Jika putaran kipas terhenti, matikan pompa air lalu coba kamu putar ke kanan/kiri sampai putarannya lancar dengan menggunakan obeng. Setelah itu hidupkan kembali pompa airnya.

6. Memperbaiki Pompa Tidak Mengeluarkan Air

Kemudian untuk bisa memperbaiki pompa air Shimizu tidak mengeluarkan air adalah dengan memeriksa seal dan juga pipanya. Bisa jadi seal aus sehingga tekanan air kurang ataupun memang pipa didalamnya bocor. Mengatasinya silahkan ganti seal kemudian tutup kebocoran pipa menggunakan lem plastik.

7. Memperbaiki Pompa Macet

Ketika pompa air Shimizu pertama kali adalah mengecek stop kran apakah ada sumbatan ataupun tidak. Ketika ada sumbatan silahkan bersihkan, kemudian cek bagian bearing serta impeller. Apabila ternyata ada pasir, tanah ataupun batu segera bersihkan. Jika komponen sudah aus silahkan ganti dengan yang baru agar kinerjanya optimal.

Pada dasarnya cara memperbaiki pompa air Shimizu jika kerusakannya ringan dapat diperbaiki sendiri. Namun jika ternyata mesin ataupun komponen yang rusak maka wajib dibawa ke toko elektronik atau tukang servis terdekat. Sekian pembahasan Ahlikuli.com semoga kalian akan mendapatkan gambaran mengenai cara memperbaikinya.