8 Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air

Cara Mencampur Cat Tembok – Proses pengecatan tembok rumah merupakan hal yang mungkin perlu penanganan khusus. Selain agar tidak salah memilih warna, baik cat tembok interior dan eksterior tentu saja memiliki kriteria yang berbeda. Maka dari itu bagi anda yang tengah membangun rumah dan sedang pada tahapan akhir yakni pengecatan tembok kami sarankan anda untuk menggunakan jasa borogan cat karena hasil yang akan di peroleh pun jauh lebih maksimal.

Kenapa? karena para pekerja atau para pemborong cat tembok tentu saja sudah memiliki pengetahuan dan juga pengalaman yang membuat mereka tahu akan pemilihan warna ataupun kriteria dari tiap-tiap merk cat tembok yang ada sekarang ini. Tidak hanya itu saja, mereka juga bisa dipastikan sudah mengetahui komposisi pencamuran cat tembok agar memberikan hasil warna yang sesuai dengan harapan dan memiliki kualitas bagus.

Bicara mengeni cara mencampur cat tembok sendiri merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dibilang cukup sulit karena salah pada proses pencampuran sedikit saja akan berdampak pada hasil dan kualitas dari cat tembok tersebut. Adapun dalam proses pencampuran cat tembok sendiri terbagi menjadi dua yaitu dengan campuran air dan juga dampuran thinner. Dengan media campuran yang beda jalas hasil yang di dapat pun akan berbeda meskipun mengunakan satu merk cat yang sama.

Untuk itu bagi anda yang memang tidak menginginkan menggunakan jasa borongan cat karena harga borongan cat dianggap mahal, dan terpaksa anda harus mengecat tembok sendiri, maka anda perlu mengetahui dengan pasti cara mencapur cat tembok dengan baik dan benar agar hasil yang di dapat sesuai dengan apa yang anda inginkan. Untuk itu silahkan anda simak informasi tips tentang cara mencapur cat tembok ini sebelum anda menggunakannya.

Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air

Cara Mencampur Cat Tembok

Cara Mencampur Cat Tembok

Apabila anda sudah yakin akan melakukan proses pengecatan tembok rumah anda sendiri tanpa menyewa jasa borongan cat dari tukang yang sudah ahli, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan mulai dari bagaiaman proses pencamuran cat dengan air yang benar serta apa-apa saja alat yang harus anda persiapkan untuk proses pencampuran cat tembok ini. Untuk itu silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Alat dan Bahan

  1. Persiapkan wadah khusus yang nantinya akan anda gunakan untuk menampung cat
  2. Tentunya Cat tembok itu sendiri
  3. Besi atau kayu untuk mengaduk saat proses pencampuran
  4. Selanjutnya adalah air

Selain kita bisa menentukan seberapa kental cat yang akan kita gunakan, ternyata mengetahui cara mencampur cat tembok ini juga bisa anda gunakan untuk menghasilkan warna tertentu. Dan setelah anda menyiapkan alat dan juga bahan seperti diatas kami tuliskan, berikut adalah cara-cara yang harus anda lakukan ketika proses pencampuran cat.

Cara Mencapur Cat Tembok

Tips Mencapur Cat Tembok

Tips Mencapur Cat Tembok

1. Tentukan Warna yang Diinginkan

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin mengecat tembok rumah adalah menentukan warna cat yang anda inginkan. Pemilihan cat yang sesuai dengan harapan tentu saja akan membuat rumah semakin menarik. Selain itu jika anda sudah memiliki pilihan warna cat tembok yang akan anda gunakan, anda juga dapat menentukan pilihan warna cat tembok yang akan menjadi campurannya.

2. Ketahui Warna yang Akan di Campur

Sebelum mulai proses cara mencampur cat tembok ini, ada baiknya anda juga mengetahui terlebih dahulu warna yang akan anda jadikan campurna. Ini bertujuan agar nantinya hasil warna dari pencampuran dua warna cat tembok yang anda lakukan menghasilkan warna yang sesuai dengan harapan anda. Jadi ini pun merupakan langkah yang wajib untuk anda kuasai.

3. Perhatikan Komposisi Saat Pencampuran

Agar hasil yang didapat dari proses pencampuran ini sesuai dengan harapan, pastikan anda juga selalu memperhatikan komposisi antar cat yang memiliki warna berbeda. Selain hasil yang akan anda dapat semakin sempurna, dengan mengetahui komposisi yang pas dan tepat anda pun akan memperoleh sebuah hasil pencampuran yang begitu berkualitas.

4. Siapkan Wadah

Proses selanjutnya yang harus anda lakukan saat mencampur cat tekmbok ini dengan air adalah menyiapkan wadah sebagai media untuk proses pencampuran. Kami sarankan anda untuk tuangkan cat tersebut ke dalam wadah khsusu yang sudah anda siapkan sebelumnya. Sehingga ketika nanti anda aduk semua bagian akan tercampur dengan baik dan mudah.

5. Proses Penuangan Cat ke dalam Wadah

Setelah anda selesai mencampur cat dengan air pada wadah yang telah anda siapkan diatas, maka silahkan anda tuangkan cat tembok tersebut ke dalam wadah lain agar nantinya anda jauh lebih mudah mengambil dan menggunakan cat tersebut. Perlu diperhatikan bahwa pada saat penuangan cat tembok pada wadah baru ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak tumpah.

6. Tuangkan Cat Kedua

Setelah itu anda pun dapat menuangkan cat kedua dengan warna yang berbeda atau air yang anda gunakan. Seperti diatas kami sampaikan cara mencampur cat tembok ini harus dan pahami komposisinya, untuk nantinya hasil yang anda dapatkan sesuai dengan harapan dan juga bagus.

7. Aduk Sampai Tercampur Merata

Jika anda sudah menuangkan dua warna cat berbeda atau air dalam satu wadah, maka silahkan anda aduk sampai merata. Nah untuk proses pengadukan silahkan anda gunakan kayu atau besi yang telah anda siapkan diatas tadi.

8. Tambahkan Air

Dan hal yang juga tidak kalah menariknya untuk di pantau dalam proses pencampuran cat tembok ini adalah penambahan air. Dimana agar cat tersebut encer dan mudah untuk diaplikasi pada tembok rumah anda, maka akan lebih baik anda tambahan air ke dalam wadah pencampuran dua warna diatas. Kemudian lakukan pengadukan kembali agar lebih merata.

Bagaimana mudah bukan cara mencampur cat tembok dengan air diatas? kami yakin anda semua bisa melakukannya, hanya saja perlu ketelitian khusus pada komposisi cat yang berbeda warna agar hasil yang di peroleh jauh lebih maksima. Demikain informasi yang dapat kami sampaikan untuk bisa anda jadikan sebagai referensi, jangan lupa simak pula info menarik lainnya seputar harga pasir 1 kijang yang bisa juga menjadi referensi lain untuk anda pahami.