14 Cara Mengatasi Genteng Bocor Saat Musim Penghujan

Cara Mengatasi Genteng Bocor – Saat musim penghujan, terkadang banyak sekali masalah yang terjadi pada rumah, salah satunya adalah genteng bocor. Seperti kita ketahui bahwa atap genteng yang tidak menggunakan pelapis anti bocor sangat mudah mengalami kebocoran.

Hal ini tentu dapat membuat kesal dan mau tidak mau harus langsung segera diperbaiki. Genteng yang bocor biasanya terjadi karena beberapa hal, seperti pemasangan yang kurang baik dan juga usia genteng yang sudang sangat tua dan sering menghadapi cuaca ekstrim sehingga mengakibatkan genteng tersebut rapuh.

Hal tersebut berlaku untuk genteng biasa atau genteng tanah liat. Namun lain halnya dengan genteng lain seperti genteng aspal, genteng keramik, genteng metal dan lainnya yang mana dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Mengatasi masalah genteng bocor sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Nah pada pertemuan kali ini ahlikuli akan memberikan langkah-langkah untuk memperbaiki genteng bocor yang cukup mudah. Daripada penasaran langsung saja kalian simak tips dan cara mengatasi genteng bocor saat musim penghujan yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Mengatasi Genteng Bocor Saat Musim Penghujan

Cara Mengatasi Genteng Bocor 1

Penyebab Genteng Bocor

Sebelum kepembahasan utama mengenai cara mengatasinya, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang menjadikan genteng menjadi bocor. Dan penyebab-penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Genteng Geser atau Pemasangan Kurang Baik dan Benar

Genteng Geser

Genteng yang mengalami kebocoran biasanya disebabkan karena posisi genteng yang kurang pas ketika dipasang. Kasus seperti merupakan kasus yang paling sering dialami oleh semua orang. Maka dari itu kalian harus segera memperbaiki dengan cara merapikan kembali genteng tersebut agar tidak lagi ada kebocoran.

2. Genteng Pecah atau Rusak

Genteng Pecah

Genteng pecah dapat terjadi karena beberapa hal, seperti karena usia genteng yang sudah lama sehingga mengalami pelapukan. Jika masalah seperti ini terjadi, kalian dapat langsung segera mengganti genteng dengan yang baru.

3. Adanya Keretakkan Adukan di Bawah Nok

Adukan di Bawah Nok Retak

Masalah ini juga kerap terjadi, jika terjadi keretakkan pada bagian tersebut kalian dapat menambalnya dengan menggunakan CAT PELAPIS ANTI BOCOR agar tidak terjadi kebocoran lagi.

4. Konstruksi Atap yang Melengkung

Konstruksi Atap Melengkung

Konstruksi ata melengkung juga dapat menjadi penyebab terjadinya kebocoran genteng. Karena jika konstruksi atap mengalami lengkung, atap juga tentunya tidak akan kuat menahan beban sehingga akan terjadi pergeseran pada genteng dan menyebabkan kebocoran. Disini kalian dapat segera menggantinya dengan konstruksi atap baja ringan.

5. Talang Seng Berkarat atau Bolong

Talang Seng Berkarat

Talang seng yang berkarat dan bolong juga menjadi salah satu penyebab genteng menjadi bocor. Disini kalian dapat segera menggantinya dengan menggunakan zink aluminum yang lebih tahan karat. Jika talang beton yang rusak, kaliand apat menambalnya dengan mengunakan material pelapis anti bocor atau waterproofing.

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Cara Memperbaiki Genteng Bocor

Ada beberapa step khusus untuk mengatasi masalah genteng bocor di rumah kalian. Lebih jelasnya langsung saja kalian simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Tambal Genteng yang Bocor

Tambal Genteng yang Bocor

Langkah yang satu ini jelas harus dilakukan jika mengalami kebocoran yang cukup parah. Kalian dapat menambal genteng beton dengan aquaproof di posisi yang retak. Tambal secara menyeluruh sampai retakan tersebut tertutup sempurna.

2. Ganti Genteng dengan yang Baru

Ganti Genteng dengan yang Baru

Penggantian genteng terkadang kita sulit untuk menemui genteng yang pas sesuai ukuran. Namun lain halnya jika kalian mengganti genteng tanah liat, dimana hampir semua ukuran genteng tanah liat ini serasi. Jadi kalian tidak perlu kesulitan untuk menggantinya jika terjadi kebocoran genteng dirumah kalian.

Akan tetapi jika kalian menggunakan genteng selain tanah liat, dan sulit menemukan ukuran yang pas, kalian dapat menggunakan bahan alternatif lain seperti bahan waterproof dan juga serat kasa. Caranya pun cukup mudah, kalian dapat mengukur bidang genteng dan memotong serat kasa sesuai ukuran yang sama.

Setelah itu olesi serat kasa dengan larutan waterproof, hal ini dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya genteng bocor. Namun cara ini hanya untuk sementara saja, kalian tetap harus menggantinya dengan genteng yang pas agar permasalah kebocoran dapat teratasi.

3. Perbaiki Konstruksi Atap Rumah

Perbaiki Konstruksi Atap Rumah

Jika genteng mudah sekali bocor dan tidak bisa dilakukan menggunakan alternatif lain, maka kalian dapat melakukan perbaikan konstruksi atap. Penyebab genteng bocor salah satunya adalah konstruksi atap yang tidak sesuai. Genteng yang menahan beban atap terlalu berat dapat mengalami kelengkungan hingga patah.

Perbaikan atap konstruksi rumah dapat kalian ganti dengan menggunakan rangka atap baja ringan. Selain dinilai memiliki bobot yang ringan, bahan bajaringan juga dikenal akan keawetannya dan memiliki kekuatan yang sangat baik.

4. Ganti Jenis Genteng dengan Genteng Berbahan Dasar Lain

Ganti Jenis Genteng dengan Genteng Berbahan Dasar Lain

Cara yang terakhir adalah dengan mengganti jenis genteng dengan genteng berbahan dasar lain. Perubahan iklim dan cuaca terkadang membuat genteng tidak bertahan cukup lama. Salah satu yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengganti semua genteng dengan genteng berbahan dasar lainnya.

Kalian dapat memilih menggunakan bahan genteng yang lebih waterproof. Namun perlu kalian ketahui juga bahwa mengganti jenis genteng berarti melakukan pembongkaran besar-besaran, kalian dapat menghitung terlebih dahulu biaya dan juga MENGHITUNG KEBUTUHAN GENTENG yang diperlukan.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi genteng bocor. Mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian yang kebingungan mencari solusi perbaikan genteng yang bocor.