14 Cara Menutup Sambungan Kalsiboard Paling Mudah

Cara Menutup Sambungan Kalsiboard – Kalian mungkin banyak yang sudah mengetahui apa itu Kalsiboard, mulai dari harga dan juga fungsi-fungsinya. Penggunaan Kalsiboard saat ini memang lebih banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki harga yang terjangkau dan juga cara pemasangan yang cukup mudah.

Kalsiboard sendiri lebih sering dijadikan sebagai bahan untuk sekat ruangan atau juga plafon rumah. Jika kita menggunakan Kalsiboard sebagai sekat ruangan yang cukup lebar, tentu kita akan membutuhkan beberapa Kalsiboard sehingga sudah pasti akan terlihat beberapa sambungan-sambungan yang bisa dikatakan kurang sedap dipandang.

Sebenarnya hal ini dapat kita atas dengan sangat mudah. Dengan memiliki sekat ruangan yang menggunakan Kalsiboard terlihat rapi tentu akan memiliki tampilan yang lebih menarik. Maka dari itu kita dapat menggunakan beberapa bahan untuk menutup sambungan Kalsiboard tersebut, salah satunya adalah dengan lem putih atau plamir.

Dan perlu kalian ketahui juga bahwa ada beberapa persiapan terlebih dahulu, yakni menyiapkan alat dan juga bahan serta poin-poin penting lainnya. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mengenai cara menutup sambungan Kalsiboard yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Menutup Sambungan Kalsiboard Paling Mudah

cara menutup sambungan kalsiboard

Memiliki tampilan interior yang rajin dan rapih tentu menjadi dambaan kita semua jika memiliki sebuah rumah. Nah bagi kalian yang memiliki rumah dengan sekat ruangan menggunakan Kalsiboard, kalian dapat menutup sambungan Kalsiboard dengan cukup mudah. Ada beberapa bahan dan alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, diantaranya adalah sebagai berikut.

Persiapan Alat dan Bahan

  • Kape
  • Amplas
  • Kemoceng
  • Lakban Gypsum
  • Ember Kecil
  • Compund
  • Lem Putih/Plamir

Beberapa alat dan bahan diatas harus kalian persiapkan terlebih dahulu sebelum memulai proses penutupan sambungan Kalsiboard. Langkah selanjutnya tentu proses penutupan sambungan dari Kalsiboard itu sendiri. Mari kita simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan membersihkan permukaan dinding Kalsiboard terlebih dahulu dengan menggunakan kemoceng atau kain lap bersih. Nah jika kalian menemui bagian yang berada di tempat sempit, kalian dapat menggunakan kuas kecil.
  2. Setelah itu kalian dapat membuat adonan untuk mengisi celah-celah daripada sambungan Kalsiboard tersebut. Kalian dapat membuat adonan dengan bahan compound dan lem putih. Tuangkan compund dan lem putih ke ember kecil lalu aduk hingga tercampur rata.
  3. Oleskan adonan tersebut ke celah-celah pada sambungan Kalsiboard tersebut dengan menggunakan kape. Agar hasilnya rapih, kalian dapat mengoleskan adonan tersebut searah dengan bentuk garis nat. Apabila garisnya vertikal, maka oleskan adonan dari atas ke bawah atau sebaliknya.
  4. Dan setelah celah-celah sambungan sudah terlapisi semua, langkah selanjutnya adalah dengan memasang lakban gyposum pada garis sambungan tersebut. Lakban gypsum ini juga harus dipasang pada saat adonan pengisi masih dalam keadaan basah. Pasang lakban tepat diatas garis sambungan.
  5. Untuk menyembunyikan lakban tersebut kalian dapat menutupnya dengan compound sekali lagi. Oleskan di sepanjang lakban agar tertutup rata.
  6. Penggunaan compound ini akan membuat permukaan Kalsiboard menjadi tidak rata. Namun kalian masih dapat mengatasinya dengan menggosok Kalsiboard tersebut dengan menggunakan amplas. Gosok dengan pelan sampai terlihat rata kembali.
  7. Agar sambungan yang ada di antara Kalsiboard benar-benar sudah tidak terlihat, kalian dapat langsung mengecatnya. Hiasi Kalsiboard dengan menggunakan cat warna yang sesuai dengan keinginan kalian. Kalian dapat mengaplikasikan 2 sampai 3 lapisan cat agar hasilnya maksimal.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menutup sambungan Kalsiboard dengan sangat mudah. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lainnya mengenai cara memperbaiki tembok retak di postingan yang telah ahlikuli.com sampaikan.