30 Harga Borongan Pasang Atap Asbes 2021 : Gelombang Besar & Kecil

Harga Borongan Pasang Atap Asbes – Saat ini pilihan jenis material atap sebuah bangunan semakin beragam, mulai dari tanah liat, beton, seng hingga asbes. Setiap jenis bahan bangunan khususnya material atap rumah tentunya memiliki sejumlah keunggulan serta kelemahannya masing-masing.

Hal tersebut juga berlaku untuk atap jenis asbes. Dimana kebanyakan orang lebih memilih menggunakan asbes dengan alasan harganya lebih murah dibandingkan material sejenisnya, akan tetapi beberapa orang juga menganggap bahwa atap asbes bisa membahayakan kondisi kesehatan.

Di sisi lain, proses pemasangan atap asbes pada sebuah bangunan juga tergolong mudah dan cepat. Terlebih lagi kini sudah tersedia banyak sekali pemborong atau kontraktor yang menawarkan jasa pelayanan pemasangan atap asbes, entah itu berupa tenaga ataupun tenaga plus material.

Maka dari itu, jika kalian berencana untuk memasang atap asbes mengunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar upah atau ongkos tenaga kerjanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang atap asbes per meter perseginya.

Harga Borongan Pasang Atap Asbes

Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

Sebagaimana diketahui, salah satu keunggulan material asbes yaitu dapat diaplikasikan di berbagai macam jenis atap rumah. Meskipun demikian, bukan berarti atap asbes tidak memiliki kelemahan sedikitpun. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya, berikut akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangan dari atap asbes.

Kelebihan

  • Harganya relatif lebih murah dibandingkan material sejenisnya.
  • Memiliki nilai lebih ekonomis.
  • Memiliki bobot cenderung ringan.
  • Proses pemasangannya mudah dan cepat.
  • Mudah untuk dipindahkan.
  • Tahan terhadap panas dan api.

Kekurangan

  • Desain tidak variatif.
  • Mudah rapuh dan patah.
  • Mudah menyerap panas sehingga ruangan di dalamnya akan terasa lebih panas.
  • Berbahaya bagi kesehatan.

Ukuran Standar Atap Asbes

Ukuran Standar Atap Asbes

Sebelum membahas harga borongan pasang atap asbes per meter lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu ukuran standarnya. Umumnya, ukuran asbes yang kerap digunakan sebagai konstruksi atap yaitu mulai dari 150 mm x 105 mm, 180 mm x 105 mm hingga 300 mm x 105 mm dengan ketebalan 0.3 cm sampai 1 cm.

Perlu diketahui, atap asbes juga bisa dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu asbes gelombang besar serta asbes gelombang kecil. Pada dasarnya pemilihan ukuran atap asbes seperti jenis, panjang, lebar hingga tebal ini tergantung pada kebutuhan serta selera pemilik rumah.

Harga Borongan Pasang Atap Asbes Per Meter

Harga Borongan Pasang Atap Asbes Per Meter

Secara garis besar, HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN biasanya berbeda-beda untuk beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti jenis asbes, kondisi bidang pekerjaan serta tingkat kesulitan pada saat proses pemasangannya.

Di beberapa kota-kota besar seperti Jabodetabek, Semarang, Surabaya hingga Jogja, harga borongan pasang atap asbes per meter persegi berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 45.000. Kembali lagi bahwa besaran harga borongan tersebut tergantung dengan kondisi lapangan serta tingkat kerumitan instalasinya.

Saran kami sebaiknya persiapkan anggaran dana melebihi dari perhitungan asli dari biaya pemasangan atap asbes. Hal tersebut bertujuan untuk berjaga-jaga apabila nantinya terjadi hal-hal di luar dugaan sehingga bisa meminimalisir kelebihan ataupun pembengkakan dana pembangunan.

Cara Menghitung RAB Pasang Atap Asbes

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang atap asbes untuk semua ukuran per meter perseginya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangannya. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan pembahasan perhitungan RAB pemasangan atap asbes.

Volume Pekerjaan Atap Asbes

Volume Pekerjaan Atap Asbes

Langkah pertama yaitu menghitung total volume atau luas total bidang pekerjaan atap asbes. Sebagai contoh kalian akan memasang asbes pada atap model pelana dengan panjang 10 meter serta lebar 5 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang : 10 m.
  • Lebar : 5 m.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : 2 x (Panjang x lebar).
  • Volume pekerjaan : 2 x (10 m x 5m).
  • Volume pekerjaan : 2 x 50 m2 = 100 m2.

Dari data perhitungan di atas, total volume bidang pekerjaan atap pelana yang akan dipasangi material asbes yaitu sekitar 100 meter persegi.

Perhitungan RAB Pasang Asbes

Perhitungan RAB Pasang Asbes

Tahap berikutnya yaitu menghitung total anggaran biaya dalam pemasangan asbes pada atap model pelana seluas 100 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Tata cara perhitungannya yaitu mengalikan luas pekerjaan dengan harga borongan per meter perseginya.

  • RAB pemasangan asbes : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • RAB pemasangan asbes : 100 m2 x Rp 40.000 = Rp 4.000.000.

Jadi, total anggaran dana yang perlu dipersiapkan untuk memasang asbes pada atap pelana seluas 100 meter persegi kurang lebih sekitar Rp 4.000.000. Perlu diingat, bahwa besaran harga borongan pasang atap asbes tersebut hanya untuk ongkos tenaga pemasangannya saja, belum termasuk pembelian bahan material.

Oleh sebab itu sebaiknya lakukan survei HARGA ASBES TERBARU di beberapa toko bangunan atau material untuk mendapatkan harga yang kompetitif. Sebaiknya gunakanlah material asbes berkualitas meskipun harganya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kualitas standar.

Itulah sekiranya penjelasan dari Ahlikuli.com seputar daftar harga borongan pasang atap asbes per meter persegi untuk semua ukurannya, entah itu asbes gelombang besar ataupun gelombang kecil. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang atap asbes menggunakan pekerja borongan.