11 Harga Genteng Aspal Bitumen 2020 : Kelebihan & Kekurangan

Harga Genteng Aspal – Seperti kita ketahui bahwa genteng merupakan salah satu komponen bangunan yang sangat penting karena fungsinya. Dimana fungsi dari genteng sendiri adalah untuk menutup atap rumah agar terhindar dari terik matahari dan hujan.

Saat ini banyak sekali jenis genteng yang dapat kita dapatkan dengan mudah dan kemudian dipasang untuk menutup atap rumah kita. Jika sebelumnya genteng tanah liat banyak digunakan, saat ini genteng metal, genteng beton dan juga genteng aspal juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik tampilan bagian atap rumah kita.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai genteng aspal atau dikenal dengan genteng bitumen. Pembahasan ini juga melipti apa itu genteng aspal, karakteristik, kelebihan dan kekurangan serta harga genteng aspal itu sendiri.

Berbicara mengenai tampilan, penggunaan genteng ini memang cukup menambah kesan mewah dan elegan karena memiliki bentuk dan penataan yang sangat unik. Maka tak heran jika saat ini banyak yang menggunakan genteng ini sebagai penutup rumah mereka.

Harga Genteng Aspal Bitumen : Kelebihan & Kekurangan

Harga Genteng Aspal

Seiring dengan perkembangan penggunaan rangka baja ringan, genteng ini juga dinilai cukup pas dan klop jika dipadukan dengan rangka baja ringan. Karena penggunaan rangka atap baja ringan dinilai menjadi solusi terbaik untuk mengatasi lapuknya rangka yang diakibatkan oleh rayap.

Sejarah Singkat Genteng Aspal

Dan untuk soal genteng aspal ini, genteng ini pertama kali diperkenalkan di negeri Paman Sam atau Amerika Serikat pada tahun 1904 silam. Dimana genteng ini dibuat dengan bahan serat kayu serta aspal dengan proses pemanasan suhu tinggi sehingga terbentuklah genteng aspal yang lentur namun kuat. Kemudian bagian atasnya juga dilapisi dengan resin bertekstur tinggi sehingga tidak licin ketika diinjak.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Aspal Bitumen

Sama halnya dengan genteng-genteng jenis lainnya, genteng aspal atau bitumen ini juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang wajib kalian ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan

  • Genteng aspal memiliki kekuatan yang sangat baik serta tahan terhadap api dan air. Beberapa produsen juga mengklaim bahwa genteng aspal ini mampu menahan tekanan angin dengan kecepatan hingga 96,5 km/jam.
  • Sangat cocok untuk digunakan jangka panjang, dimana diklaim mampu bertahan hingga durasi waktu yang sangat lama yakni sampai 30 tahunan.
  • Memiliki bobot ringan, hampir 1/6 dari bobot genteng beton atau genteng keramik. Hal ini juga tentu meringankan bobot total atap yang ditopang rangka atap.
  • Memiliki banyak varian warna yang menarik dan dapat dipilih sesuai dengan selera. Maka dari itu genteng ini memiliki rentang luas untuk digunakan pada berbagai warna dinding rumah.
  • Dapat meredam suara dari luar, bahkan pada saat hujan suaranya tidak terlalu berisik, lain halnya ketika kita menggunakan atap seng atau sejenisnya.
  • Mampu mengikuti berbagai model atap rumah, bahkan untuk kemiringan yang cukup curam.
  • Pemasangan cukup praktis dan cepat.

Kekurangan

  • Memiliki banderol harga yangb cukup mahal.
  • Proses pemasangan memang cukup mudah, namun tetap harus menggunakan jasa tukang yang profesional agar hasilnya maksimal.
  • Ketika pemasangan wajib dilandasi dengan multipleks sebelum dipasangi genteng agar strukturnya kuat, hanya saja akan menambah biaya pemasangan genteng yang satu ini.
  • Proses perbaikan juga harus menggunakan jasa tukang profesional.

Jenis Genteng Aspal

Untuk jenisnya, atap atau genteng bitumen ini memiliki 3 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

Atap Bitumen Shingles Flat

Atap ini dibuat dengan bahan Pasir Batu, Fibreglass dan juga Alga coating.

Atap Bitumen Gelombang

Atap bitumen jenis iniĀ  memiliki bentuk gelombang dengan bahan dasar serat selulosa dan aspal.

Atap Bitumen Tile

Atap bitumen jenis ini memiliki bentuk Tile atau seperti genteng pada umumnya bahan dasar genteng ini adalah serat selulosa dan aspal.

Harga Genteng Aspal

Tipe Genteng Aspal/BitumenHarga/m2
Bitumen CTi 3, 4, 5Rp 150.000 – Rp 182.500
Bitumen Tegola Top Single RectangularRp 220.000 – Rp 270.600
Bitumen Tegola Top Single TraditionalRp 284.150
Bitumen Tegola Premium GothikRp 313.700
Bitumen Tegola Premium RectangularRp 315.000
Bitumen Tegola Premium MozaikRp 321.300
Bitumen Tegola Premium TraditionalRp 350.300
Bitumen Tegola Premium LibertyRp 350.300
Bitumen Tegola MasterRp 420.000
Bitumen Tegola Master JRp 440.000
Bitumen Tegola EcoroofRp 220.000 – Rp 250.000

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga genteng aspal bitumen yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga memberikan informasi lain mengenai kelebihan dan kekurangan genteng bitumen serta jenis-jenis genteng aspal.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca artikel lain yang ahlikuli.com sampaikan dipostingan sebelumnya mengenai harga atap Alderon.

5/5 (1 Review)