23 Harga Kayu Jati Belanda Terlengkap 2020 : Papan, Balok & Palet

Harga Kayu Jati Belanda – Saat ini kita banyak menemui beberapa jenis furniture dengan konsep minimalis modern yang kerap dipilih oleh beberapa orang untuk mengisi ruangan interior mereka. Pada dasarnya furniture dengan konsep tersebut sebelumnya memang kurang diminati oleh masyarakat.

Namun berkat beberapa tangan-tangan ahli, akhirnya mereka dapat membuat sebuah furniture dengan bahan-bahan murah namun kualitas kelas atas. Dan salah satu bahan yang digunakan tersebut adalah kayu jati belanda. Kayu jenis ini saat ini menjadi salah satu primadona yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Jenis kayu yang satu ini memang saat ini banyak digunakan untuk membuat furniture dengan konsep minimalis dan klasik. Hal ini karena kayu jati belanda ini memiliki warna yang unik dan serat yang menarik, jadi walapun tidak difinishing dengan menggunakan plitur kayu atau cat kayu, tampilan kayu jati belanda masih terlihat baik.

Perlu kalian ketahui juga bahwa kayu jati belanda ini sebenarnya adalah kayu pinewood yang memilii tekstur kuat dan serat kayu yang sangat halus. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kayu jati belanda, langsung saja kita simak pembahasan mengenai harga kayu jati belanda yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Kayu Jati Belanda Terlengkap : Papan, Balok & Palet

Harga Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda di Indonesia juga memiliki beberapa nama lain, diantaranya adalah jati londo, jati madura dan palet jati belanda. Ada banyak fakta-fakta menarik mengenai kayu jati belanda yang dapat kita ketahui. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak fakta-fakta jati belanda berikut ini.

Fakta Mengenai Kayu Jati Belanda

Jati Belanda Bukan Berasal dari Belanda

Mungkins sebagian orang mengira bahwa kayu jati belanda ini berasal dari Belanda. Pada dasarnya kayu ini bukan dari Belanda, jadi hanya karena asumsi orang-orang jaman dulu yang sering mengasosiasikan luar negeri dengan Belanda. Padahal tidak mutlak semua kayu jati Belanda ini hasil impor dari Belanda, ada juga yang dari Jerman dan juga Jepang.

Jati Belanda Bukanlah Kayu Jati

Diatas sudah kami singgung bahwa jati Belanda ini bukanlah kayu Jati yang kita ketahui pada umumnya. Jati Belanda sendiri merupakan kayu Pinewood atau kayu Pinus yang kerap dijadikan sebagai palet untuk membungkus benda-benda impor dari Eropa. Karena bukan Jati asli, harga kayu jati Belanda ini juga tentu lebih murah.

Memiliki Banyak Julukan

Selain disebut dengan kayu palet, kayu ini juga memiliki nama lain yang cukup banyak, seperti kayu jati londo, jati Madura dan masih ada beberapa julukan lainnya.

Spesies Kayu Jati Belanda

Kayu ini sebagian besar tumbuh di Benua Amerika dan Asia, termasuk di Indonesia khususnya di daerah Sumatera. Akan tetapi kayu jati Belanda yang paling umum digunakan adalah jenis Pinus Radiata dan juga Pinus Merkusii.

Pohon pinus sendiri memang dikenal memiliki pertumbuhan yang cukup pesat dan memiliki demand pasar yang cukup tinggi. Saat ini pohon pinus juga dibudidayakan secara masal dengan kualitas yang lebih padat dan mengandung resin dan juga ramah lingkungan.

Karakteristik yang Khas

Jati Belanda memiliki tekstur yang tidak padat dan mudah dibentuk. Daya tarik kayu ini juga terlihat pada alur urat dan mata kayu yang khas. Kayu jati Belanda yang berusia tua juga akan memiliki patina atau guratan alami dengan nuansa antik yang indah dan tentunya sangat cocok untuk elemen furniture yang antik.

Kegunaan dan Manfaat yang Cukup Banyak

Kayu jati Belanda juga memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan seperti salah satunya adalah bahan baku untuk membuat furniture modern yang unik. Lalu kita juga dapat membuat rak dinding, meja kantor, kursi dan lainnya. Disamping itu karena memiliki serat dan tekstur yang halus, kayu ini tidak perlu finishing lagi.

Daya Tahan yang Cukup Baik

Jangan heran jika kayu ini memang tampak kering dan ringan namun memiliki daya tahan yang cukup baik. Walaupun tidak sekuat jati asli, kayu ini cukup kuat dan kokoh jika digunakan sebagai perabot dengan karakteristik anti shock, yakni resistem terhadap benturan dan kerusakan yang lebih minim terjadi karena kontak keras.

Karakteristik Kayu Jati Belanda

Soal karakteristik kayu ini sebenarnya sudah kita bahas sedikit diatas, namun untuk lebih jelas dan lengkap, mari kita simak beberapa karakteristik yang dimiliki oleh jati Belanda yang satu ini:

  • Memiliki bobot ringan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.
  • Memiliki warna cerah kuning muda, krem dan merah kecokelatan.
  • Memiliki serat kayu yang halus.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati Belanda

Kemudian untuk soal kelebihan dan kekurangannya, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kayu yang satu ini. Namun kita juga tidak boleh mengesampingkan kekurangan dari kayu jati Belanda ini. Dibawah ini dapat kalian lihat beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh jati Belanda yang satu ini:

Kelebihan

  • Harga sangat terjangkau.
  • Warna mudah dikombinasikan dengan warna lainnya.
  • Bobot yang ringan dan kuat.
  • Tahan terhadap goncangan.
  • Ramah terhadap lingkungan.
  • Tahan terhadap penyusutan dan pembengkakan.

Kekurangan

  • Memiliki kandungan getah sangat tinggi.
  • Membutuhkan perawatan ekstra.
  • Sambungan yang berlebihan dapat membentuk lubang.

Harga Kayu Jati Belanda

Dibawah ini dapat kalian lihat tabel daftar harga kayu jati Belanda mulai dari harga per kubik, per batang dan per lembar.

Harga Jati Belanda Per Meter

KayuUkuran & PanjangHarga/m3
Jati Belanda10 – 13 cm & 2 meterRp 550.000
Jati Belanda16 – 19 cm & 2 meterRp 800.000
Jati Belanda12.25 – 28 cm & 2 meterRp 1.100.000
Jati Belanda30 – 39 cm & 2 meterRp 1.200.000

Harga Jati Belanda Gelondong

KayuUkuranHarga
Jati Belanda Kelas I10 – 19 cmRp 2.300.000
Jati Belanda Kelas II20 – 29 cmRp 2.800.000
Balok Jati Belanda8 x 4 x 130 cmRp 25.000/btg
Balok Jati Belanda9 x 4 x 110 cmRp 25.000/btg
Balok Jati Belanda9 x 5 x 130 cmRp 30.000/btg
Balok Jati Belanda14 x 4 x 240 cmRp 80.000/btg
Balok Jati Belanda5 x 3 x 110 cmRp 17.500/btg

Harga Jati Belanda Per Kubik

KayuUkuran & PanjangHarga/m3
Jati Belanda7 – 8 cmRp 3.000.000
Jati Belanda9 – 10 cmRp 3.000.000

Harga Kayu Jati Belanda Serut Halus

KayuUkuran & PanjangHarga
Jati Belanda90 x 10 x 2 cmRp 180.000/20 pcs
Jati Belanda100 x 10 x 2 cmRp 200.000/20 pcs
Jati Belanda110 x 10 x 2 cmRp 220.000/20 pcs
Jati Belanda120 x 10 x 2 cmRp 240.000/20 pcs
Jati Belanda130 x 10 x 2 cmRp 250.000/20 pcs
Jati Belanda100 x 14 x 2 cmRp 170.000/10 pcs
Jati Belanda120 x 14 x 2 cmRp 190.000/10 pcs
Jati Belanda130 x 14 x 2 cmRp 200.000/10 pcs
Jati Belanda130 x 17 x 1,4 cmRp 190.000/10 pcs
Jati Belanda130 x 4 x 4 cmRp 220.000/10 pcs

Harga Jati Belanda Bekas

Untuk harga kayu jati bekas ini juga sudah pasti lebih murah dibandingkan harga barunya, dimana untuk per batangnya biasanya hanya dihargai dengan nominal Rp 9000 saja. Daya jual jati Belanda di Indonesia memang cukup baik, karena banyak digunakan untuk membuat furniture unik dan klasik.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai jati Belanda yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga memberikan informasi lainnya mengenai kelebihan dan kekurangan jati Belanda yang satu ini.

Hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya mengenai harga kayu jati yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)