Harga Kayu Trembesi Berbagai Ukuran Terbaru 2020

Harga Kayu Trembesi – Para pengrajin atau produsen furniture pada umumnya akan memilih jenis kayu yang berkualitas, mulai dari keawetan dan kekuatannya. Tak heran jika banyak dari mereka yang lebih memilih kayu jati sebagai bahan utama pembuatan furniture.

Namun tidak sedikit juga yang lebih memilih menggunakan kayu-kayu dengan kualitas menengah, seperti salah satunya adalah kayu Trembesi. Kayu Trembesi merupakan kayu yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, seperti di daerah Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Maluku.

Kekuatan dan kewaetan kayu yang satu ini memang tidak sebaik Kayu Jati, akan tetapi kayu ini memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh kayu manapun, tak terkecuali KAYU JATI. Kelebihan yang mencolok adalah ukurannya yang sangat besar dan dapat tumbuh dalam waktu yang cukup cepat.

Dengan memiliki ukuran yang besar, maka para pengrajin akan dapat menggunakannya sebagai papan meja atau daun pintu tanpa harus menyambungnya. Lalu berapa kisaran harga Kayu Trembesi? Daripada penasaran mengenai harganya, langsung saja kita simak berikut ini.

Harga Kayu Trembesi Berbagai Ukuran Terbaru

Harga Kayu Trembesi

Karakteristik

Sebelum kita ke pembahasan utama mengenai harganya, kami akan memberikan informasi mengenai karakteristik dari kayu yang satu ini. Dari segi tampilan, kayu Trembesi memiliki warna gelap cokelat pada bagian tengahnya yang disertai juga dengan garis-garis hitam.

Kemudian ada warna putih gading yang terletak pada pinggir kayu. Perbedaan warna tersebut malah menjadikan ciri khas sendiri dari kayu Trembesi. Banyak dari kalangan pengrajin yang malah menilai bahwa perpaduan warna tersebut sangatlah unik.

Lalu untuk beratnya, kayu Trembesi ini memiliki berat yang hampir sama dengan kayu Jati, dimana rata-rata beratnya adalah 0,6 kg per meter kubik. Maka dari itu kayu ini masuk dalam golongan kayu berat dengan tingkat kekuatan di kelas III dan keawetan di kelas IV.

Manfaat Kayu Trembesi

Tidak sedikit produk furniture yang menggunakan kayu Trembesi ini. Hal ini karena pengrajin mungkin sudah tahu betul apa saja keunggulan dari kayu ini, maka tak heran banyak yang memproses kayu Trembesi menjadi meja makan, meja bar, meja dapur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kayu Trembesi juga hanya memerlukan finishing melamine atau pernis saja, agar tampilan unik dari permukaan kayu dapat lebih terekspose, dan diklaim mampu menambah nilai jual produk kayu tersebut.

Harga Kayu Trembesi

Perlu kalian ketahui juga rata-rata kayu Trembesi ini dijual dengan ukuran yang beragam. Sedangkan untuk harga log kayu yang berdiameter 50 cm ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 1,9 juta tergantung dari segi kualitasnya. Untuk lebih jelas mengenai harganya, mari kita simak daftarnya berikut ini.

Harga Log Kayu Trembesi

Log Kayu TrembesiHarga 
Diameter 40 cmRp 1.5000.000 – Rp 1.900.000
Diameter 50 cmRp 2.300.000
Diameter 60 cmRp 3.000.000
Diameter 70 cmRp 3.800.000

Harga Produk Kayu Trembesi

Produk Kayu TrembesiHarga 
Meja Makan 180 x 180 cmRp 2.700.000
Meja Makan 300 x 90 cmRp 5.500.000
Meja Bar Tride TrembesiRp 6.500.000
Meja Makan L686 TrembesiRp 6.500.000
Meja Makan Trembesi K6Rp 7.500.000
Meja Makan Trembesi 400 x 90Rp 7.500.000
Meja DapurRp 8.375.000
Set Meja MakanRp 10.000.000 – Rp 14.000.000
Meja SantaiRp 11.750.000
Lemari KayuRp 12.000.000
Meja Makan 550 x 100 cmRp 20.000.000

Kelebihan Kayu Trembesi

Untuk kelebihan dari kayu Trembesi yang cukup mencolok adalah dari segi keunikan yang dimiliki. Seperti dengan serat dan juga ukurannya yang dapat mencapai diameter 1,5 meter. Dengan ukuran tersebut kalian tidak perlu lagi menyambung 2 papan untuk dijadikan sebagai papan meja atau daun pintu.

Selain itu kesan kokoh dan kuat juga terpampan di setiap produk furniture yang dibuat dengan kayu Trembesi. Maka bisa dipastikan jika setiap produk furniture dari kayu ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, bahkan mencapai puluhan juta.

Kekurangan Kayu Trembesi

Lalu untuk kekurangannya, kayu ini memang memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang lebih rendah dibandingkan dengan kayu Jati. Jadi besar kemungkinan kayu ini mudah terserang rayap dan kutu bubuk. Selain itu kayu Trebesi juga tidak cukup kuat untuk menopang benda yang terlalu berat.

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai kayu Trembesi, mulai dari harga, manfaat, karakteristik kayu dan kelebihan serta kekurangannya. Mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat.

5/5 (2 Reviews)