27 Harga Pipa Conduit Terbaru & Terlengkap 2020

Harga Pipa Conduit – Sudah barang tentu jika sebuah gedung harus dan wajib memerlukan berbagai infrastruktur yang sangat baik dan memiliki kualitas. Hal ini agar semua kegiatan operasional di dalam gedung dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan. Salah satu infrastruktur yang sangat diperlukan adalah pipa pengaman kabel instalasi.

Pipa tersebut kita kenal dengan nama pipa conduit. Pipa conduit ini memiliki beberapa jenis yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah pipa conduit clipsal, ega dan terkahir galvanis. Ketiga pipa tersebut memiliki fungsi yang sama namun berbeda kualitasnya.

Pembahasan lengkap akan kami kupas dipertemuan kali ini, mulai dari jenis pipa conduit, harga pipa conduit, kelebihan serta tips pemasangan pipa conduit yang baik dan benar. Pipa conduit juga dikenal dengan nama lain yakni pipa penghantar listrik.

Berbicara soal harga pipa conduit, pipa ini memiliki harga yang berbeda-beda di setiap jenisnya. Dan untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai harga pipa conduit semua ukuran dan jenis terlengkap dibawah inil.

Harga Pipa Conduit Semua Ukuran & Jenis Terlengkap

Harga Pipa Conduit

Jenis Pipa Conduit

1. Pipa Conduit Clipsal

Pipa Conduit Clipsal

Pertama ada Pipa jenis Clipsal. Pipa ini merupakan pipa penghantar listrik yang dapat melindungi instalasi kabel dengan sangat baik karena terbuat dari bahan PVC yang lentur dan tidak mudah rusak dan patah ketika dibengkokan. Penggunaan pipa ini biasanya dipasang di dalam tembok atau luar tembok/plafon.

Pemasangan pipa ini juga cukup mudah. Kelebihan pipa ini adalah kabel listrik akan lebih terlindungi dan terhindar dari berbagai kerusakan seperti korosi atau akibat gigitan binatang. Untuk harga, pipa conduit cilpsal ini dibanderil dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Pipa Conduit Galvanis

Pipa Conduit Galvanis

Kedua ada pipa conduit Galvanis. Pipa ini biasanya digunakan untuk melindungi kabel dan dipasang diluar ruangan dengan cara ditanam di dalam tanah. Material yang digunakan adalah besi galvanis dengan ketebalan 1 mm dan panjang 3,8 mm. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

3. Pipa Conduit Ega

Pipa Conduit Ega

Dan jenis yang terakhir adalah pipa conduit ega. Jenis pipa penghantar listrik ini tersedia dalam ukuran 20 mm dan juga 25 mm dengan warna putih dan hitam. Pipa jenis ini juga mudah untuk dibengkokan dan tidak mudah pecah atau rusak.

Disamping itu saat ini pipa conduit terbaru yakni conduit ega easy juga memiliki ketebalan pipa yang lebih tipis namun memiliki kualitas yang sama. Harga pipa jenis ini dibanderol sangat terjangkau yakni hanya Rp 9.000 per 3 meter.

Kelebihan Penggunaan Pipa Conduit

Kelebihan Penggunaan Pipa Conduit

1. Sangat Fleksibel

Pipa Conduit jenis ega atau clipsal ini memiliki kelebihan yang cukup lentur sehingga dapat dibengkokan dengan mudah. Hal ini juga menjadikan pipa ini mampu menarik konduktor atau kawat dengan mudah bahkan dalam tikungan 90 derajat. Pipa ini dapat ditekuk menjadi huruf U, akan tetapi dibutuhkan alat khusus untuk menekuknya.

2. Bahan Berkualitas

Pipa Conduit dengan warna putih memiliki kualitas yang lebih baik sehingga banyak digunakan. Bukan hanya ini saja, pipa ini juga diproduksi dengan menggunakan double srew machine yang membuatnya menjadi sangat aman untuk digunakan sebagai pelindung penghantar listrik.

3. Ringan dan Mudah Dipotong

Pipa jenis ini juga mudah untu dipotong dan memiliki bobot yang ringan. Jika panjang pipa terlalu panjang, kalian dapat memotongnya dengan mudah karena materialnya terbuat dari PVC.

4. Tidak Mudah Terbakar

Pipa Conduit juga memiliki sifat yang tidak mudah untuk terbakar, sehingga aman digunakan ditempat industri atau bangunan lainnya. Karena keamanannya ini tak heran jika pipa ini banyak digunakan oleh konsumen.

5. Tidak Mudah Rusak Karena Cuaca

Kemudian pipa ini juga sangat tahan terhadap cuaca dan tidak mudah rusak. Pipa ini terbuat dari bahan yang sangat berkualitas, untuk itu kalian tidak perlu khawatir akan adanya kerusakan akibat suhu dan cuaca. Disamping itu pipa ini juga dapat bertahan dari gigitan binatan seperti tikus dan sejenisnya.

6. Memiliki Tampilan yang Menarik

Kelebihan yang terakhir adalah memiliki tampilan yang cukup menarik. Pipa ini dapat dipasang pada bagian dalam atau luar tembok. Jika dipasang pada bagian luar, kalian dapat memvariasikan sedemikian rupa hingga menampilkan keindahan.

Tips Pemasangan Pipa Conduit

Tips Pemasangan Pipa Conduit

  • Untuk kalian yang ingin memasang pipa conduit di dalam dinding, usahakan untuk melakukan pemasangan sebelum tahap plester. Hal ini agar nantinya tidak membuat dinding menjadi begelombang.
  • Kemudian untuk pemasangan pipa di atas plafon, perhatikan terlebih dahulu mengenai jalur-jalur instalasi yang akan digunakan. Hal ini agar pipa tidak berbenturan dan tertumpuk dengan kabel lain dan bisa membuatnya terlihat tidak rapih. Untuk itu kalian perlu mengkoordinasikannya dengan tepat.
  • Pertemuan pipa conduit pada plafon dengan pipa sparing perlu menggunakan doos penyambungan dan harus dipasang dengan cara klem.
  • Siapkan kawat pancing untuk mempermudah saat penarikan kabel di dalam pipa conduit.

Harga Pipa Conduit

Pipa Conduit

Jenis Pipa ConduitHarga
Pipa Conduit Clipsal 20 mmRp 11.000/3 Meter
Pipa Conduit Clipsal 25 mmRp 19.500/3 Meter
T-Dos Clipsal 20 mm 3 LubangRp 6.500
T-Dos Clipsal 25 mm 3 LubangRp 12.500
Cross-Dos Clipsal 20 mm 4 LubangRp 7.000
Cross-Dos Clipsal 25 mm 4 LubangRp 13.500
Sok Pipa Clipsal 20 mmRp 75.000/pak isi 100 pcs
Sok Pipa Clipsal 25 mmRp 110.000/pak isi 100 pcs
Klem Pipa Clipsal 20 mmRp 75.000/pak isi 100 pcs
Klem Pipa Clipsal 25 mmRp 75.000/pak isi 100 pcs
Elbow Clipsal 20 mmRp 8.000
Elbow Clipsal 25 mmRp 10.500
Flexible Clipsal 20 mmRp 239.000/50 Meter
Flexible Clipsal 20 mmRp 469.000/50 Meter

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga pipa conduit, kelebihan, kekurangan, jenis serta tips pemasangan pipa conduit yang dapat kalian simak. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kalian semua.

5/5 (1 Review)