Apa Itu Panel Beton ? Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Panel Beton – Dalam dunia konstruksi, tentu kita sudah tidak asing lagi panel beton. Ya, panel beton banyak digunakan sebagai pagar untuk pelindung atau pembatas. Penting diketahui juga bahwasanya pagar panel beton juga sudah banyak digunakan oleh beberapa orang untuk melindungi area rumah atau sejenisnya.

Dari segi bentuk, pagar panel beton juga memiliki bentuk lembaran yang sudah dicetak sesuai cetakan serta mutu tertentu. Di dalam panel tersebut berisikan tulangan besi yang sudah di las entah pada tiang kolom maupun pada panelnya. Mengenai pembahasan ini, kami akan mengupas secara detail terkait apa itu panel beton, fungsi dan juga kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya.

Berbicara sedikit mengenai spesifikasi daripada pagar panel ini, kebanyakan memiliki ukuran standar yakni 240 x 40 x 5 cm. Namun perlu diketahui juga bahwa ukuran panel ini bisa diproduksi sesuai dengan keinginan pembeli. Nah pembuatan pagar panel beton biasanya terdiri dari beberapa material seperti tiang beton sepanjang 225 cm sampai dengan 425 cm, kemudian lebar 18 cm dan tebal 18 cm.

Sementara itu untuk spesifikasi beton precast memiliki panjang 240 cm, lebar 40 cm sampai 45 cm serta ketebalan 5 cm hingga 6 cm. Terkait informasi lebih lengkap mengenai apa itu panel beton, kelebihan dan juga kekurangan apa saja yang dimilikinya, lebih baik langsung saja kita masuk ke poin pembahasannya yang telah ahlikuli.com siapkan berikut ini.

Apa Itu Panel Beton

Apa Itu Panel Beton?

Pada pembahasan pertama, disini kita akan langsung menuju ke poin utama yaitu mengenai apa itu Panel Beton. Pagar panel beton adalah beton cetak yang dibuat dengan menggunakan material campuran seperti pasir, semen, air dan beberapa tambahan bahan kimia tertentu untuk meningkatkan kualitasnya. Pagar panel beton ini memiliki bentuk layaknya dinding dengan ukuran tertentu dan terdapat lubang sambungan yang mana berfungsi sebagai sambungan antar pagar.

Baca  10 Harga Jasa Trowel Beton Per M2 dan Material 2022

Produk pagar beton juga merupakan inovasi anyar yang memberikan kemudahan dalam proses pemasangan maupun efisiensi waktu. Seperti sudah kami singgung sedikit diatas bahwasanya pagar beton ini memiliki beberapa jenis, pertama ada pagar beton minimalis dan kedua adalah pagar beton motif. Pagar beton juga memiliki mutu yang berbeda, perbedaan mutu ini didasari pada bahan material pembuatan itu sendiri. Mutu pagar panel antara lain K 225 dan K 300.

Fungsi Panel Beton

Kemudian mengenai fungsi daripada pagar panel ini sendiri adalah sebagai pembatas suatu area tertentu, sekaligus sebagai pembatas area agar tingkat kriminalitas terhadap pencurian atau perampokan semakin menurun. Penggunaan pagar ini biasanya sering diterapkan pada wilayah-wilayah industri maupun perumahan elite. Ini dikarenakan dua wilayah tersebut memang memerlukan sistem keamanan yang tinggi, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan untuk masuk ke area tersebut. Panel beton pagar juga kerap digunakan sebagai tembok pembatas antara satu rumah dengan rumah yang lain di sebuah pemukiman penduduk.

Spesifikasi Pagar Beton

Mengenai spesifikasi, diatas juga sudah kami singgung sedikit mengenai spesifikasi daripada panel beton satu ini. Sebagai informasi tambahan, umumnya setiap beton pra cetak biasanya memiliki ukuran standar, yakni 240 x 40 x 5 cm. Akan tetapi, ukuran tersebut biasanya dapat dibuat custom sesuai dengan keinginan si pembeli. Terkadang setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga setiap pemasok akan selalu siap memenuhi setiap pesanan dari konsumen.

Untuk penggunaan material pembuatan, biasanya memerlukan beberapa material seperti tiang beton salah satunya. Nah tiang tersebut memiliki ukuran dengan panjang antara 225 cm sampai dengan 425 cm dan lebar 18 cm serta tebal 18 cm. Sementara untuk spesifikasi panel beton pra cetak memiliki panjang 240 cm, lebar 40 cm sampai 45 cm serta ketebalan 5 cm hingga 6 cm.

Baca  √ Apa Itu Screed Lantai 2022: Tips & Cara Pengaplikasian

Kelebihan & Kekurangan

Selanjutnya kita akan menjelaskan mengenai kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh pagar beton satu ini. Ya, setiap bahan material bangunan memang memiliki karakteristiknya masing-masing tak terkecuali yang satu ini. Adapun untuk kelebihan dan kekurangan daripada panel ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan

  • Bersifat kokoh, kuat dan tahan lama.
  • Mudah untuk dibongkar pasang sehingga mudah di pindah.
  • Proses pengerjaannya relatif cepat dan singkat.
  • Biaya pemasangan tergolong terjangkau.
  • Memiliki permukaan halus sehingga mampu memberikan kesan rapi serta elegan.
  • Ukuran dan bentuknya seragam karena dibuat menggunakan teknologi modern.

Kekurangan

  • Tidak dapat di modifikasi seperti pagar dinding bata.
  • Hanya tersedia di kota-kota besar.
  • Harga cepat berubah mengikuti perkembangan material lainnya.
  • Proses pemasangannya memerlukan tukang khusus.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini bisa kami simpulkan bahwasanya pagar beton ini memang bisa menjadi solusi untuk mengamankan area dari tindak kejahatan yang kian merebak. Maka tak heran jika di kota-kota besar khususnya di area pabrik atau kantor-kantor besar kerap memilih menggunakan pembatas satu ini. Dari segi pembuatan, kami rasa untuk bahan yang diperlukan tidak berbeda jauh dengan Buis Beton, hanya saja untuk setiap takaran yang diperlukan berbeda.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai apa itu panel beton, kelebihan serta kekurangannya. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.