6 Cara Pemasangan Buis Beton : Analisa, Gambar & RKS 2022

Cara Pemasangan Buis Beton – Material buis beton memang sudah dikenal sejak lama untuk konstruksi drainase, gorong gorong, pembuatan sumur resapan bahkan sampai saluran pembuangan air. Tentunya cara pemasangan buis beton haruslah benar supaya tidak mengalami kebocoran ataupun kerusakan dalam jangka pendek.

Buis beton dibuat dari material precast beton dimana didalamnya ada rangkaian besi dimana menjamin data tahannya. Ada juga jenis buis beton yang dibuat dari material sama namun tidak ditanamkan besi dimana kekuatannya lebih lemah. Sebelumnya kami sudah membahas jaminan pelaksanaan konstruksi dimana pemasangan buis beton juga masuk kedalamnya.

Oleh karena itu dalam pemasangan dibutuhkan perencanaan serta persiapan matang supaya dapat berjalan lancar. Dapat dikatakan buis beton jadi pilihan karena kekuatannya, disamping itu lebih murah dibanding pipa besi ataupun PVC. Saat ini pemasangan buis beton banyak dijumpai untuk berbagai kebutuhan

Pilihan ukuran buis beton cukup beragam, ada yang diameternya 20cm, 60cm, 80 cm bahkan 1m dimana dapat dipakai sesuai kebutuhan. Untuk pemasangan buis beton dengan tulangan besi/baja diterapkan pada jalan besar yang umumnya dilewati kendaraan berat. Sedangkan untuk buis beton tanpa tulang dipasangkan dijalan kecil dengan kendaraan ringan yang melintas.

Cara Pemasangan Buis Beton

Manfaat utama pemasangan buis beton adalah mampu mengalirkan air dalam tanah termasuk drainase, sumur resapan, serta berbagai kebutuhan lainnya. Dapat dikatakan buis beton juga mampu bertahan lama sehingga tidak membutuhkan perawatan lebih. Biasanya ketika terjadi kebocoran ataupun kerusakan barulah diganti dengan yang baru.

RKS Buis Beton

Sebelum cara pemasangan buis beton dilakukan banyak pihak membutuhkan RKS atau Rencana Kerja dan Syarat. Didalam RKS akan terdapat spesifikasi secara teknis, gambar serta penjelasan pengerjaan dimana dijadikan dokumen dalam proses lelang tender serta penyediaan barang ataupun jasa.

Jadi didalamnya akan tercantum semua rancangan pengerjaan secara rinci. Kemudian bagi yang ingin menyusun RKS buis beton untuk berbagai konstruksi maka dapat mencontoh rancangan dari beberapa sumber seperti dibawah ini.

Baca  Cara Menghitung Kemiringan Atap Rumah Semua Jenis Bagi Pemula

Cara Pemasangan Buis Beton & Gambar

Kelebihan cara pasang buis beton adalah tidak membutuhkan pengecoran dulu sehingga menghemat biaya. Kemudian ketika ingin diganti ataupun tak diperlukan maka bisa diambil secara mudah. Pada umumnya bentuk buis beton adalah tabung/lingkaran dengan berbagai pilihan diameter.

Ketahan buis beton juga maksimal karena mampu menahan semua tekanan air ataupun beban berat. Agar kalian tidak bingung maka silahkan simak cara pemasangan buis beton yang dirangkum Ahlikuli.com sebagai berikut.

1. Melakukan Pengukuran Di Lokasi

rks buis beton

Cara pertama adalah melakukan survey dimana pasang buis beton akan dilakukan. Dari lokasi tersebut kamu dapat mengukur berapa ukuran area pengerjaan sesuai kebutuhan. Kamu dapat mengukur panjang pengerjaan secara membujur berdasarkan rute saluran serta batasnya.

Kemudian cara berikutnya bisa juga dari jalur persilangan untuk menemukan elevasinya. Proses pengukuran ini penting dilakukan secara teliti supaya pas dengan pemasangannya, usahakan juga berikan ruang sedikit untuk mengatasi jika ada kelebihan volume tanah.

2. Perencanaan Analisa Pemasangan Buis Beton

analisa pemasangan buis beton

Cara berikutnya adalah merencanakan dimana posisi material, alat, space untuk pekerja dan juga gambar denah pemasangan buis beton. Dari contoh rancangan gambar pemasangan buis beton diatas akan ditentukan kedalaman urugan pasir, tanah, peletakan dan juga penutupan aspal jalan raya.

Supaya lebih mudah memang membuat denah pengerjaan pemasangan sesuai kebutuhan masing masing. Pastikan juga memperhitungkan akses jalan ketika pekerjaan dilakukan dijalan raya, usahakan persiapkan pengaturan kendaraan supay tidak macet.

Setelahnya tinggal masuk ke analisa pemasangan buis beton dimana menentukan berapa jumlah material, alat yang dibutuhkan sampai dengan gaji pekerja. Pada umumnya untuk pemasangan saluran air ukuran yang digunakan antara 20cm hingga 50cm. Sedangkan untuk sumur resapan ataupun septictank antara 80cm sampai 1m.

3. Mulai Menggali Wilayah Pemasangan

penggalian

Sesudah persiapkan matang maka tinggal atur jadwal dan ijin untuk proyek dilaksanakan. Cara pertama adalah menggali tanah sesuai dengan rancangan yang dibuat sebelumnya. Pilihan galian dapat memakai bantuan excavator ataupun menggunakan tenaga pekerja.

Pastikan ketika menggali sudah sesuai dengan ukuran serta kemiringan supaya memudahkan dalam memasangnya. Kemudian tanah yang digali nantinya akan digunakan untuk mengurug apabila konstruksi sudah selesai dilakukan.

Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam (Rumah 1 lantai & 2 Lantai)

Dalam pengerjaan perlu dicek secara teliti karena mempengaruhi aliran air jika tidak sesuai ketinggiannya. Ketika sudah selesai menggali maka selanjutnya membuat pembatas/lining supaya tanah tertahan dan tidak kembali kedalam lubang galian.

4. Cara Pemasangan Buis Beton dengan Benar

Pemasangan Buis Beton

Setelahnya pasang buis beton dimana terdapat pilihan memakai ataupun tenaga kuli. Kelebihan ketika memakai excavator adalah hemat tenaga dan waktu untuk pekerjaan banyak buis beton. Pemasangannya dilakukan dengan menyambungkan antara buis beton secara sejajar sehingga akan mengalirkan air secara lancar.

Lalu ketika sudah terpasang maka titik temu buis beton dilas memakai plat sehingga memperkuat sambungannya. Kemudian dibagian sambungannya juga didat memakai semen hal ini dilakukan agar tidak terjadi kebocoran. Apabila pengerjaannya pada saluran yang panjang maka dapat mengelompokkan pekerja supaya lebih cepat selesai.

5. Pengurugan Tanah

gambar pemasangan buis beton

Berikutnya silahkan lakukan pengurugan sesuai perencanaan misalkan dimulai dari lapisan pasti dibagian paling bawah, dilanjutkan tanah kemudian aspal. Usahakan melakukan pengurugan secara penuh supaya salurannya tidak mudah bergerak dari posisinya.

Supaya proses urugan berjalan lancar kamu bisa menggunakan caping beam supaya prosesnya jauh lebih mudah. Berikutnya padatkan tanah supaya tidak terjadi longsor atapun erosi karena pengurugan yang kurang sempurna.

6. Membersihkan Area Pemasangan Buis Beton

Area Pemasangan Buis Beton

Sesudah urugan tanah sudah sepenuhnya padat maka selanjutnya tinggal membersihkan bekas penggalian. Setelah area bersih maka angkut semua peralatan dan buang bekas bekas material pada lokasi pembuangan terdekat.

Pada langkah terakhir ini sangat mempengaruhi karena cukup mengganggu lalu lintas. Jadi usahakan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan secara maksimal supaya jalan dapat dibuka kembali. Ketertiban menjadi kunci dalam proses konstruksi gorong gorong karena hubungannya dengan orang banyak.

Sebelumnya kami juga sudah membahas cara menghitung kebutuhan kanstin dimana juga dapat diterapkan setelah penggalian selesai dilakukan. Pada dasarnya pemasangan memang perlu dilakukan dengan penuh perhitungan.

Harus dilakukan survey serta analisa secara teliti supaya tidak terjadi kerugian seperti kebocoran, kerusakan saluran bahkan sampai jalan amblas. Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga akan berguna untuk kalian semuanya.

Source gambar : google.com