√ Biaya Bangun Kontrakan 3×5 Meter 2021 : Material & Ongkos Pekerja

Biaya Bangun Kontrakan 3×5 Meter – Bisnis rumah kontrakan memang menjadi salah satu ladang dalam mengumpulkan pundi-pundi uang. Terlebih lagi harga tanah selalu naik setiap harinya membuat bisnis properti seperti rumah kontrakan atau kos-kosan menjadi incaran bagi banyak orang.

Selain itu, biaya pembangunan kontrakan sederhana juga cukup terjangkau sehingga keuntungan potensial yang akan didapatkan juga cukup melimpah. Tidak perlu sibuk mengurusi, tidak perlu repot merawat, sekali jadi maka pemasukan akan mengalir setiap tahunnya tanpa henti.

Berbicara mengenai kontrakan, salah satu jenis atau ukuran kontrakan sederhana yang kerap dibangun oleh beberapa pebisnis properti yaitu kontrakan 3 meter x 5 meter. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kontrakan berukuran 3×5 meter ini dinilai cukup ideal untuk dihuni oleh satu ataupun dua orang.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana untuk membuat kontrakan ukuran 3×5 meter, alangkah baiknya hitung terlebih dahulu Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai perhitungan rincian biaya bangun kontrakan 3×5 meter.

Biaya Bangun Kontrakan 3x5 Meter

Desain Kontrakan 3×5 Meter

Sebelum pembahasan biaya bangun kontrakan 3×5 meter berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu desain atau letak tata ruangnya. Biasanya, kontrakan berukuran 3 meter x 5 meter ini berisikan 1 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, 1 dapur serta 1 kamar mandi.

Desain Kontrakan 3x5 Meter

Kontrakan tersebut juga biasanya memiliki sekat di dalamnya yang terbuat dari papan atau partisi dinding. Di lain kasus, beberapa orang juga memanfaatkan lemari sebagai pemisah ruangan antara ruang tamu dengan ruang makan sehingga ruang makan tidak terlihat dari ruang tamu.

Baca  5 Harga Borongan Pasang Paving Per Meter 2021 : Tenaga & Bahan

Sementara ruang dapur berada pada bagian paling belakang dan berdekatan dengan kamar mandi. Meskipun ukuran kontrakan tersebut tidak terlalu besar, namun bangunan tersebut masih memiliki sedikit sisa lahan yang biasanya dimanfaatkan sebagai taman mini.

Biaya Bangun Kontrakan 3×5 Meter

Setelah mengetahui desain atau tata letak kontrakan berukuran 3×5 meter, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung total biaya pembangunannya. Ketika hendak menghitung biaya bangun kontrakan 3×5 meter, terdapat beberapa aspek penting perlu perhatian lebih

Sejumlah aspek penting tersebut diantaranya yaitu seperti pembelian lahan, pemilihan sistem pekerja, pembelian bahan material bangunan serta pemilihan tahap finishing. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik perhitungan biaya bangun kontrakan 3×5 meter di bawah ini.

Biaya Pembelian Lahan

Biaya Pembelian Lahan 1

Langkah pertama yaitu mempersiapkan anggaran dana untuk pembelian lahan atau tanah. Umumnya kontrakan berukuran 3×5 meter dibangun di atas lahan seluas 23 meter persegi. Jadi, jika harga tanah per meter perseginya saat ini adalah Rp 1.500.000, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sekitar Rp 1.500.000 x 23 m2 = Rp 34.500.000.

Biaya Bangun Kontrakan

Biaya Bangun Kontrakan

Tahap selanjutnya yaitu memilih sistem pekerja yang akan membangun kontrakan. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis sistem pekerja bangunan, yaitu pekerja sistem harian serta pekerja sistem borongan. Saran kami sebaiknya pilihlah pekerja borongan karena HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN dinilai lebih murah dibandingkan pekerja harian.

Jika sudah menetapkan akan menggunakan pekerja borongan, maka kalian juga harus mencari tahu harga borongan per meter perseginya. Sebagai contoh harga borongan bangunan per meter perseginya saat ini adalah Rp 2.500.000, maka tata cara menghitung biaya bangun kontrakan 3×5 meter akan seperti berikut ini.

  • Luas kontrakan : Lebar x panjang.
  • Luas kontrakan : 3 m x 5 m = 15 m2.
  • Biaya bangun kontrakan : Luas kontrakan x harga borongan per meter.
  • Biaya bangun kontrakan : 15 m2 x Rp 2.500.000 = Rp 37.500.000.
Baca  Harga Borongan Rumah Type 45 Minimalis Terbaru 2021

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang diperlukan ketika hendak membangun rumah kontrakan seluas 15 meter persegi menggunakan pekerja borongan yaitu sekitar Rp 37.500.000.

Biaya Lainnya

Biaya Lainnya 1

Hal yang tidak kalah pentingnya dengan beberapa elemen di atas yaitu mempersiapkan biaya lainnya. Biaya ini perlu dipersiapkan untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal di luar dugaan pada saat proses pembangunan kontrakan sedang berlangsung.

Biasanya para kontraktor atau pemborong merekomendasikan untuk mempersiapkan biaya lainnya sebesar 10% sampai 15% dari total anggaran biaya pembangunan kontrakan 3×5 meter. Jadi, kalian perlu mempersiapkan biaya lainnya dalam pembangunan kontrakan 3×5 meter kurang lebih sekitar Rp 7.200.000.

Tips Membangun Kontrakan 3×5 Meter

Tips Membangun Kontrakan 3x5 Meter

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya bangun kontrakan 3×5 meter mulai dari tahap awal hingga tahap finishing. Nah, agar proses pembangunan kontrakan tersebut dapat berjalan sesuai harapan, ada baiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Tentukan jenis, desain serta model rumah kontrakan sejak awal.
  • Persiapkan rencana keuangan dengan matang.
  • Carilah informasi terkait biaya bangun kontrakan di sekitar rumah.
  • Selalu komunikasikan dengan pihak kontraktor atau pemborong.
  • Bangun kontrakan di tempat yang strategis.
  • Tentukan besaran biaya sewa per bulan atau per tahunnya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Ahlikuli.com seputar tata cara menghitung biaya bangun kontrakan 3×5 meter mulai dari pembelian lahan hingga ongkos para pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membangun kontrakan berukuran 3 meter x 5 meter.