4 Harga Borongan Cor Beton Manual Per Meter 2021 : Material & Upah

Harga Borongan Cor Beton Manual – Dalam membangun sebuah bangunan terutama untuk dak lantai beton, hal penting yang perlu diperhatikan yaitu membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pembuatan RAB tersebut bertujuan agar nantinya kalian bisa mengalokasikan anggaran biaya pembangunan dengan benar.

Selain kerap digunakan sebagai pengecoran bangunan bertingkat seperti rumah, sekolahan, perkantoran hingga rumah sakit, cor beton juga sering diaplikasikan untuk pengecoran jalan, kolam renang sampai dinding bangunan. Maka dari itu, perhitungan anggaran biaya pembangunannya harus dilakukan sejak awal dengan matang.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pengecoran khususnya cor beton manual dengan harga cukup bervariasi. Biasanya besaran harga atau tarif borongan pengecoran beton tersebut dipengaruhi oleh jenis atau mutu beton.

Jika kalian berencana hendak melakukan pengecoran beton manual menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan cor beton manual untuk semua jenis dan mutunya.

Harga Borongan Cor Beton Manual

Kelebihan dan Kekurangan Cor Beton Manual

Setiap bahan material bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk cor beton ready mix ataupun cor beton manual. Sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan dari cor beton manual.

Kelebihan

  • Tidak memerlukan lahan luas untuk mengaduk coran.
  • Dapat dilakukan dimana saja, meskipun akses jalan sempit.
  • Lebih menghemat biaya apabila digunakan dalam proyek skala kecil.
  • Tidak perlu repot siaga tukang, sebab proses cor sesuai takaran dan kemampuan pekerja.

Kekurangan

  • Proses pengaplikasiannya akan membutuhkan waktu cukup lama.
  • Lebih ribet dibandingkan cor beton ready mix.
  • Memerlukan banyak biaya apabila proses cor dalam skala besar.
  • Komposisi adukannya tidak merata.
  • Mutu beton menjadi kurang merata karena proses takaran manual.

Jenis Cor Beton Manual

Jenis Cor Beton Manual

Sebelum membahas harga borongan cor beton manual lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu mutu atau jenisnya. Mutu beton sendiri merupakan informasi yang digunakan untuk mengetahui kualitas, kekuatan serta karakteristik cor beton.

Di Indonesia, informasi mengenai mutu atau jenis beton dinyatakan dalam bentuk satuan K yang melambangkan kuat tekanannya per sentimeter persegi. Nah, berikut adalah beberapa mutu cor beton manual yang biasanya dibuat oleh pekerja sistem borongan.

  • Cor beton K 225.
  • Cor beton K 250.
  • Cor beton K 275.
  • Cor beton K 300.

Harga Borongan Cor Beton Manual

Harga Borongan Cor Beton Manual Semua Jenis

Sebagaimana diketahui, biasanya besaran harga borongan cor beton manual di beberapa wilayah bisa berbeda-beda. Perbedaan tarif tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan atau kerumitan hingga risiko pengerjaannya.

Selain itu, mutu cor beton juga akan mempengaruhi harga borongannya. Sebab kualitas masing-masing mutu cor beton juga akan berbeda. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan daftar harga borongan cor beton manual untuk beberapa jenis atau mutunya.

Mutu Cor BetonOngkos Tukang & Kenek / M2Biaya Bekisting & Besi / M2Total Harga Borongan
Cor beton K 225Rp 250.000Rp 498.000Rp 748.000
Cor beton K 250Rp 250.000Rp 499.500Rp 749.500
Cor beton K 275Rp 250.000Rp 501.500Rp 751.500
Cor Beton K 300Rp 250.000Rp 503.500Rp 753.500

Perlu diingat, bahwa besaran harga borongan di atas belum termasuk material serta jasa pengerjaan kolom dan balok. Total biaya di atas juga hanya sebagai acuan dasar untuk perhitungan RAB saja, biasa berubah ataupun tetap sama di beberapa daerah.

Cara Menghitung Biaya Cor Beton Manual

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan cor beton manual untuk beberapa jenis serta mutunya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pengecorannya.

Biasanya perhitungan ini meliputi PERHITUNGAN VOLUME BETON serta perhitungan upah pekerja borongan. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menghitung biaya pengecoran beton manual di bawah ini.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Tahap pertama yaitu menghitung volume atau luas pekerjaan pengecoran. Sebagai contoh kalian akan melakukan pekerjaan pengecoran beton pada rumah bertingkat dengan panjang 5 meter serta lebar 4 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang : 5 m.
  • Lebar : 4 m.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 5 m x 4 m = 20 m2.

Biaya Cor Beton Manual

Biaya Cor Beton

Langkah selanjutnya yaitu menghitung total biaya pengecoran beton manual seluas 20 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Caranya yaitu mengalikan volume bidang pekerjaan dengan harga borongan cor beton manual.

  • Biaya cor beton : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya cor beton : 20 m2 x Rp 749.500 = Rp 14.990.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pengerjaan cor beton manual K 250 seluas 20 meter persegi menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 14.990.000. Saran kami sebaiknya gunakanlah mutu beton berkualitas, meskipun HARGA COR BETON sendiri akan sedikit lebih mahal.

Itulah sekiranya penjelasan Ahlikuli.com seputar daftar harga borongan cor beton manual untuk semua jenis serta mutunya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengecor beton manual menggunakan pekerja borongan.