9 Cara Merawat Pagar Stainless Steel Dari Karat Agar Tetap Mengkilap!

Cara Merawat Pagar Stainless Steel – Sebagaimana diketahui, pagar stainless steel identik dengan kemewahan aksesoris pada sebuah rumah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pagar stainless steel mampu memberikan kesan keindahan serta bahan baku pembuatannya juga relatif mahal.

Meskipun demikian, pemiliknya juga perlu merawat pagar secara berkala supaya keindahannya tetap terjaga. Umumnya pagar yang kurang mendapatkan perhatian akan tampak kotor dan berlumut sehingga bisa mengakibatkan warna memudar serta tidak mengkilap lagi.

Salah satu alasan mengapa perawatan pagar stainless steel perlu dilakukan sesering mungkin yaitu karena letaknya di luar ruangan. Sebab, aksesoris eksterior terutama pagar stainless steel harus menghadapi berbagai macam penyebab kerusakan, baik itu karena faktor hujan, debu, kelembapan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, jika diantara kalian memiliki pagar stainless steel, alangkah baiknya ketahui bagaimana tata cara merawatnya agar terhindar dari korosi. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara merawat pagar stainless steel agar tetap mengkilap serta tidak kusam.

Cara Merawat Pagar Stainless Steel

Penyebab Pagar Stainless Steel Korosi

Seperti dijelaskan di atas, pagar stainless steel yang mengalami korosi tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Mengingat HARGA PAGAR STAINLESS STEEL yang tergolong mahal, pastinya kalian tidak mau aksesoris tersebut rusak dalam jangka waktu singkat. Oleh karena , sebelum membahas cara merawat pagar stainless steel lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab kerusakannya di bawah ini.

  • Kelembapan udara dan oksigen.
  • Larutan garam.
  • Lapisan pada permukaan stainless steel tidak rata.
  • Adanya kontak pagar stainless steel dengan elektrolit.
  • Kondisi temperatur sekitar sangat tinggi.
  • Tingkat pH<7.
  • Karena efek dari galvanic coupling.
  • Hadirnya kolonial pada mikroba.

Cara Merawat Pagar Stainless Steel

Perlu diketahui, perawatan secara berkala ini bertujuan agar pagar stainless steel tetap terlihat mewah, elegan serta dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Daripada penasaran, berikut sudah kami rangkum beberapa cara merawat pagar stainless steel supaya terhindar dari karat maupun korosi.

1. Membersihkan Setiap Waktu

Membersihkan Setiap Waktu

Cara merawat pagar stainless steel pertama yaitu dengan membersihkannya setiap waktu. Pada dasarnya perawatan ini memang perlu dilakukan kepada setiap jenis pagar tanpa terkecuali. Semakin sering membersihkan pagar, maka akan semakin bagus pula. Setidaknya bersihkan pagar stainless steel setiap 2 minggu sekali.

2. Gunakan Air Asam

Gunakan Air Asam

Merawat pagar stainless steel memang membutuhkan trik tersendiri supaya hasilnya tidak hanya bersih saja, namun juga berkilau. Supaya pagar tetap berkilau, bersihkan pagar menggunakan air dengan pH asam, seperti cuka, air lemon, air jeruk nipis, sitrun dan lain sebagainya.

3. Hindari Memakai Sabun

Hindari Memakai Sabun

Mungkin sebagian besar dari kalian pernah membersihkan pagar stainless steel menggunakan sabun cuci piring ataupun deterjen pakaian. Memang benar jika noda di pagar akan cepat hilang serta terlihat bersih kembali. Akan tetapi jika terus-menerus menggunakan bahan-bahan tersebut, akibatnya pagar pun akan terlihat kusam.

4. Jaga Agar Pagar Tetap Kering

Jaga Agar Pagar Tetap Kering

Cara merawat pagar stainless steel selanjutnya yaitu menjaga agar kondisi pagar tersebut tetap berada dalam keadaan kering. Pasalnya, timbulnya noda biasanya disebabkan oleh pagar stainless steel dibiarkan dalam kondisi basah terlalu lama. Untuk mengantisipasi timbulnya noda air atau flek, ada baiknya jaga kondisi pagar stainless steel senantiasa dalam keadaan kering.

5. Pangkas Tanaman di Sekitar Pagar

Pangkas Tanaman di Sekitar Pagar

Menanam tumbuh-tumbuhan di halaman depan rumah mungkin mampu memberikan kesan cantik dan asri pada hunian. Hal ini sebenarnya sah-sah saja asalkan cabang-cabang tanaman tersebut tidak bersentuhan langsung dengan pagar stainless steel. Sebab, kontak cabang dengan daun tanaman bisa menimbulkan noda kecokelatan pada permukaan pagar yang susah untuk dihilangkan.

6. Segera Bilas Pagar Setelah Hujan

Segera Bilas Pagar Setelah Hujan

Setelah hujan, biasanya permukaan pagar stainless steel masih mengandung beberapa butiran air hujan. Usahakan jangan biarkan terlalu lama dan segera bilas permukaan pagar tersebut menggunakan air, lalu keringkan mengunakan kain lap lembut.

7. Poles Secara Berkala

Poles Secara Berkala

Memoles secara berkala juga termasuk ke dalam cara merawat pagar stainless steel selanjutnya. Kalian bisa membeli bahan pemoles stainless steel di toko besi ataupun toko bangunan terdekat. Umumnya produk ini berbentuk krim atau cair. Tata cara penggunaannya yaitu cukup memoleskan bahan ke permukaan pagar stainless steel menggunakan kain lembut.

8. Mengecat Ulang Pagar Stainless Steel

Mengecat Ulang Pagar Stainless Steel Cara Merawat Pagar

Selain melakukan pemolesan secara berkala, kalian juga bisa melakukan pengecatan ulang sebagai salah satu upaya atau cara merawat pagar stainless steel. Kami sarankan untuk melakukan pengecatan ulang pagar stainless steel minimal 3 sampai 5 tahun sekali. Pengecatan tersebut akan membuat pagar lebih tahan lama serta awet.

9. Manfaatkan Bubuk Pumice

Manfaatkan Bubuk Pumice Cara Merawat Pagar

Meskipun pagar stainless steel terkenal sebagai material tahan karat, akan tetapi seiring berjalannya waktu lama kelamaan aksesoris eksterior tersebut bisa berkarat karena terus menerus terkena sinar matahari ataupun guyuran air hujan. Untuk mencegahnya, gunakanlah bubuk pumice untuk melindunginya dari karat.

Cara melakukannya yaitu campurkan bubuk pumice dengan air lalu langsung oleskan pada bagian pagar stainless steel yang mulai berkarat. Jika sudah, bilas dengan air dan lap menggunakan kain bersih.

Itulah sekiranya penjelasan Ahlikuli.com seputar tata cara merawat pagar stainless steel supaya tetap mengkilap serta tidak mudah kusam. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan panduan ketika hendak merawat pagar stainless steel di rumah.