60 Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter 2021 : Material & Tenaga

Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter – Pagar rumah merupakan salah satu bagian penting yang sering diaplikasikan oleh pemilik hunian. Tidak hanya berfungsi untuk menjaga dari berbagai mara bahaya saja, pagar rumah juga bisa dikreasikan sehingga mampu menambah nilai estetika sebuah hunian.

Pasalnya, desain pagar tembok yang senada dengan keseluruhan rumah akan terlihat lebih menarik, meskipun hanya memiliki satu tema saja. Maka dari itu, pembangunan pagar tembok kerap menjadi salah satu butiran penting bagi orang yang hendak membangun rumah ataupun merenovasi rumah.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pekerja borongan atau kontraktor yang menyediakan jasa pembuatan pagar tembok. Tentunya para kontraktor atau pemborong tersebut juga memiliki ketentuan terkait harga atau jasa pembuatan pagar tembok.

Jika diantara kalian berencana hendak membangun pagar tembok menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu besaran harga borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pagar tembok per meter perseginya.

Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter

Komponen Pembuatan Pagar Tembok

Sebelum membahas harga borongan pagar tembok per meter lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa komponen pembuatan konstruksi bangunan tersebut. Beberapa komponen pembuatan pagar tembok ini juga nantinya akan masuk ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya.

Pada dasarnya, kebutuhan beberapa komponen seperti bahan material ataupun pekerja bangunan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian kebutuhan komponen pembuatan pagar tembok.

Baca  √ Biaya Bangun Rumah Type 90 Terbaru & Terlengkap 2021

Bahan Material

Bahan Material

Seperti dijelaskan di atas, penggunaan bahan material pembuatan pagar tembok sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah, mulai dari bata merah, batako, beton dan lain sebagainya. Misalkan kalian ingin membuat pagar tembok bata merah, di bawah ini akan kami berikan rincian kebutuhan bahan materialnya.

  • Bata merah 5 cm x 11 cm x 22 cm.
  • Semen portland.
  • Pasir pasang.
  • Kapur padam.

Pekerja Bangunan

Pekerja Bangunan

Komponen selanjutnya yang tidak kalah pentingnya dengan bahan material bangunan yaitu pekerja bangunannya. Salah satu alasan mengapa sangat kami sarankan menggunakan pekerja borongan yaitu karena HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN lebih murah dibandingkan pekerja harian.

Di sisi lain, pemilihan tukang atau pekerja bangunan pembuatan pagar tembok juga sebenarnya bisa disesuaikan dengan skala pekerjaannya, entah itu skala kecil ataupun skala besar. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis pekerja pembuatan pagar tembok menurut SNI.

  • Tukang batu.
  • Pekerja.
  • Kepala tukang.
  • Mandor.

Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter

Daftar Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter

Perlu diketahui, sebenarnya besaran harga borongan pagar tembok per meter di setiap daerah bisa saja berbeda-beda. Biasanya perbedaan tarif tenaga borongan tersebut disebabkan karena beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, harga material, tingkat kesulitan atau kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Meskipun demikian, selisih perbedaan harga borongan di masing-masing wilayah tidak akan terlalu jauh. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan analisa harga borongan pagar tembok per meter menggunakan bata merah campuran 1 PC : 5 PS, mulai dari kebutuhan material hingga upah pekerja bangunannya .

NoUraianKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
ABahan Material
Bata merah 5 cm x 11 cm x 22 cm70.0000bhRp 1.500Rp 105.000
Semen portland9.6800kgRp 1.450Rp 14.036
Pasir pasang0.0450m3Rp 400.000Rp 18.000
Jumlah Harga BahanRp 137.036
BTenaga
Tukang batu0.3000OHRp 95.000Rp 28.500
Pekerja0.1000OHRp 100.000Rp 10.000
Kepala tukang0.0100OHRp 115.000Rp 1.150
Mandor0.0150OHRp 130.000Rp 1.950
Jumlah Tenaga KerjaRp 41.600
CJumlah (A + B)Rp 178.636
DOverhead & Profit% x C10Rp 17.863
ETotal Harga BoronganRp 196.499

Dari data analisa di atas, total harga borongan pagar tembok per meter perseginya yaitu kurang lebih sekitar Rp 190.000 hingga Rp 210.000. Perlu diingat, bahwa besaran harga borongan tersebut sudah termasuk material dan ongkos pekerja sehingga pemilik rumah tidak perlu repot-repot mempersiapkan bahan material bangunannya.

Baca  Harga Borongan Rumah Type 45 Minimalis Terbaru 2021

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Pagar Tembok

Setelah mengetahui besaran harga borongannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya yang diperlukan untuk membuat pagar tembok di rumah. Nah, berikut akan kami berikan tata cara menghitung biaya pembuatan pagar tembok menggunakan pekerja borongan plus material.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan 1

Pertama-tama, silahkan hitung terlebih dahulu volume atau luas bidang pekerjaan pagar temboknya. Misalkan kalian akan membuat pagar tembok sepanjang 10 meter serta tinggi 2.5 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang pagar tembok : 10 m.
  • Tinggi pagar tembok : 2.5 m.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x tinggi pagar.
  • Volume pekerjaan : 10 m x 2.5 m = 25 m2.

Biaya Pembuatan Pagar Tembok

Biaya Pembuatan Pagar Tembok

Langkah selanjutnya yaitu tinggal menghitung total biaya pembuatan pagar tembok bata menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan pagar tembok per meter perseginya.

  • Biaya pembuatan pagar tembok : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pembuatan pagar tembok : 25 m2 x Rp 200.000 = Rp 5.000.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat pagar tembok bata sepanjang 10 meter dan tinggi 2.5 meter mengunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 5.000.000. Saran kami sebaiknya mintalah menggunakan BATA MERAH BERKUALITAS meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.

Itulah sekiranya penjelasan dari Ahlikuli.com seputar daftar harga borongan pagar tembok per meter untuk semua jenis bahan materialnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan acuan ketika hendak menggunakan pekerja borongan dalam membuat pagar tembok rumah.