√ Biaya Bangun Rumah Type 120 Terbaru & Terlengkap 2020

Biaya Bangun Rumah Type 120 – Memiliiki rumah mewah memang menjadi impian bagi semua orang terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga atau untuk pasangan baru. Karena bagaimanapun juga rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi selain pakaian dan makanan.

Mewah pun tidak cukup apabila rumah yang kalian huni terasa tidak nyaman atau bahkan terasa membosankan karena desain atau model yang kurang menarik. Oleh sebab itu, dalam membangun rumah idaman diperlukan adanya perencanaan pembangunan dengan sangat matang sejak awal.

Salah satu jenis hunian yang tergolong dalam rumah mewah yaitu rumah type 120. Rumah tipe ini memiliki ukuran bangunan seluas 120 meter persegi yang mana ukuran tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan RUMAH TYPE 36 ataupun rumah type 54.

Mengingat ukurannya yang luas tersebut, apabila kalian ingin membangun rumah tipe ini sebaiknya buatlah Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan matang untuk menghindari pembengkakan atau kelebihan dana. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap estimasi biaya bangun rumah type 120.

Biaya Bangun Rumah Type 120 Terbaru & Terlengkap

Biaya Bangun Rumah Type 120

Pengertian Rumah Type 120

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumah ini memiliki ukuran bangunan seluas 120 meter persegi. Biasanya penulisan rumah tipe ini ditulis dengan rumah type 120/150, yang mana hal ini dapat diartikan bahwa rumah tersebut memiliki luas bangunan sebesar 120 meter persegi yang dibangun di atas lahan seluas 150 meter persegi.

Dari semua tipe-tipe rumah yang ada, rumah type 120 ini menjadi salah satu jenis hunian yang paling lega. Karena rumah ini dapat memberikan keleluasaan kepada penghuninya dengan banyaknya ruangan yang bisa memenuhi kebutuhan sebuah keluarga akan hunian yang luas serta nyaman.

Spesifikasi Rumah Type 120

Spesifikasi Rumah Type 120

Dengan luas bangunan yang mencapai 120 meter persegi, dimensi rumah tipe ini dapat bervariasi mulai dari 8 x 15 meter persegi atau 10 x 12 meter persegi. Pada dasarnya rumah type 120 ini dibangun menjadi 2 lantai yang dapat berisikan 4 sampai 5 kamar tidur, 1 dapur, 1 ruang makan, teras belakang dan garasi yang cukup luas.

Hunian ini juga biasanya diperuntukkan untuk masyarakat kelas menengah ke atas karena rumah tipe ini sudah dapat diklasifikasikan ke dalam rumah yang mewah. Oleh karena itu, mengingat ukurannya yang besar tersebut untuk biaya bangun rumah type 120 ini juga dapat dikatakan jauh dari kata sedikit.

Denah Rumah Type 120

Denah Rumah

Biaya Bangun Rumah Type 120

RAB Rumah Type 120

Dengan melakukan perhitungan biaya bangun rumah type 120 sendiri, kalian bisa mempersiapkan dana sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kalian siapkan ketika hendak menghitung estimasi biaya pembangunan rumah type 120.

1. Biaya Tanah atau Lahan

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu menghitung biaya untuk pembelian tanah atau lahan. Saran kami, carilah lahan yang memiliki akses lokasi mudah serta letak yang strategis meskipun harganya akan sedikit lebih tinggi.

Untuk harga tanah saat ini kami asumsikan sekitar Rp 2.500.000 per meter persegi. Jadi, untuk biaya luas lahan yang perlu kalian pesiapkan adalah Rp 2.500.000 x 150 = Rp 375.000.000.

2. Biaya Jasa Arsitek

Agar mendapatkan hasil rumah yang menarik, dalam menggambar desain rumah tidak boleh asal-asalan. Karena desain rumah yang dibuat secara sembarangan dapat menyebabkan kesalahan pada konstruksi bangunan, seperti rumah roboh atau tidak tahan lama.

Oleh sebab itu, gunakanlah jasa arsitek yang profesional dan sudah berpengalaman. Dengan menggunakan jasa arsitek, bangunan dijamin akan lebih awet, kuat, aman serta memiliki nilai estetika dan fungsi yang sudah diperhitungkan dengan baik.

Untuk harga jasa arsitek sendiri biasanya dihitung berdasarkan per meter persegi bangunan atau ada juga yang diambil dari presentase rencana anggaran biaya bangun rumah type 120. Umumnya harga jasa arsitek per meter perseginya yaitu berkisar antara Rp 200.000 sampai dengan Rp 500.000.000. Sementara dari harga yang menggunakan presentase RAB yaitu antara 5% hingga 7%.

3. Biaya Bahan Bangunan

Untuk biaya bahan bangunan ini sebenarnya dapat kalian serahkan kepada kontraktor atau pemborong. Meskipun demikian, kalian juga harus mempunyai perhitungan sendiri. Saran kami, lakukanlah riset ke beberapa toko bangunan untuk mendapatkan harga material bahan bangunan yang kompetitif.

4. Ongkos Tukang

Tentunya ongkos atau upah untuk pekerja akan berbeda-beda pada daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Sebaiknya gunakan jasa tukang dengan sistem borongan, karena sistem ini dinilai lebih murah dibandingkan dengan sistem harian. Perlu kalian ketahui, ongkos tukang bangunan ini bersifat sangat relatif yang mana akan disesuaikan dengan kompleksitas dan jenis material bahan bangunan yang digunakan.

Harga borongan untuk rumah type 120 ini biasanya berada di kisaran Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 5.000.000 per meter perseginya. Jadi, jika ongkos borongan dipatok dengan harga Rp 4.000.000 maka biaya yang harus kalian persiapkan untuk jasa pemborong yaitu Rp 4.000.000 x 120 = Rp 480.000.000.

5. Biaya Tak Terduga

Kalian juga tidak boleh melupakan untuk mempersiapkan biaya lainnya yang sifatnya mendadak atau tak terduga. Sebagi contoh biaya untuk pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), biaya pembersihan puing-puing yang tersisa ataupun biaya pemasangan elektronik. Kalian bisa mempersiapkan biaya tak terduga sebesar 10% dari total anggaran biaya pembangunan rumah type 120.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, spesifikasi dan denah rumah serta estimasi biaya bangun rumah type 120 yang dapat ahlikuli.com sampaikan. Sebenarnya untuk menghitung anggaran biaya pembangunan rumah tidaklah sulit selama kalian masih memiliki pemahaman dan data-data pendukung yang lengkap.