18 Cara Mengatasi Dak Bocor & Penyebab Dijamin Berhasil 100%

Cara Mengatasi Dak Bocor – Banyak orang bingung ketika mengalami rembesan atau bocor pada dak rumah, pasalnya akan susah untuk mengatasi permasalahan seperti tersebut dikarenakan tidak tahu bagian mana yang mengalami kebocoran. Jika seperti demikian apakah ada solusi untuk mengatasinya ? Tentu saja ada, kalian semua tenang saja/

Karena pada kesempatan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semua cara mengatasi dak bocor paling ampuh dan terbukti berhasil 100%. Namun sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu kami sampaikan, perihal permasalahan seperti ini tentu terdapat penyebabnya dan kalian harus cari tahu terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mencari bagian mana yang bocor.

Seperti diketahui bahwa dak cor memang menjadi solusi paling tepat bagi kebanyakan orang, akan tetapi semua itu tetap terdapat kelebihan dan kekurangan masing masing. Salah satu kekurangannya yaitu ketika terdapat bocor maka akan sulit mencari bagian mana yang bocor, karena itulah sebelum melakukan dak cor wajib menggunakan cor dengan kualitas terbaik agar tidak ada pori pori yang menyebabkan rembesan nantinya.

Lalu bagaimana jika hal tersebut sudah terjadi ? Langkah apa yang harus dilakukan agar dak tidak bocor lagi, mengenai perihal seperti tersebut pada kesempatan sangat baik ini akan kami informasikan cara mengatasi kepada kalian semua. Maka dari itu kami sarankan kepada kalian semua agar simak terus artikel ini sampai selesai, sehingga tidak menemui kesulitan nantinya.

Cara Mengatasi Dak Bocor

Sampai disini pastinya banyak orang semakin penasaran dengan cara mengatasi seperti apa ? Lalu apa saja penyebab dak bocor. Perihal itu semua, kali ini Ahlikuli.com telah mempersiapkan secara jelas dan detail, baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan mengenai cara mengatasi dak bocor seperti dibawah ini.

Baca  5 Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter 2022

Penyebab Dak Bocor

Diatas sudah kami sampaikan bahwa permasalahan seperti ini sudah pasti terdapat sumber masalahnya, berikut kami informasikan beberapa penyebab sering terjadi dan lebih jelasnya simak sebagai berikut.

1. Kualitas Cor Tidak Bagus

Penyebab pertama dikarenakan kualitas dari cor tersebut tidak bagus dan jika dibiarkan dak akan retak serta pecah, namun awalan yang terjadi biasanya terjadi kebocoran. Apabila hal ini kalian biarkan saja maka berakibat fatal, sangat disarankan untuk segera diperbaiki.

2. Terdapat Retakan

Kemudian disebabkan karena terdapat retakan pada salah satu struktur bangunan, jika itu terjadi secara pasti dak akan terkena dampak. Biasanya awalan hanya retakan seperti sehelai rambut, namun itu bisa dilalui air sehingga terjadi kebocoran pada dak.

3. Terdapat Pori Pori Cor

Dikarenakan kualitas cor tidak bagus bisa menyebabkan pori pori pada dak, apabila hal tersebut tetap dibiarkan akan menyebabkan kebocoran. Hal ini memang sangat wajar sekali, terlebih jika pengecoran dak secara manual dan dilakukan tidak teliti.

4. Dak Terlalu Tipis

Terakhir dikarenakan dak terlalu tipis yang menyebabkan kualitas dak tidak bagus, terkadang dak yang tebal juga bisa seperti demikian. Jika sudah seperti demikian, silahkan lakukan beberapa hal agar dak tidak bocor lagi.

Cara Mengatasi Dak Bocor

Kemudian berlanjut cara mengatasi dak bocor, sampai disini pastinya banyak orang bertanya tanya bagaimana cara mengatasinya ? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, silahkan simak langsung ulasan sebagai berikut.

  1. Langkah pertama harus kalian lakukan ialah mencari titik bocor pada dak, untuk mengetahui dimana terdapat kebocoran memang sangat susah. Saran kami agar melakukan pengecekan jangan sendirian, silahkan cari teman untuk sama sama mencarinya.
  2. Untuk memudahkan dalam pencarian kalian bisa mengambil kesimpulan dari beberapa penyebab seperti diatas, dengan demikian akan lebih mudah dalam mencarinya.
  3. Ketika titik bocor sudah kalian temukan dan diyakini memang pada lokasi tersebut, maka langkah berikutnya tinggal lakukan penambalan.
  4. Sebelumnya tunggu sampai permukaan kering terlebih dahulu, setelah itu dibersihkan terlebih dahulu menggunakan amplas kasar agar lebih mudah.
  5. Ketika kebocaran yang terjadi memanjang, sebaiknya di pahat dengan kedalam seikitar 1 atau 2 cm.
  6. Setelah semua sudah bersih dan di pahat maka langkah berikutnya tinggal di lapisi dengan cairan penambal seperti cairan aspal atau sejenisnya.
  7. Tunggu sampai cairan tersebut sampai benar benar kering, lalu dibersihkan.
  8. Ketika sudah bersih dan kering silahkan lapisi dengan waterprofing pada permukaan dak tersebut agar lebih aman.
  9. Silahkan lakukan hal tersebut pada bagian atas serta bagian bawah untuk menjamin agar dak tidak bocor lagi nantinya.
Baca  14 Cara Mengatasi Genteng Bocor Saat Musim Penghujan

Tips Agar Dak Tidak Bocor

Sebagai informasi tambahan buat kalian semua akan kami informasikan beberapa tips agar dak tidak bocor. Untuk mengetahui lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

  • Sebelum melakukan pengecoran pastikan struk sesuai dengan perhitungan.
  • Pastikan kualitas pengecoran standar dak minimal k 225.
  • Setelah proses pengecoran dak selesai, rendam dengan air kurang lebih selama 1 minggu.
  • Bersihkan kotoran diatas dak, sehingga kualitas dak tetap terjaga.
  • Jika terjadi keretakan sedikit langsung saja tambal dengan semen atau lapisan aspal dan sejenisnya.
  • Buat kemiringan pada dak cor agar air bisa berjalan ke pembuangan sudah disediakan.

Kesimpulan

Setelah melihat pembahasan diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi yang sudah kami sampaikan seperti diatas, maka dapat menarik kesimpulan bahwa permasalahan seperti tersebut memang bisa diatasi dengan mudah. Jadi intinya ketahui dahulu penyebabnya karena apa, maka lebih mudah cara titik bocornya dimana.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi dak bocor dapat Ahlikuli.com sampaikan kepada anda semua. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.