45 Harga Dak Beton Per M2 2020 : Jenis & Cara Menghitung

Harga Dak Beton Per M2 – Bagi kalian yang mungkin memiliki rencana untuk membangun rumah 2 tingkat atau merenovasi rumah kalian menjadi 2 tingkat kalian sudah pasti membutuhkan dak beton nantinya. Nah disini kami akan memberikan informasi mengenai harga dak beton per m2 lengkap dengan tata cara penghitungannya.

Dak beton sendiri merupakan komponen konstruksi atau panel lantai yang dibuat dari beton dan digunakan untuk pembelah bangunan bertingkat. Dak jenis ini juga dapat digunakan sebagai dak lanyai serta atap dak beton. Dak beton juga memiliki nama lain yakni Panel Beton.

Dalam hal konstruksi bangunan khususnya dak beton, kita mungkin lebih familier dengan dak cor beton. Dimana dak cor beton konvensional memang kerap kita temui di pembangunan-pembangunan pada umumnya. Terlebih di desa yang belum banyak menggunakan beton ready mix atau jaya mix yang lebih simpel dan mudah.

Selain itu kelebihan dan keunggulan dak beton memang menjadikan metode ini banyak dipilih oleh masyarakat saat ini karena dinilai lebih memangkas budget. Nah lalu berapa harga dak beton per m2? Lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak pembahasan yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Dak Beton Per M2 : Jenis & Cara Menghitung

Harga Dak Beton Per M2

Jenis Dak Beton

Sebelum kita ke pembahasan utama, kami akan memberikan informasi penting mengenai jenis-jenis dak beton. Dak beton ini memiliki 3 jenis, yakni Panel dak beton, dak beton konvensional dan dak beton dengan floor dek. Lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini mengenai 3 jenis dak beton:

Panel Dak Beton

Panel lantai merupakan salah satui bahan alternatif yang belum hadir di dunia konstruksi bangunan dan di pasaran. Bahan baku panel dak beton ini sudah pasti berasal dari beton ringan aerasi yang umum digunakan untuk bata ringan. Kelebihan panel dak beton ini adalah menghilangkan kebutuhan bekisting dan mengurangi jumlah penggunaan semen besi.

Dak Beton Konvensional

Selanjutnya ada dak beton konvensional. Dak beton ini menjadi standar dalam pembangunan sebuah rumah. Dimana dak ini dibuat dengan cara konvensional dengan campuran semen, kerikil, pasir dan tulangan besi beton yang telah dirangkai.

Dak Beton dengan Floor Dek

Dan yang terakhir adalah dak beton dengan floor dek atau dikenal dengan nama bondek. Bondek sendiri biasanya terbuat dari besi dengan tebal mencapai 0.6 mm sampai 1.1 mm dengan lebar 80 cm sampai 100 cm. Keunggulan penggunaan jenis dak beton ini adalah hemat material, namun kekurangannya adalah dimana harga yang masih sangat mahal.

Karakteristik Dak Beton yang Baik

Pada saat membangun panel beton dirumah, karakter dak beton yang harus dimiliki adalah sebagai berikut:

Kokoh

Beton yang sempurna adala hbeton yang dibangun dengan proses pengecoran yang lama namun tetap menghasilkan beton yang solid dan kokoh sehingga dapat menopang berat bangunan bertingkat.

Tepat Waktu

Dalam hal pengecoran dak beton juga diperlukan kalkulasi waktu pengerjaan yang tepat. Jangan terlalu lama dan harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Pastikan juga untuk melakukan pengecoran ketika cuaca sedang terang.

Hasil Merata

Pengerjaan pembangunan dak beton juga harus menghasilkan hasil yang merata dan halus agar terlihat seimbang menurut fungsi dan nilai estetika sebuah rumah.

Murah Meriah

Memilih untuk meningkatkan pembangunan rumah dengan menggunakan panel beton adalah pilihan yang aman dan ekonomis dari segi harga.

Cara Menghitung Dak Cor Beton

Apabila kalian akan melakukan pemesanan bahan, maka perhitungan biaya untuk pengecoran dak per meter sudah pasti harus diperhatikan. Nah salah satu cara yang paling mudah kita dapat mengambil contoh jika panjang dak beton 10 m dan lebar 16 m. Jika menggunakan triplek maka ketebalan yang harus digunakan adalah 0.2 m, maka volume plat lantai adalah 10 m x 16 m x 0.2 m = 19.2 m3.

Untuk keamanan, maka kita buat menjadi 2.5 % x 9.2 m3 = 0.48 m3. Hal ini dimaksudkan hanya sebagai sebuah cadangan saja ketika terjadi kerusakan karena adanya kejadian yang tak terduga seperti tumpah, bocor, bekisting, salah hitung dan lain sebagainya. Jadi voluem beton yang diperlukan adalah 19.68 m3 kita bulatkan saja menjadi 20 m3.

Jika truk mixer mampu mengangkut sekitar 7 m3, maka disini kita harus memesan 20 m3 : 7 m3 = 3 truk. Dengan rincian 2 truk mengangkut 7 m3 dan 1 truk berisi 6 m3. Dan jika harga setiap kubiknya adalah Rp 790.000 maka kalian dapat menghitung Rp 790.000 x 20 m3 = Rp 15.800.000. Harga tersebut juga belum termasuk dengan biaya tukang dan peralatan lainnya. Perlu kalian ketahui juga bahwa biaya cor dak juga tergantung dari jenis beton atau bahan yang digunakan.

Harga Dak Beton

Harga Cor Konstruksi Beton Per m2

Mutu/Harga

Ongkos Tukang/m2Biaya Bekisting & Besi/m2

Total Biaya/m2

Cor Konstruksi Beton K 225Rp 250.000Rp 418.000Rp 748.000
Cor Konstruksi Beton K 250Rp 250.000Rp 418.000Rp 749.000
Cor Konstruksi Beton K 275Rp 250.000Rp 418.000Rp 751.000
Cor Konstruksi Beton K 300Rp 250.000Rp 418.000Rp 753.000

Harga Cor Konstruksi Beton Per m3

Mutu/Kelas

Slump

Harga/m3

Cor Konstruksi Beton K 22512 ± 2 cmRp 800.000
Cor Konstruksi Beton K 25012 ± 2 cmRp 820.000
Cor Konstruksi Beton K 27012 ± 2 cmRp 840.000
Cor Konstruksi Beton K 30012 ± 2 cmRp 860.000

Kelebihan Dak Beton

Ekonomis

Membangun rumah dengan menggunakan panel beton termasuk porses renovasi rumah yuang cukup murah karena kita sudah tidak membutuhkan lagi bahan-bahan seperti kayu dan juga metal. Harga proses pengecoran beton untuk rumah tingkat ini hanya berkisar Rp 700 ribu sampai Rp 800 ribu.

Dapat Dijadikan Sebagai Panel Lantai Mezzanine

Disamping dapat dijadikan opsi ketika membangun rumah dengan 2 lantai, dak jenis ini juda dapat digunakan untuk membelah ruang rumah layaknya desain rumah mezzanine. Dengan melakuk sekat ruangan menggunakan cor beton, kalian tidak perlu lagi membongkar atap rumah dan merenovasi rumah secara keseluruhan.

Kuat dan Tahan Lama

Untuk soal kokoh, kuat dan tahan lama mungkin sudah tidak bisa dipungkiri lagi karena bahan-bahan yang digunakan juga memiliki sifat yang sangat baik. Dak beton tahan terhadap cuaca dan juga suhu yang ekstrim atau terpaan angin puting beliung.

Mudah Dibersihkan

Kelebihan yang selanjutnya adalah mudah dibersihkan. Jadi kita hanya perlu menggunakan sapu untuk membersihkan beton tersebut atau menggunakan kain pel.

Kekurangan Dak Beton

Proses Pembangunan Cukup Lama

Proses pengecoran dak beton ini memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan dapat sampai 28 hari hingga beton benar-benar maksimal. Bagi kalian yang ingin prosesnya mudah kalian dapat memilih beton readi mix.

Tidak Mudah Dibongkar

Karena memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh, dak beton juga akan sangat sulit dibongkar. Proses pembongkaran juga harus memerlukan alat dan sudah pasti akan memakan waktu yang lama.

Sangat Mudah Mengalami Kebocoran

Walaupun memiliki sifat kokoh, kuat dan tahan lama, beton ini sangat rentan mengalami kebocoran. Masalah yang kerap ditemui adalah sering terjadi rembesan air, kalian dapat mengatasinya dengan menggunakan cat pelapis yang berbahan waterproof untuk mendapatkan hasil bangunan dak beton yang anti bocor.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga dak beton per m2 dan per m3. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai upah tukang bangunan yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)