5 Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC & Biaya Pasang

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC – Proses finishing dalam pembangunan rumah memang membutuhkan biaya cukup banyak, salah satunya pada bagian atas yakni plafon dimana berfungsi untuk menutup rangka atap sehingga tampilan akan lebih rapi nan indah. Terdapat banyak pilihan bisa kalian pilih untuk menutup rangka atap dan salah satunya bisa menggunakan bahan PVC, bahan tersebut memang terbukti akan kualitasnya.

Merupakan kepanjangan dari Polivinil Klorida PVC menjadi salah satu jenis plafon paling banyak diminati oleh banyak orang, tak heran jika beberapa bangunan seperti gedung, toko, kantor semuanya menggunakan jenis tersebut. Ada banyak kelebihan bisa kalian dapatkan dengan menggunakan plafon PVC seperti tampilan keren, desain banyak, pemasangan mudah dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk harga plafon PVC memang dibanderol dengan harga cukup bervarian tergantung dari jenis dan ukuran, pada pembahasan sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua jadi disini tidak perlu untuk dibahas lagi. Karena kali ini akan informasikan cara menghitung kebutuhan plafon PVC serta biaya harga borongan pemasangan plafon PVC kepada semua sedang membutuhkan.

Perlu diketahui jika plafon berbahan PVC ada banyak keunggulannya yakni memiliki sifat lentur serta ringan, tidak bisa dimakan rayap dan masih banyak lagi lainnya yang jelas tidak bisa kami sebutkan satu per satu disini. Jika ada niatan untuk menggunakan plafon PBC alangkah baiknya untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan, sehingga kalian bisa membeli bahan sesuai dengan ukuran yang akan dipasangkan.

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC

Sampai disini pastinya banyak orang semakin penasaran dengan cara menghitung seperti apa dan berapa biaya upah pasang palfon PVC, untuk menjawab rasa penasaran kalian semua akan kita bahas pada artikel kali ini. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com mengenai cara menghitung kebutuhan plafon PVC seperti dibawah ini.

Baca  Cara Menghitung Anak Tangga Semua Model & Kemiringan

Fungsi Plafon PVC

Dari awal pembahasan memang sempat kami sampaikan kepada semua jika fungsi utama dari plafon untuk menutup rangka atap serta mempercantik tampilan indor rumah, sampai saat ini ada banyak jenis bisa digunakan salah satunya adalah PVC.

Bahan satu ini memang memiliki kualitas sangat bagus dan cocol untuk hunian kalian karena terdapat macam desain bisa digunakan mulai dari yang biasa hingga paling luar biasa. Tinggal pilih saja sesuai dengan kemampuan, karena semakin bagus plafon dipilih maka semakin mahal harganya.

Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC

Kemudian lanjut ke pembahasan utama yaitu cara menghitung kebutuhan plafon PVC, adapun cara menghitungnya memang sangat mudah sekali. Langkah awal harus kalian lakukan wajib untuk mengetahui ukuran kebutuhan luas bangunan yang akan di pasangi plafon, dengan mengetahui luas volume bangunan maka lebih mudah menghitung kebutuhan.

Contoh 1 : Diketahui luas bangunan yakni panjang 3 meter dan luas 4 meter, maka luas keseluruhan ialah 3 m + 4 m + 3 m + 4 m = 14 m2. Sedangkan ukuran dari sebuah plafon pada umumnya ialah 4 m x 20 cm, jadi untuk menghitung kebutuhan nya yakni 300 cm : 20 cm 15 lembar karena ukuran panjang 4 meter.

Contoh 2 : Diketahui luas bangunan yakni panjang 6 meter dan luas 8 meter, maka luas keseluruhan ialah 6 m + 8 m 6 m + 8 m = 28 m2. Sedangkan ukuran dari sebuah plafon pada umumnya ialah 4 m x 20 cm, jadi untuk menghitung kebutuhan nya yakni 600 cm : 20 cm 30 x 2 = 60 lembar karena ukuran panjang 4 meter.

Seperti itulah perhitungan sederhana dapat kami sampaikan kepada kalian semua, sampai disini apakah sudah paham dan jelas ? Jika kurang jelas bisa tanyakan langsung ke ahlinya, nantinya akan dikasih tahu caranya seperti apa secara jelas dan detail.

Bahkan kalian bisa diberikan rekomendasi toko atau merk plafon PVC terbaik, karena sudah menanyakan kepada yang ahlinya. Selain itu bisa tanyakan juga upah umum borongan pemasangan PVC , jadi dapat menghitung juga budget yang harus dipersiapkan.

Baca  Perbedaan Besi Bekas dan Besi Baru Wajib Kalian Ketahui !!

Harga Plafon PVC

Sebagai informasi tambahan buat semua, pada pertemuan sangat baik ini akan kami informasikan kepada kalian semua mengenai harga plafon sudah tersedia saat ini. Namun pada tabel harga kali ini bukan sebagai acuan karena setiap daerah pasti memiliki harga berbeda beda, agar lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

Jeinis Plafon PVCUkuranHarga Per Meter
Papan Pvc Doff White8 mm x 20 cmRp. 23.000
Papan Pvc Drain Gloss Brown Wood Grain8 mm x 20 cmRp. 24.000
Papan Pvc Gloss White Bubble8 mm x 20 cmRp. 29.000
Papan Pvc Gloss Brown Leaf8 mm x 20 cmRp. 29.000
Papan Pvc Plafon Khusus8 mm x 20 cmRp. 25.000
Papan Pvc High Quality8 mm x 20 cmRp. 65.000
Papan Pvc Gloss White8 mm x 20 cmRp. 23.000
Papan PvcTebal  6 mmRp. 16.500
Papan PvcTebal  8 mmRp. 17.500
Papan Pvc Indah PlafonRp. 12.000
Papan Pvc ShundaRp. 20.000

Biaya Pasang Plafon PVC

Kemudian berlanjut ke pembahasan berikutnya yaitu biaya pasang plafon PVC borongan, karena hampir setiap jasa pemasangan lebih memilih borongan bila dibandingkan dengan harian. Pada umumnya jasa pemasangan plafon PVC menetapkan harga per m2 sebesar Rp 45.000.

Apabila luas bangunan atau langit langit akan kalian pasangi plafon PVC seluas 20 m2 maka budget harus disediakan sebesar Rp 900.000, nominal tersebut merupakan hitungan dari Rp 45.000 x 20 = 900.000, sampai disini apakah kalian sudah paham dan jelas ?

Sedangkan biaya pembelian material sendiri cukup banyak, karena ada beberapa serta harus dibeli seperti list plafon, besi hollow dan jika dihitung hitung sebesar 1,2 juta rupiah dan ini belum termasuk ongkos pemasangan.

Kalian tinggal hitung sendiri berapa besar budget dibutuhkan, silahkan sesuaikan saja dengan ukuran langit langit yang akan kalian pasangkan di rumah dan diatas kami sudah informasikan bagaimana cara menghitung kebutuhan plafon PVC.

Kesimpulan

Setelah mengetahui informasi lengkap telah kami sampaikan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan dengan mengetahui cara menghitung kebutuhan plafon PVC maka lebih memudahkan dalam menghitung. Bahkan dapat mengetahui budget yang harus disediakan, adapun dalam menghitungya wajib ketahui ukuran dari plafon yang akan digunakan sehingga nantinya perhitungan kalian tidak meleset entah itu kelebihan atau kurang.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan plafon PVC disertai dengan manfaat, jenis dan harga borongan pasang plafon PVC dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.