√ Biaya Bangun Rumah Type 90 Terbaru & Terlengkap 2020

Biaya Bangun Rumah Type 90 – Untuk mewujudkan rumah impian memang membutuhkan anggaran biaya pembangunan yang cukup besar. Terlebih lagi harga properti seperti sekarang ini yang terus melambung tinggi sehingga menjadi salah satu faktor kendala ketika hendak membangun hunian.

Selain itu, faktor biaya material bahan bangunan dan ongkos tukang bangunan juga kerap menjadi persoalan pada saat merencanakan pembangunan rumah. Oleh karena itu, untuk menghindari kelebihan atau pembengkakan dana kalian harus membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) sejak awal.

Salah satu jenis rumah yang diidam-idamkan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang sudah berkeluaraga atau sudah menikah yaitu rumah type 90. Rumah tipe ini merupakan jenis hunian yang dapat dikatakan mewah karena memiliki ukuran yang cukup besar serta biasanya memiliki desain dan konsep yang menarik.

Nah, bagi kalian yang berminat untuk membangun rumah tipe ini, sebaiknya kalian menghitung dan memperkirakan biaya bangun rumah type 90 dengan matang sejak awal. Berikut ini akan kami jelaskan pengertian, spesifikasi dan denah rumah type 90 beserta estimasi biaya untuk pembangunannya.

Biaya Bangun Rumah Type 90 Terbaru & Terlengkap

Biaya Bangun Rumah Type 90

Pengertian Rumah Type 90

Sesuai dengan namanya, rumah type 90 merupakan sebuah hunian yang memiliki luas bangunan sebesar 90 meter persegi. Biasanya rumah tipe ini memiliki ukuran lahan yang bervariatif, seperti 120 meter persegi sampai 150 meter persegi.

Umumnya penulisan rumah ini ditulis dengan 90/150, di mana di dalam penulisan tersebut merupakan penunjuk luas bangunan dan luas lahan. Jadi dapat diartikan bahwa rumah type 90/150 ini memiliki ukuran bangunan 90 meter persegi yang dibangun di atas tanah seluas 150 meter persegi.

Dengan ukuran yang terbilang luas tersebut membuat rumah type 90 ini memiliki harga yang lebih tinggi dari rumah type 70 ataupun RUMAH TYPE 54. Rumah ini juga biasanya dibangun dengan 2 lantai agar dapat memaksimalkan luas lahan.

Spesifikasi Rumah Type 90

Spesifikasi Rumah Type 90

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumah ini memiliki ukuran bangunan seluas 90 meter yang dapat berisikan 4 kamar tidur hingga 5 kamar tidur. Meskipun rumah ini memiliki ukuran yang luas, kami sarankan untuk merancangnya hanya dengan 4 kamar saja.

Hal itu bertujuan agar nantinya ukuran masing-masing kamar tidur akan terasa lebih besar sehingga lebih nyaman untuk dihuni. Selain itu jika kalian membangunnya menjadi 2 lantai, lantai atas dapat kalian isi dengan dua kamar tidur serta ruangan berkumpul untuk keluarga.

Denah Rumah Type 90

Denah Rumah

Biaya Bangun Rumah Type 90

RAB Rumah Type 90

Ada beberapa aspek penting yang harus kalian perhatikan ketika sedang menghitung biaya bangun rumah type 90 ini. Poin-poin penting tersebut yaitu meliputi biaya untuk pembelian lahan, biaya ongkos pekerja dan biaya material bahan bangunan atau biaya untuk jasa arsitek. Berikut akan kami jelaskan beberapa biaya yang harus kalian pertimbangkan dalam membangun rumah type 90.

Biaya untuk Lahan atau Tanah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rumah ini memiliki ukuran lahan ideal seluas 120 atau 150 meter persegi. Agar kalian dapat menghitung berapa besar biaya untuk pembelian lahan atau tanah tersebut, kalian bisa melakukan survei harga tanah di sekitar daerah lahan yang akan kalian beli.

Misalkan harga tanah saat ini adalah Rp 2.500.00 per meter perseginya, maka biaya yang harus kalian keluarkan untuk membeli tanah seluas 150 m2 adalah seperti berikut ini.

  • Luas Lahan atau Tanah x Harga Tanah Per m2 = 150 x Rp 2.500.000

Jadi total biaya untuk pembelian tanah yang harus kalian persiapkan yaitu sebesar Rp 375.000.000. Saran kami, carilah tanah yang strategis dengan akses lokasi yang mudah. Namun dengan letak tanah yang strategis, tentunya akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan oleh penjual.

Biaya untuk Pembangunan Rumah

Salah satu cara yang dapat kalian lakukan dalam menghitung estimasi biaya pembangunan rumah type 90 yaitu dengan menentukan jasa pembangunannya. Perlu kalian ketahui, menggunakan sistem borongan dalam membangun rumah akan sedikit lebih murah dibandingkan dengan sistem harian.

Untuk ongkos atau upah pekerja borongan sendiri biasanya berbeda-beda di setiap wilayah. Namun, untuk biaya bangun rumah type 90 ini umumnya kontraktor atau pemborong mematok harga sekitar Rp 2.500.000 sampai dengan Rp 5.000.000 per meternya. Jadi, dengan asumsi harga per meternya adalah Rp 4.000.000, maka biaya untuk pembangunan rumah type 90 adalah Rp 4.000.000 x 90 = Rp 360.000.000.

Sebaiknya gunakanlah jasa kontraktor atau pemborong yang sudah berpengalaman dan dapat dipercaya. Hal itu bertujuan agar nantinya pembangunan rumah dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Biaya untuk Jasa Arsitek

Apabila kalian ingin mendapatkan desain dan konsep rumah yang menarik, sebaiknya gunakan jasa arsitek yang sudah profesional. Dengan menggunakan jasa arsitek, kalian juga harus mengerti perhitungan tarif atau upah jasa arsitek.

Biasanya, tarif untuk jasa arsitek ini sudah ditentukan oleh IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) yaitu sebesar 8% dari total biaya pembangunan rumah. Namun, terdapat juga jasa arsitek yang dihitung berdasarkan per meter, yaitu sekitar Rp 100.000 sampai dengan Rp 1.000.000 per meternya.

Biaya Lain-Lain

Dalam membangun rumah impian, kalian juga tidak boleh melupakan biaya lain-lain. Biaya ini bersifat tak terduga atau mendadak yang biasanya akan muncul pada saat proses pembangunan sedang berlangsung seperti harga material bahan bangunan yang naik ataupun sejenisnya. Masukkan pula biaya ini pada RAB sebesar 10% dari total biaya bangun rumah type 90.

Itulah informasi yang dapat ahlikuli.com sampaikan mengenai pengertian dan spesifikasi serta biaya bangun rumah type 90. Semoga informasi di atas dapat kalian jadikan gambaran ketika hendak membangun rumah type 90.