12 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Paling Ampuh 2020

Cara Menghilangkan Karat pada Besi – Hampir setiap furniture dengan bahan besi pasti akan berkarat jika digunakan dalam kurun waktu yang lama. Hal ini tentunya akan sangat mengurangi tampilan dari furniture tersebut bukan? Mau tidak mau kita harus segera menghilangkannya.

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan karat pada besi tersebut. Untuk bahan-bahanya sendiri juga cukup mudah didapatkan, seperti garam, soda, asam sitrat, cuka dan masih banyak lagi bahan lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat besi.

Karat ataupun noda membandel yang ada pada sebuah furnitur rumah dapat dihilangkan dengan mudah. Untuk cara membersihkannya juga tidak sembarangan agar hasilnya maksimal. Cara menghilangkan karat pada besi paling maksimal adalah dengan menggunakan campuran soda kue, garam dan juga air jeruk.

Campuran tersebut dikenal ampuh untuk menghilangkan karat pada besi. Selain itu untuk hasil lebih maksimal lagi, kalian dapat mengampelas bagian yang berkarat terlebih dahulu sebelum dibersihkan dengan menggunakan campuran soda kue, garam dan air jeruk tersebut.

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Karat pada furnitur yang tidak dibersihkan tentu akan menjadikan furnitur tersebut cepat rusak. Maka dari itu kalian harus segera menghilangkan karat tersebut dengan beberapa metode yang telah ahlikuli.com siapkan di bawah ini.

Metode Menghilangkan Karat pada Besi

1. Cuka

Cuka

Cara paling sederhana untuk menghilangkan karat pada besi adalah dengan menggunakan cuka. Bahan dapur yang satu ini cukup ampuh digunakan, kalian hanya perlu menuangkan cuka pada besi yang berkarat dan kemudian gosok dengan menggunakan spon atau sikat kasar.

2. Campuran Soda Kue, Garam dan Air Jeruk

Campuran Soda Kue Garam dan Air Jeruk

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan campuran antara soda kue, garam dan juga air jeruk. Kalian hanya perlu mencampur ketiga bahan tersebut dan aduk hingga merata, setelah itu diamkan sekitar dua jam. Jika sudah, kalian dapat mengoleskan campuran bahan tersebut pada besi yang berkarat. Diamkan juga beberapa saat hingga karat menghilang dan barulah bersihkan dengan kain kering.

3. Minuman Kola

Minuman Kola

Bahan yang satu ini dapat kalian dapatkan dengan sangat mudah. Minuman kola dikenal ampuh untuk menghilangkan karat pada besi. Caranya, kalian dapat rendam besi berkarat ke wadah berisi kola selama kurang lebih 30-60 menit. Setelah itu angkat besi tersebut dan gosok permkaan besi dengan menggunakan kertas timah. Ulangi sampai karat benar-benar hilang.

4. Campuran Sabun Cuci Piring dan Kentang

Campuran Sabun Cuci Piring dan Kentang

Bukan hanya bahan dapur saja yang dapat digunakan untuk membersihkan karat pada besi, kentang juga dapat kalian gunakan. Perlu kalian ketahui juga bahwa kentang dapat digunakan untuk MEMBERSIHKAN NODA KACA MEMBANDEL.

Untuk menghilangkan karat besi mengunakan kentang, caranya adalah dengan mencampur kentang dengan sabun cuci piring. Potong kentang dan blender hingga halus, setelah itu campur dengan sabun cuci piring. Aduk hingga merata baru kemudian oleskan pada besi yang berkarat. Diamkan beberapa saat baru kemudian gosok dengan menggunakan spons atau sikat.

5. Asam Sitrat

Asam Sitrat

Selanjutnya dengan menggunakan asam sitrat. Bahan yang satu ini dikenal sebagai bahan penambah rasa pada makanan dan minuman. Walupun demikian, kalian dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan karat pada besi.

Campurkan asam sitrat dengan air hangat dalam sebuah wadah. Rendam besi yang berkarat dan lanjutkan dengan membersihkannya dengan spons atau sikat kasar berbahan dasar aluminium.

6. Amplas

Amplas

Amplas sendiri kerapa digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu atau benda lainnya agar lebih halus dan rata. Namun untuk membersihkan karat besi, kalian perlu hati-hati karena dapat merusak besi jika terlalu keras ketika menggosoknya. Gosok perlahan dan ulangi hingga karat benar-benar hilang.

7. Solar

Solar

Umumnya solar digunakan sebagai bahan bakar, namun disamping itu solar juga dapat digunakan sebagai sarana untuk membersihkan karat pada besi. Caranya rendam besi berkarat pada wadah yang berisis cairan solar dan diamkan semalaman. Setelah didiamkan semalaman, lalu bersihkan besi berkarat dari sisa solar.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk membersihkan karat pada sebuah besi. Mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.