Biaya Membuat Tangga Cor & Material : Model L & U

Biaya Membuat Tangga Cor – Tangga rumah merupakan akses jalan utama bagi beberapa rumah yang memiliki lebih dari satu lantai, konstruksi bangunan ini memang wajib dikonsep terlebih dahulu mulai dari biaya, material hingga model. Dengan tertata sesuai dengan perhitungan maka tangga tersebut memiliki hasil lebih bagus, berkualitas dan pastinya tahan lama.

Untuk membuat tangga cor memang membutuhkan biaya tidak sedikit dikarenakan ada cukup banyak material yang dibutuhkan mulai dari besi, semen, pasir serta bahan pendukung lainnya agar tangga berkualitas bagus. Untuk itu banyak orang lebih memperhitungkan terlebih dahulu dengan tujuan nantinya tertata rapi mulai dari tahap merangkai besi, pengecoran sampai proses finishing.

Bagi kalian ada niatan untuk membuat rumah lebih dari dua lantai dan ingin mengetahui biaya membuat tangga cor, pada pertemuan sangat baik ini akan kami informasikan kepada kalian semua mulai dari bahan material, ongkos tenaga dan lainnya. Oleh karena itu sangat disarankan agar untuk simak artikel ini sampai selesai agar pada saat proses pembuatan kalian sudah memiliki konsepnya dab bahkan perhitungan anak tangga juga sama.

Dengan mengetahui biaya yang dibutuhkan maka akan bisa memprediksi berapa besar biaya yang dibutuhkan secara keseluruhan untuk membuat tangga cor, hal seperti ini memang sangat disarankan sekali. Terutama untuk kalian yang baru berpengalaman atau baru pertama kali ingin membuat rumah dengan adanya sebuah tangga cor.

Biaya Membuat Tangga Cor Material

Sampai disini pastinya banyak orang semakin penasaran dengan berapa besar biaya pembuatan tangga cor baik itu model L maupun juga model U dari awal pembuatan hingga proses finishing. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak langsung ulasan dari Ahlikuli.com mengenai biaya membuat tangga cor untuk model L dan model U seperti dibawah ini.

Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Kamar Mandi & Biaya

Bahan Bahan Membuat Tangga Cor

Seperti sudah kami sampaikan kepada kalian semua bahwa dalam membuat tangga cor terdapat banyak bahan bahan yang dibutuhkan pada konstruksi pembuatan tangga rumah. Bagi kalian yang belum mengetahui material yang dibutuhkan apa saja, silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  • Besi ukuran 10
  • Semen
  • Pasir
  • papan/kalsiboard
  • Paku
  • Keramik

Diatas merupakan beberapa bahan bahan paling dibutuhkan, nantinya pada saat pengerjaan biasanya ada beberapa bahan tambahan yang dibutuhkan. Untuk itu kalian semua harus persiapkan budget karena sewaktu waktu akan ada tambahan material.

Biaya Membuat Tangga Cor dan Material

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul seperti diatas yakni biaya membuat tangga cor, pada perhitungan kali ini termasuk dari bahan bahan dibutuhkan serta ongkos untuk tukang. Jadi sangat disarankan sekali agar simak terus artikel ini sampai selesai agar paham dan jelas.

Untuk biaya material sendiri akan lebih irit apabila menggunakan bahan yang sudah ada semisalnya saja papan cor, sedangkan untuk lainnya bisa beli di toko bahan bangunan. Jika tangga memiliki panjang 6 meter dan lebar 1 meter maka besi yang dibutuhkan kurang lebih 5 batang dan per batang kurang lebih 90 ribu rupiah x 5 batang = Rp 450.000.

Sedangkan untuk semen tinggal hitung saja volume yang akan di cor, biasanya si tidak sampai 1 kubik sudah cukup. Untuk pengecoran 1 kubik tidak sampai Rp 200.000. Sedangkan untuk biaya lain lain kurang lebih Rp 500.000.

Jadi total keseluruhan untuk biaya material sekitar 1 juta rupiah lebih dan perhitungan tersebut merupakan hitungan lebih, kami jamin tidak akan kurang.

Kemudian jumlah tersebut bisa kalian tambahkan dengan biaya tukang kurang lebih 2 juta rupiah, maka keseluruhan membutuhkan budget cuma 3 sampai 4 juta rupiah saja. Itu untuk keseluruhan panjang tangga 6 meter dengan lebar 1 meter.

Apabila panjang lebih dari tersebut, silahkan kalian kalkulasikan sendiri berapa besar biaya tambahan, tetapi tidak akan banyak kok,

Baca  6 Perbedaan Arsitek dan Desain Interior yang Wajib Kalian Ketahui

Harga Borongan Tenaga Tangga Cor

Jika ada keinginan membuat tangga cor dengan cara borongan maka wajib untuk mengetahui harga borongan membuat tangga cor sama seperti pemasangan keramik, kusenan, pintu masing masing sudah memiliki harga borongan berbeda beda sama seperti dengan tangga cor.

Pada umumnya ketika memperkerjakaan tenaga harian upah minimal mulai dari Rp 100.000 per hari dan membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu, dengan kata lain untuk tenaga saja sekitar Rp 600.000 dalam 6 hari kerja. Apabila pengerjaan sampai 2 minggu maka tinggal dikalikan saja dan itu untuk satu pekerja saja.

Sedangkan untuk borongan kurang lebih 1 sampai 2 juta rupiah, dengan mengeluarkan uang sebesar itu kalian sudah tidak perlu memikirkan hal hal lain seperti tenaga harian. Dengan mengetahui itu semua, silahkan pilih saja mau menggunakan opsi mana.

Sedangkan untuk biaya material kurang lebih 4 juta rupiah dan itu tergantung dari kualitas bahan yang kalian gunakan. Jadi biaya tersebut bukan menjadi patokan, sebab setiap daerah pasti harga material akan berbeda beda. Sampai disini apakah sudah paham dan jelas mengenai harga borongan pembuatan tangga cor.

Kesimpulan

Apabila melihat dari pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa biaya yang dibutuhkan memang cukup lumayan kurang lebih antara 4 juta rupiah sampai 7 juta rupiah. Namun saran kami agar ambil opsi borongan saja karena dengan budget segitu kalian sudah aman untuk pembuatan tangga, namun perlu di pantau agar sesuai dengan perhitungan yang sudah dibuat.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara membuat tangga cor serta biaya membuat tangga cor serta bahan bahan dibutuhkan dapat Ahlikuli.com sampaikan kepada kalian semua. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.