Cara Menghitung Anak Tangga Semua Model & Kemiringan

Cara Menghitung Anak Tangga Semua – Hampir sebagian besar bingung ketika ingin membuat anak tangga, terlebih lagi jika lokasi pembuatan tangga tidak menyiku atau terbatas. Tentunya banyak orang bingung ketika menentukan jumlah anak tangga agar bisa di lewati dengan nyaman nantinya.

Hal tersebut juga sering dirasakan bagi tukang batu, dimana bingung dengan cara menghitung anak tangga dengan tinggi 4 meter ataupun ukuran menyesuaikan lokasi. Oleh karena itu pada pertemuan kali ini kami akan informasikan kepada anda semua akan caranya.

Proses pembuatan tangga juga harus dibarengi dengan ukuran keramik yang akan digunakan apakah KERAMIK 30×30 atau 25×25, untuk menentukan ukuran keramik menyesuaikan luas x tinggi anak tangga. Terlebih lagi jika tangga ambil konsep leter u atau L, maka perhitungan harus tepat.

Apabila anda salah satu orang sedang mengalami kebingungan akan hal tersebut, tentunya artikel ini sangat membantu sekali, sebab di isi dengan rumus perhitungan dalam menentukan anak tangga serta ukuran tangga yang nyaman. Maka dari itu simak terus artikel ini sampai selesai.

Cara Menghitung Anak Tangga Semua Model Kemiringan

Tentunya banyak orang semakin penasaran dengan cara menghitung anak tangga seperti apa dan rumusnya seperti apa, mengenai itu semua. Pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan secara jelas dan detail pada ulasan telah Ahlikuli.com persiapkan seperti dibawah ini.

Ukuran Tangga yang Nyaman

Ada banyak orang yang bertanya, sebetulnya ukuran ideal pada sebuah tangga untuk hunian sendiri berapa si ? Pada umumnya, orang lebih nyaman memiliki tangga dengan lebar 1 meter dan ukuran tersebut sudah sangat lega sekali.

Baca  3 Cara Membuat Bekisting Kolom Kokoh & Anti Roboh 2021

Sedangkan untuk ukuran anak tangga idealnya lebar 20 cm dan tingginya 20 cm, kadang ada juga yang menggunakan ukuran lebar 20 tinggi 25 cm. Hal tersebut biasanya menyesuaikan dengan lokasi serta perhitungan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Bagian Tangga

Bagian Tangga

Sebagai informasi tambahan buat anda semua, kami sedikit menjelaskan beberapa bagian bagian dari sebuah tangga. Untuk lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

Ibu Tangga

Ibu tangga merupakan bagian pada sebuah tangga dimana berfungsi sebagai penopang dari anak tangga tersebut. Maka dari itu bagian ibu tangga menjadi kekuatan utama dari konstruksi sebuah tangga. Ibu tangga pada umumnya berada di bagian tengah maupun tepi anak tangga.

Anak Tangga

Kemudian ada anak tangga yang mana merupakan bagian dari sebuah tangga berfungsi sebagai pijakan ketika ingin menuju lantai berikutnya. Anak tangga pada umumnya dibuat dari bahan dasar kayu, baja, besi sertan beton.

Bordes

Bordes merupakan bagian tangga yang memiliki peran sebagai tempat berhenti sejenak. Bordes memiliki ukuran luas bila dibandingkan dengan ukuran anak tangga, akan tetapi untuk lebarnya tetap sama saja.

Cara Menghitung Anak Tangga

Cara Menghitung Anak Tangga

Kemudian lanjut ke pembahasan utama, karena ini cukup sulit maka disarankan agar simak dengan baik agar paham dan jelas ketika anda menghitung sesuai dengan luas lokasi dan tinggi tangga apakah 4 meter atau 3 meter.

  • Panjang lokasi tangga 3,3 meter dan tinggi sama 3,3 meter.
  • Jadi perhitungannya adalah panjang 3,3 meter dijadikan satuan cm jadi 330 cm : 20 cm = 16.5.
  • Karena ada satu buah tangga o.5 maka dibulatkan saja 330 cm : 17 = 19,411156 cm
  • Jadi total anak tangga sebanyak 19.
  • Sedangkan untuk luas bordes akan disesuaikan dengan sisa lokasi dengan perhitungan seperti diatas, jika dihitung memiliki luas sekitar 90 cm dan itu ukuran yang cukup ideal.
Baca  67 Gambar Kolam Ikan Minimalis 2021 : Depan, Dalam & Belakang Rumah

Itu hanya sebuah gambaran saja, karena setiap orang pasti memiliki ukuran berbeda beda jadi tinggal tentukan saja dengan ukurannya tetapi harus menggunakan rumus seperti diatas agar ketemu jumlah anak tangganya berapa banyak.

Kesimpulan

Setelah melihat perhitungan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa cara menghitung anak tangga memang benar benar diperhatikan sekali. Karena terjadi satu kesalahan saja akan berakibat fatal dan nantinya tidak menemui titik terang.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung anak tangga serta ukuran paling nyaman dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.