Cara Menghitung Kebutuhan Besi Dak Teras & Biaya Tukang

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Dak Teras – Setiap hunian rumah akan diperindah dengan kehadiran teras rumah, ya begitulah pada kenyataannya. Saat ini ada cukup banyak desain teras rumah bisa digunakan mulai dari model atap brunjungan, buaya mangap dan ada juga berupa dak cor.

Masing masing memiliki nilai keindahan tersendiri dimana dapat disesuaikan dengan desain rumah tersebut, akan tetapi sebagian besar banyak pilih konsep dak cor. Selain membuat tampilan rumah lebih wah, dak cor juga memiliki kekuatan tak perlu diragukan kembali sudah pasti awet dan tahan lama.

Untuk membuat dak cor pada teras rumah membutuhkan cukup banyak budget, pasalnya terdapat rangkaian besi harus digunakan dan bahkan minimal besi digunakan berukuran 10. Bisa dilihat saja HARGA BESI 10 perbatang cukup lumayan, maka dari itu wajib menghitung kebutuhan terlebih dahulu.

Adapun cara menghitung kebutuhan dak teras memang sangat mudah, tinggal sesuaikan saja jarak antar besi satu dengan lainnya berapa cm. Pada umumnya ahli konstruksi menyarankan memiliki jarang 10 cm hal tersebut agar kekuatan besi lebih maksimal, jika seperti demikian bagaimana cara menghitungnya,

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Dak Teras Biaya Tukang

Perihal pertanyaan seperti tersebut tidak perlu bingung karena pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan itu semua mulai dari cara hitung besi slof, kolom dan besi untuk dak cor. Agar lebih jelasnya dapat simak langsung ulasan dari Ahlikuli.com seperti dibawah ini.

Keuntungan Menggunakan Dak Teras

Ada banyak keuntungan didapatkan ketika menggunakan dak cor untuk teras rumah anda, salah satunya lebih awet dan tahan lama kemudian tampilan lebih elegan. Setiap orang bisa menentukan mau menggunakan desain apa sekiranya jika dilihat berbeda dari pada yang lain.

Baca  Harga Plat Besi 2mm Per Lembar Terbaru 2021

Dengan adanya keuntungan seperti tersebut, tak heran jika banyak orang lebih suka menggunakan teras dak cor. Cuma, soal biaya memang lebih mahal bila dibandingkan dengan konsep lainnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Dak Teras

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Dak Teras

Dalam membuat teras dak cor ada beberapa komponen digunakan mulai dari besi kolom, besi slof dan rangkaian besi pada dak. Adapun mengenai cara menghitungnya dapat simak langsung sebagai berikut.

Kebutuhan Besi Kolom

Tinggi tiang 3 meter dan satu tiang membutuhan 4 besi dengan panjang 3 meter, apabila ada dua tiang maka tinggal di kalikan saja. Jadi untuk dua kolom membutuhkan besi 10 sebanyak 2 batang.

Kebutuhan Besi Slof

Untuk menghitung besi slof juga sama sama seperti diatas, tinggal sesuaikan saja kebutuhan. Pada umumnya membutuhkan 4 slof, dimana masing masing di pasang setiap sisinya. Apabila menggunakan ukuran seperti diatas, maka membutuhkan besi 4 batang.

Kebutuhan Besi Dak Teras

Diketahui ukuran teras memiliki panjang 3 meter dan lebar 3 meter, sesuai perhitungan jarak besi sepanjang 10 cm. Jadi 300 cm : 10 cm = 30 batang/3 meter.

Jadi perhitungannya 30 batang x 2 + 60 batang/3 meter, jika setiap batang memiliki panjang maka satu batang ukuran full bisa menjadi 4 bagian.

Jadi kebutuhan besi dak teras sebanyak 15 batang, karena per batangnya akan di potong menjadi 4 bagian.

Biaya Pasang Besi Dak Teras

Biaya Pasang Besi Dak Teras

Lalu lanjut soal biaya pasang besi dak teras, mengenai ongkos tukang bisa disesuaikan dengan kesepakatan apakah borongan atau harian. Namun pada umumnya banyak memilih borongan.

Jika menengok dari harga umum pemasangan besi dak sekitar 50 ribu rupiah per m2, apabila melihat ukuran diatas maka memiliki luas 9 m2 x Rp 50.000.

Jadi ongkos pemasangan dak cor sekitar Rp 450.000 dan biaya tersebut belum termasuk pembelian material seperti besi, kawat bendrat dan begel.

Baca  80 Harga Besi Siku Semua Jenis & Terbaru 2021

Kesimpulan

Setelah melihat cara diatas, maka dapat menarik kesimpulan bahwa proses pembuatan dak cor pada teras membutuhkan banyak besi. Tetapi hal tersebut bukan menjadi sebuah masalah besar, karena banyak keuntungan bisa didapatkan.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan besi dak teras serta ongkos tukang dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu bagi anda semua yang sedang membutuhkannya.