Biaya Pasang AC Rumah Per Unit dan Borongan Terbaru

Biaya Pasang AC Rumah – Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya AC atau Air Conditioner. Banyak orang yang telah menggunakan AC sebagai pengatur suhu di rumah atau di ruangan. Bukan hanya banyak ditemui di rumah-rumah, namun AC juga sudah banyak terlihat terpasang di perkantoran maupun tempat-tempat lainnya. Bisa dikatakan, AC juga sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian masyarakat.

Nah membahas mengenai AC, secara garis besar ongkos pemasangan AC rumah sebenarnya tidak terlalu mahal. Biasanya para pekerja akan mematok tarif berkisar ratusan ribu saja. Namun, kalian tentu perlu menyediakan komponen AC sendiri. Saat ini harga AC rumah bisa dikatakan cukup bervariasi, mulai dari Rp 2 jutaan hingga puluhan juta. Semuanya tentu tergantung dari besarnya PK maupun merek daripada AC itu sendiri.

Membahas sedikit terkait jenis AC rumah, ada beberapa jenis AC yang wajib kalian ketahui. Setidaknya ada 4 jenis AC rumah yang mungkin bisa kalian jadikan referensi terlebih dahulu sebelum membelinya. Pertama ada AC Window, AC Split, AC Cassette dan juga AC Standing. Setiap jenis tersebut tentu memiliki perbedaan dan juga kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Kembali ke topik pembahasan utama mengenai biaya pasang AC rumah, disini kami akan menjelaskan secara detail terkait biaya-biaya tersebut. Bukan hanya itu saja, ada juga beberapa pembahasan lain yang tentu sangat penting untuk kalian pahami, terlebih jika kalian ingin memasang AC di rumah maupun di kantor. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi lengkapnya berikut ini.

Biaya Pasang AC Rumah

Jenis AC Rumah

Pada poin pembahasan pertama, disini kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai jenis AC rumah. Diatas juga sudah kami singgung sedikit terkait jenis AC ini, dimana ada 4 jenis yang umum digunakan oleh orang-orang. Nah untuk penjelasan lengkapnya bisa kalian lihat di bawah ini.

1. AC Window

AC Window

Sesuai dengan namanya, AC Window tentu biasa terpasang di lokasi dekat jendela atau tepatnya di bawah jendela. AC ini memiliki beberapa komponen seperti pendingin, penguap, kompresor dan koil pendingin katup ekspansi. Cara kerja AC Window yakni mengeluarkan udara dingin ke dalam ruangan lalu mengeluarkan udara panas ke luar ruangan.

2. AC Split

AC Split

Lalu untuk jenis yang kedua adalah AC Split. AC ini paling sering dijumpai di beberapa tempat seperti rumah pribadi, kantor, mall dan lainnya. Umumnya AC Split ini terpasang pada dinding rumah atau didalam ruangan tertentu. Sedangkan untuk komponen kompresor diletakkan di luar ruangan secara terpisah. Untuk kapasitasnya, AC Split memiliki kapasitas mulai dari 0,5 pk sampai 2,5 pk.

3. AC Cassette

AC Cassette

Selanjutnya ada AC Cassette. Khusus untuk jenis ini bisa dikatakan cukup berbeda dengan yang lainnya. AC Cassette ini biasa dipasang di langit-langit sehingga terlihat menyatu dengan konstruksi plafon. Kapasitas AC Cassette juga cukup beragam mulai dari 1,5 pk sampai dengan 6 pk.

4. AC Standing

AC Standing

Dan untuk jenis AC yang terakhir ada AC Standing. AC Standing merupakan unit pendingin ruangan yang berbentuk seperti kulkas atau refrigerator. AC ini memiliki keunggulan, yakni dapat dipindah-pindahkan ke tempat lain sesuai keinginan. Banyak yang menganggap bahwa AC Standing ini sebagai AC Portabel.

Biaya Pasang AC Rumah

Setelah mengetahui informasi diatas terkait jenis AC rumah, berikutnya kita akan masuk ke pembahasan utama mengenai biaya pasang AC rumah. Mungkin banyak diantara kalian yang sudah mengetahui besaran biaya yang diperlukan ketika memasang AC rumah. Penting diketahui juga bahwa biaya pasang AC rumah ini bisa dikatakan cukup berbeda dengan biaya borongan instalasi listrik, dimana pemborong biasanya akan menghitung per titik.

Namun tidak dengan AC, pemborong akan menghitung per unit AC yang akan dipasang dengan mematok biaya yang sudah ditetapkan oleh pihak pemborong. Jenis AC dan juga kapasitas juga biasanya mempengaruhi besaran biaya yang dibebankan. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak informasi biaya pasang AC rumah berikut ini.

1. Instalasi Unit AC

Pemasangan UnitSatuanBiaya
Pasang AC 0,5 PK – 1,5 PKUnitRp 351.400
Pasang AC 1,5 PK – 2 PKUnitRp 351.500
Pasang AC CassetteUnitRp 752.450
Pasang AC StandingUnitRp 551.350
Bongkar AC Split 0,5 PK – 2 PKUnitRp 152.250
Bongkar AC CassetteUnitRp 351.350

2. Material Sparepart AC

Jenis MaterialSatuanBiaya
Pipa refrigerant Hoda 0,5 PK – 1,5 PKMeterRp 76.500
Pipa refrigerant Hoda 1,5 PK – 2 PKMeterRp 86.450
Pipa refrigerant Hoda 2,5 PKMeterRp 91.350
Pipa refrigerant Artic 0,5 PK – 1,5 PKMeterRp 61.450
Pipa refrigerant Artic 1,5 PK – 2 PKMeterRp 81.650
Kabel powerMeterRp 21.350
Kabel listrik Fuji 2 x 1,5 mmMeterRp 11.250
Kabel listrik Fuji 3 x 2,5 mmMeterRp 16.300
Kabel listrik Fuji 4 x 2,5 mmMeterRp 21.400
Selang pembuangan airMeterRp 11.500
Pipa drainMeterRp 11.600
Duct tape lemPcsRp 8.150
Duct tape non lemPcsRp 4.350
Bracket ACUnitRp 81.450
Biaya lasTitikRp 101.550
Bobokan Titik / MeterTitik / MeterRp 76.650
Survei atau cek AC tanpa tindakanRp 101.700

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini bisa disimpulkan bahwa biaya pasang AC rumah ini cukup beragam tergantung daripada jenis AC dan kapasitas AC yang akan dipasang. Setiap wilayah juga memiliki patokan harga pemasangan yang berbeda-beda. Untuk itu kalian bisa survey biaya lebih dulu sebelum memasang AC rumah kalian.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai biaya pasang AC rumah. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa ahlikuli.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan komentar