Arti Kode MCB & Jenis Wajib Kalian Ketahui !!

Arti Kode MCB – Kelistrikan didalam rumah perlu diperhatikan sekali, jika terjadi kesalahan entah itu sedikit saja maka berakibat sangat fatal dan hal tersebut sering terjadi dimana dapat menyebabkan kebakaran. Apalagi jika instalasi rumah hanya menggunakan kabel tidak SNI itu menjadi faktor utamanya, kedua bisa terjadi karena tidak menggunakan MCB atau langsung dari sumber utama.

Karena minim pengetahuan maka banyak orang yang tidak mengetahui dengan MCB itu apa serta fungsinya sebagai apa, jika kalian salah satu orang sedang mencari informasi tentang MCB maka artikel ini sangat cocok sekali buat kalian semua. Dimana pembahasan utama pada kesempatan kali ini adalah arti MCB ((Miniatur Circuit Breaker), karena akan membahas cukup banyak informasi penting, jadi sangat disarankan sekali agar simak ulasan ini sampai selesai agar paham nantinya.

Seperti diketahui bahwa MCB memiliki beberapa jenis yang mana masing masing memiliki kapasitasnya, jadi dalam hal penggunaan MCB harus dilihat dari tegangan yang digunakan apakah 450, 900 atau lebih dari itu. Jika kalian merupakan pelanggan dengan daya 450 kwh maka bisa menggunakan MCB tipe B itu sudah lebih dari cukup, jika lebih dari itu bisa menggunakan tipe C atau tipe D, apabila ingin mengetahui lebih lengkapnya akan dijelaskan pada pembahasan kali ini tentunya.

Jika pada pembahasan sebelumnya sempat kami sampaikan kepada kalian semua akan cara memasang MCB seperti apa, jadi pada ulasan kali ini kami rasa tidak perlu membahasnya kembali karena lebih fokus membahas mengenai arti kode MCB. Dengan mengetahui arti kode MCB maka akan mudah bagi kalian semua yang ingin memasang sendiri dirumah, namun sangat disarankan sekali agar dipandu dengan yang ahlinya agar tidak terjadi kesalahan.

Arti Kode MCB

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangay baik ini kami hendak informasikan itu semua secara jelas dan detail, jadi sangat disarankan sekali agar simak artikel ini sampai selesai dimana ada banyak informasi penting akan disampaikan. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak langsung ulasan dari Ahlikuli.com mengenai arti kode MCB serta jenis jenisnya yang sudah dipersiapkan diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca  √ Sistem Instalasi Plumbing : Pengertian, Regulasi & Pembagian

Fungsi MCB

MCB berfungsi sebagai proteksi arus lebih dan juga sebagai alat untuk memutus jaringan listrik. MCB merupakan alat khusus untuk mengisolasi rangkaian dari gangguan arus yang berlebih sertahubungan pendek (hubungan singkat).

Jadi pada intinya MCB salah satu rangkaian kelistrikan yang wajib kalian gunakan untuk mecegah terjadinya arus pendek, konsleting dan lain sebagainya. Dengan begitu kejadian seperti kebakaran karena konsleting listrik akan minim terjadi, terutama bagi perumahan yang menggunakan kabel tidak standar.

Arti Kode MCB

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni arti kode MCB, sampai sekarang ini memang banyak orang yang belum begitu paham sehingga banyak pengguna mempertanyakan hal tersebut. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak ulasan sudah kami persiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

  • C60N = adalah arus maksimal MCB dimana sebesar 60A, setiap pabrikan biasanya menampilkan angka agar memudahkan konsumen memilihnya.
  • 230-400V = adalah kisaran tegangan listrik yang kuat dijangkau MCB.
  • 6000A = mewakili kapasitas atau kemampuan MCB menahan arus kelistrikan, jika masih pada angka dibawahnya tidak akan mengalami kerusakan.
  • 3 = merupakan kelas besaran energi MCB yang dapat mengalir menggunakan satuan Joule.

Jenis Kode MCB

Sebelum mengakhiri pembahasan kali ini terlebih dahulu informasikan kepada kalian semua mengenai Jenis MCB, dimana masing masing memiliki fungsinya sendiri. Apabila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

MCB Tipe B

Jenis pertama adalah MCB Tipe B merupakan tipe MCB yang akan trip jika arus beban lebih besar antara 3 sampai 5 kali dari arus maksimum yang tertulis di MCB (arus nominal MCB). Pada umumnya MCB Tipe B digunakan pada instalasi listrik di perumahan ataupun di industri ringan.

Baca  4 Cara Menghitung Kebutuhan Hebel Per m2 & Kubik Terlengkap 2022

MCB Tipe C

Jenis pertama adalah MCB Tipe C merupakan tipe MCB yang akan trip jika arus beban lebih besar antara 5 sampai 10 kali dari arus maksimum yang tertulis di MCB (arus nominal MCB). Pada umumnya MCB Tipe B digunakan pada instalasi listrik di lampu penerangan gedung dan lain sebagainya.

MCB Tipe D

Jenis pertama adalah MCB Tipe D merupakan tipe MCB yang akan trip jika arus beban lebih besar antara 10 sampai 25 kali dari arus maksimum yang tertulis di MCB (arus nominal MCB). Pada umumnya MCB Tipe B digunakan pada instalasi listrik di pabrik besar, gudang dan lain sebagaina.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa setiap kode pada MCB (Miniatur Circuit Breaker) memiliki artian yang berbeda beda, oleh karena itu kita semua diharuskan untuk mengetahui itu semua. Jadi, kami memang sangat menyarankan kepada kalian semua untuk mengetahuinya agar nantinya paham apabila terjadi masalah pada kelistrikan mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dibiarkan saja.

Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai arti kode MCB (Miniatur Circuit Breaker) Serta Perbedaan kode MCB dapat Ahlikuli.com sampaikan kepada kalian semuanya. Semoga dengan adanya informasi seperti tersebut dapat membantu serta menambah wawasan bagi semua orang, terutama untuk kalian yang masih awam dalam hal kelistrikan.