√ Biaya Pasang Panel Surya Terbaru 2020 : 500 & 900 Watt

Biaya Pasang Panel Surya – Penggunaan panel surya saat ini sudah mulai banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan, karena produk panel surya ini dinilai lebih ramah untuk lingkungan.

Panel surya memanfaatkan sumber energi dari matahari yang bersifat terus-menerus atau tidak akan pernah habis. Oleh karena itu, produk ini menjadi salah satu cara alternatif yang dapat kalian lakukan dalam menghemat biaya tagihan listrik bulanan.

Pada dasarnya, penggunaan panel surya memang bisa menghemat energi hingga 70% pada tagihan listrik rumah kalian. Selain itu, alat ini lebih ramah terhadap lingkungan serta mendukung program energi bersih dari energi terbarukan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam membuat atau memasang panel surya. Langsung saja kalian simak pembahasan biaya pasang panel surya di bawah ini.

Biaya Pasang Panel Surya Terbaru & Terlengkap

Biaya Pasang Panel Surya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, panel surya memanfaatkan energi panas matahari dan merubahnya menjadi energi panas atau lsitrik untuk memenuhi kebutuhan energi manusia. Biasanya alat ini dapat kalian pasang pada atap rumah.

Apa Itu Panel Surya?

Apa Itu Panel Surya

Sollar cell atau PANEL SURYA adalah produk yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi tenaga listrik melalui aliran electron yang terdapat di dalam komponen panel surya. Dari proses tersebut menghasilkan aliran listrik DC yang kemudian akan dikonversikan ke listrik AC sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi.

Cara Kerja Panel Surya

Mekanisme pada panel surya ini yaitu energi matahari akan diterima dan ditangkap oleh panel tersebut lalu dialirkan ke inverter. Selanjutnya inverter mengalirkan kembali ke perangkat MCB (Multi Circuit Breaker) yang ada di rumah. Setelah itu, listrik pada rumah sudah bisa kalian gunakan.

Keunggulan Memasang Panel Surya

Dengan menggunakan panel surya, kalian akan merasakan biaya tagihan listrik yang begitu hemat. Selain itu, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan apabila memasang panel surya.

  • Hemat tagihan listrik dalam jangka waktu yang panjang
  • Membantu mengurangi pemanasn global (global warming)
  • Dapat menghemat ketergantungan pada tenaga listrik biasa (listrik berbahan batu bata)
  • Mudah dalam pemasangannnya dan penggunaannya
  • Tidak terlalu membutuhkan area yang luas

Syarat Pemasangan

Pemasangan panel surya tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan seperti di bawah ini.

1. Perhatikan Lokasi Pemasangan

Biasanya panel surya dipasang pada atap rumah. Hal itu dikarenakan atap rumah merupakan lokasi yang paling banyak mendapatkan pancaran sinar matahari. Dengan begitu, kalian dapat merencanakan sistem pemasangan panel surya dengan tepat.

2. Belilah Komponen yang Berkualitas

Kalian juga harus membeli komponen panel surya kepada penjual yang terpercaya. Pastikan juga kalian membeli komponen yang memiliki garansi produk, sehingga apabila terjadi kecacatan atau kerusakan pada produk kalian dapat menukarkannya.

Komponen Panel Surya

Komponen Panel Surya

Apabila kalian berminat untuk memasang panel surya pada rumah kalian, di bawah ini adalah beberapa komponen yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu. Diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Sollar cell atau panel surya
  • Baterai atau accu
  • Solar Charge Controller (pengontrol muatan surya)
  • Module atau PV
  • Inverter DC to AC (digunakan supaya bisa menghidupkan alat-alat yang memiliki tegangan 220 Volt, seperti TV dan kulkas)

Biaya Pasang Panel Surya Untuk Perumahan

Biaya Pasang Panel Surya Untuk Perumahan

Perlu kalian ketahui, pemasangan panel surya dilakukan secara case by case. Hal itu dapat diartikan bahwa biaya tergantung pada kapasitas listrik yang akan dipasang. Semakin tinggi watt yang diperlukan, maka akan semakin murah biaya pasang panel surya per kilowatt-nya.

Pemasangan panel surya ini juga memiliki peraturan dari kementrian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), bahwa kapasitas daya listrik produk yang dipasang tidak boleh melebihi daya listrik PLN. Proses pemasangannya juga harus dilaporkan terlebih dahulu ke pihak PLN.

Dalam pemasangan solar panel ini kira-kira bisa mengeluarkan bujet kurang lebih Rp 14 juta per kilowatt. Harga yang ditawarkan saat ini lebih rendah dari sebelumnya yaitu sekitar Rp 30 juta. Beberapa gedung pemerintah juga sudah ada yang menggunakan inovasi panel surya ini.

Biasanya pemasangan alat ini pada perumahan hanya membutuhkan waktu maksimal dua sampai tiga hari. Umur pakai panel surya ini juga cukup panjang, yaitu bisa mencapai 25 tahun.

Meskipun harganya terbilang cukup mahal, namun hematnya akan sangat terasa dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dalam menggunakan alat ini.

Demikian penjelasan mengenai biaya pasang panel surya beserta komponennya yang dapat ahlikuli.com sampaikan. Semoga pembahasan di atas dapat menambah ilmu serta memperluas wawasan kalian semua.