14 Alat Perkakas Wajib Dimiliki & Harus Ada di Rumah

Alat Perkakas Wajib Dimiliki – Memiliki rumah sendiri terkadang dapat menjadi tempat belajar untuk kita sendiri dalam hal perbaikan atau pemasangan apa saja yang ada di dalam rumah. Dengan ini maka kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa perbaikan atau pemasangan.

Maka dari itu kita harus menyiapkan beberapa peralatan perkakas yang wajib dan harus ada di dalam rumah. Dengan adanya alat perkakas yang lengkap tentunya akan semakin memudahkan kita untuk melakukan perbaikan seperti kran bocor, engsel rusak, genteng bocor dan lainnya.

Pada pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beragam jenis alat perkakas yang wajib dimiliki dan harus ada di setiap rumah saat ini. Obeng, tang, palu mungkin beberapa dari jenis alat perkakas yang sudah hampir dimiliki oleh setiap rumah.

Akan tetapi masih ada beberapa alat perkakas lain yang jarang dimiliki oleh setiap rumah. Baiklah untuk informasi lebih jelasnya kalian dapat simak ulasan lengkap mengenai alat perkakas wajib dimiliki yang telah ahlikuli.com siapkan di bawah ini.

Alat Perkakas Wajib Dimiliki & Harus Ada di Rumah

Alat Perkakas Wajib Dimiliki

Alat Perkakas yang Harus Dimiliki Setiap Rumah

Ada banyak sekali jenis alat perkakas yang dapat kalian beli dan miliki dirumah, alat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Obeng

Obeng

Obeng merupakan alat wajib yang harus kalian miliki dan persiapkan dirumah. Dimana penggunaan alat ini banyak diperlukan untuk apa saja, seperti perbaikan elektronik, furniture, otomotif dan lain sebagainya. Jenis obeng sendiri ada 2 yang kerap digunakan, yakni obeng min dan juga obeng plus. Ukurannya pun tersedia mulai dari ukuran yang kecil sampai yang besar.

2. Tang

Tang

Tang juga jangan memiliki kegunaan yang sangat penting. Ada beberapa macam jenis tang yang wajib kalian miliki, mulai dari tang biasa, tang potong dan masih ada beberapa lainnya. Fungsi yang bukan hanya sebagai pembuka mur/baut yang keras, namun juga dapat digunakan sebagai ganti palu untuk mencabut paku yang menempel di dinding maupun furnitur.

3. Gergaji

Gergaji

Perkakas bangunan seperti gergaji juga wajib kalian miliki, walaupun tidak terlalu sering digunakan, akan tetapi perkakas ini sangat dibutuhkan. Gergaji juga memiliki beberapa jenis, yakni gergaji kayu dan gergaji besi biasa atau CUTTING POTONG BESI elektrik.

4. Palu

Palu

Alat perkakas yang selanjutnya adalah palu. Alat ini memiliki kegunaan yang beragam, seperti memasang paku ke berbagai permukaan, melepas paku yang menempel di dinding dan lainnya.

5. Kunci Inggris

Kunci Inggris

Alat ini bisa dikatakan salah satu yang cukup serbaguna untuk melepas mur/baut dan juga mengencangkan mur/baut berbagai ukuran. Selain itu kunci inggris juga dapat diguinakan sebagai alat pertukangan dalam urusan ledeng.

6. Meteran

Meteran

Alat yang berikutnya adalah meteran. Fungsi meteran ini sebenarnya cukup sederhana, yakni untuk mengukur sesuatu yang tidak dapat diukur dengan tangan. Selain itu juga dengan melakukan pengukuran menggunakan meteran, kita nantinya dapat mengetahui ukuran pasti dari sesuatu yang diukur tersebut.

7. Mesin Bor

Mesin Bor

Bor bukan hanya digunakan untuk melubangi dinding atap lainnya, namun juga memiliki fungsi lain yang sangat banyak. Maka dari itu kami menyarankan untuk menyimpan alat perkakas yang satu ini. Bor sendiri memiliki 2 jenis, yakni Bor manual dan Bor elektrik.

Bor dapat digunakan untuk memasang furnitur, memasang atau melepas sekrup dan berbagai pekerjaan bangunan lainnya. Ketika kalian membeli sebuah bor, kalian akan mendapat tambahan berupa mata bor sebagai cadangan. Mata bor tersebut dapat diganti sesuai kebutuhan.

8. Sekop

Sekop

Lalu ada sekop. Sekop memang terkadang tidak terlalu sering digunakan, akan tetapi juga cukup penting dan harus ada di setiap rumah. Sekop dapat kalian gunakan untuk mengangkut pasir atau mengaduk adonan semen ketika membangun atau merenovasi rumah kalian. Dan masih ada beberapa fungsi lainnya seperti mencangkul dan menggemburkan tanah yang ada di taman rumah kalian.

9. Kapak

Kapak

Kapak sendiri bisa dikatakan sebagai alat tradisional yang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh orang-orang. Dengan adanya kapak di rumah, kalian dapat dengan mudah memotong kayu bakar atau lainnya. Kapak juga tersedia dalam berbagai model yang dapat kalian pilih sesuai selera dan kebutuhan.

10. Tool Box

Tool Box

Istilah Tool Box atau kotak peralatan merujuk pada satu kotak khusus yang berisi berbagai jenis peralatan perkakas mulai dari yang terkecil hingga terbesar.

11. Tangga

Tangga

Tangga juga masuk dalam salah satu alat yang wajib ada di setiap rumah. Dengan adanya tangga, kita dapat dengan mudah melakukan perbaikan yang ada di bagian atas seperti memperbaiki lampu yang mati, plafon yang retak atau hal-hal lainnya.

12. Volt Ohm Meter

Volt Ohm meter

Alat bangunan yang canggih ini memang cukup dibutuhkan untuk mengurusi berbagai urusan kelistrikan di rumah. Vlot/ohmmeter digunakan untuk mengukur hambatan listrik yang mampu menahan aliran listrik dalam sebuah konduktor. Itulah kenapa alat ini harus siap sedia di setiap rumah.

13. Kacamata Pengaman

Kacamata Pengaman

Setiap melakukan pekerjaan tentunya kalian harus menggunakan pengaman agar tetap safety. Maka dari itu penggunaan kacamata pengaman juga cukup diperlukan ketika kalian melakukan pengerjaan las, yang mana kerap mengeluarkan percikan api, debu atau zat asing yang membahayakan mata.

14. Penggaris Bangunan

Penggaris Bangunan

Penggaris bangunan juga dibutuhkan, walaupun ada meteran yang dapat kalian fungsikan juga. Akan tetapi dengan menggunakan penggaris bangunan yang berbahan besi dinilai lebih mudah untuk mengukur sesuatu yang pendek.

Nah itulah beberapa jenis alat perkakas yang wajib dimiliki oleh kalian semua. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

0/5 (0 Reviews)