Instalasi Listrik Rumah Tangga Paling Cocok Wajib Diketahui !!

Instalasi Listrik Rumah Tangga – Instalasi listrik wajib diutamakan ketika membangun rumah ataupun renovasi rumah, kenapa seperti demikian ? Karena memiliki tujuan agar kelistrikan pada rumah anda dijamin keamanan serta terhindar resiko korsleting.

Ketika melakukan itu, perlu perhatikan beberapa hal pertama ketahui persyaratan instalasi listrik dan kedua menentukan skema instalasi listrik rumah akan digunakan. Sebelumnya juga sudah dijelaskan kepada anda semua terkait skema instalasi listrik rumahan.

Semisalnya untuk penggunaan rumah tangga, skema yang bisa digunakan secara langsung juga sudah aman. Tetapi semisalnya saja instalasi listrik rumah tangga yang tersedia banyak ruangan serta barang elektronik, maka disarankan sekali menggunakan MCB.

Dengan skema seperti tersebut lebih meringankan beban pada kabel jalur yang di distribusikan ke beberapa titik serta lampu. Ketika beban yang digunakan semakin besar, secara otomatis tidak semua aliran listrik akan pada semua cuma pada jaringan MCB dengan dayat besar saja.

Instalasi Listrik Rumah Tangga Paling Cocok Wajib Diketahui

Karena masih banyak yang bingung dengan itu semua, maka pada pertemuan sangat baik ini kami akan menjelaskan kepada anda semua mengenai instalasi listrik yang cocok untuk rumah tangga serta skemanya seperti apa. Baiklah untuk mempersingkat waktu anda semua dapat simak ulasan dari Ahlikuli.com seperti dibawah ini.

Pengertian Instalasi Listrik Rumah Tangga

Jika anda belum memiliki pengetahuan tentang kelistrikan di sebuah rumah atau bangunan, maka akan bingung dengan yang namanya instalasi listrik sebetulnya penting atau tidak si. Bahkan banyak juga yang beranggapan itu hanya buang uang saja.

Jadi disini kami akan memberikan pengertian tentang itu semua, instalasi listrik memang sangat penting sekali karena memiliki fungsi untuk mendistribusikan aliran listrik ke beberapa tempat pada sebuah bangunan. Dimana setiap titik akan memiliki aliran listrik agar bisa digunakan untuk lampu, barang elektronik dan lain sebagainya.

Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam (Rumah 1 lantai & 2 Lantai)

Untuk betapa pentingnya akan hal ini, bahkan menentukan skema yang akan digunakan juga harus di agendakan terlebih dahulu sebelum pemasangan meteran listrik. Sehingga pada waktu pemasangan, petugas tinggal sambungkan saja ke kotak MCB yang sudah disediakan.

Skema Paling Cocok Untuk Rumah Tangga

Skema Paling Cocok Untuk Rumah Tangga

Tentunya banyak pertanyaan, kira kira skema instalasi mana yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga ? Apakah secara langsung atau menggunakan MCB. Terkait pemilihan skema, anda harus melihat kebutuhan dan berapa banyak titik yang akan di aliri listrik, dengan begitu lebih mudah akan menentukannya.

Sebagai contoh saja jika rumah anda memiliki ukuran luas atau berlantai dua, maka saran kami untuk menggunakan MCB. Dimana setiap kotak MCB biasanya di isi lebih dari 2 MCB, dimana masing masing akan dibagi ke beberapa titik. Contoh saja MCB satu untuk ruangan lantai satu dan MCB kedua untuk ruangan di lantai 2.

Biaya Instalasi Listrik Rumah Tangga

Lantas berapa biaya yang dikenakan untuk instalasi listrik rumah tangga ? Perihal biaya yang dikenakan, pada umumnya para ahli di bidang kelistrikan akan menerapkan biaya per titik. Pada umumnya per titik akan dihargai kisaran Rp 40.000 sampai Rp 50.000 tergantung setiap daerah anda masing masing.

Jika mengacu harga seperti tersebut, kebetulan memiliki titik sekitar 20 maka biaya yang dikenakan 20 x Rp 40.000 = Rp 800.000 biaya tersebut belum termasuk kabel, fiting, lampu dan lain sebagainya. Namun pada umumnya biaya yang dikenakan mencapai 3 juta rupiah, itu sudah semua anda tinggal pakai saja.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan mengenai instalasi listrik rumah tangga seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa betapa pentingnya untuk mengatur skema terlebih dahulu ketika melakukan pemasangan listrik. Namun saran kami lebih baik menggunakan skema menggunakan MCB karena lebih aman dan juga lebih terkontrol.

Baca  12 Cara Pasang Glass Block Terbaru 2021 : Alat, Bahan & Kelebihan

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai instalasi listrik rumah tangga beserta tips dan biaya dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.