3 Persyaratan Dalam Instalasi Listrik Wajib Diketahui & Dipatuhi

Persyaratan Dalam Instalasi Listrik – Ada beberapa aspek wajib diketahui dan dipatuhi ketika melakukan pemasangan listrik baik itu di perumahaan, pabrik, gudang, gedung dan semua jenis bangunan. Karena dalam pemasangan listrik terdapat persyaratan dalam instalasi listrik wajib diperhatikan serta dilengkapi terlebih dahulu.

PUIL atau persyaratan umum INSTALASI LISTRIK terdapat 3 ketetapan dan semuanya wajib memenuhi persyaratan didalam bidang kelistrikan, sebab jika asal asalan akan hal ini maka dampak buruk akan terjadi. Hal ini juga sudah terbukti seperti arus pendek listrik sehingga menyebabkan kebakaran, dastang sering kali mati padahal penggunaan rendah.

Beberapa persyaratan meliputi tenaga atau petugas yang melakukan instalasi wajib untuk mengetahui dasar dasar kelistrikan atau sudah ahli di dibidangnya, lalu perangkat dan material yang memadai sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Jika Semua sudah dilengkapi maka proses PASANG LISTRIK sudah bisa dilakukan, agar instalasi dapat berjalan lancar silahkan rancang gambar terlebih dahulu agar lebih terstruktur.

Seperti sudah disebutkan tadi, beberapa material juga wajib memenuhi ketentuan PUIL terutama dalam penggunaan kabel utama, pipa PVC sebagai wadah untuk setiap jalur yang dilalui pada kabel. Karena ini sudah menjadi ketentuan, tetapi banyak orang belum mengetahui akan hal tersebut, maka dari itu pada pertemuan kali ini akan kami jelaskan itu semua.

Persyaratan Dalam Instalasi Listrik Wajib Diketahui Dipatuhi

Selain memberikan banyak informasi penting, ada juga pembahasan pembahasan menarik mulai dari material kelistrikan, lampu dan lain sebagainya. Nah, sampai disini pastinya anda semua semakin penasaran dengan apa saja persyaratan umum instalasi listrik ? Agar lebih jelasnya simak langsung ulasan telah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com seperti dibawah ini.

Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Meja Dapur & Biaya Tukang

Persyaratan Dalam Instalasi Listrik

Persyaratan Dalam Instalasi Listrik

Sebagaimana sudah dijelaskan seperti diatas sesuai dengan ketentuan PUIL ada 3 aspek sangat wajib dipatuhi, kira kira apa saja ? Untuk mengetahui lebih lengkapnya dapat simak langsung ulasan telah dipersiapkan sebagai berikut.

Syarat Ekonomis

Persyaratan pertama instalasi listrik harus memiliki perencanaan, pemasangan serta pemeliharaan dengan dibuat secara ekonomis mungkin tetapi tidak menimbulkan hal hal yang membahayakan. Pastikan juga tidak menimbulkan kerugian dalam bentuk apapun dalam proses instalasi listrik.

Syarat Keamanan

Kemudian wajib dibuat seaman mungkin sehingga tidak menyebabkan kejadian atau kecelakaan sekecil apapun baik itu pada saat pemasangan maupun juga dalam penggunaan setiap harinya. Selain itu keamanan bagi manusia juga wajib atau tidak membuat bahaya pada beberapa benda di sekitarnya.

Syarat Keandalan

Lalu persyaratan terakhir gunakan tenaga jasa sudah ahli dalam bidang tersebut sehingga kesalahan akan minim terjadi, gunakan material sesuai dengan standar sudah di anjurkan agar kejadian seperti kabel putus serta lainnya sangat kecil terjadi.

Biaya Instalasi Listrik

Biaya Instalasi Listrik

Sebagai informasi tambahan buat anda semua, pada pertemuan kali ini di informasikan juga biaya instalasi listrik untuk rumahan. Tetapi besaran biaya yang kami sebutkan bukan menjadi sebuah patokan karena setiap daerah pasti berbeda beda, berikut detail biaya dapat anda simak.

Pada umumnya setiap titik yang di aliri listrik dikenakan biaya antara Rp 45.000 – Rp 50.000, itu belum termasuk pembelian material pendukung seperti kabel, pipa, saklar dan lain sebagainya. Semua tergantung dari perjanjian apakah terima beres atau material sudah disediakan.

Jika anda memilih terima beres maka perhitungan akan menyesuaikan beberapa titik yang akan di pasangi dan kemungkinan besar biaya yang dikenakan hingga 3 sampai 4 jutaan. Apabila seperti demikian, tinggal pilih mau opsi yang mana.

Baca  Skema Instalasi Listrik Rumah Wajib Kalian Ketahui !!

Kesimpualan

Ketika anda sudah mengetahui dari pembahasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa dibidang kelistrikan memang wajib sesuai ketentuan. Karena ada banyak orang yang tidak sesuai dengan PUIL mengalami kejadian seperti kebakaran dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai persyaratan umum instalasi listrik atau PUIL serta biaya instalasi dalam listrik dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.