Syarat Pasang Listrik 450 Watt & Biaya Dijamin Berhasil !!

Syarat Pasang Listrik 450 Watt – Listrik memang sudah menjadi kebutuhan sehari hari bagi semua orang, karena setiap peralatan rumah tangga, pekerjaan dan lain sebagainya membutuhkan sebuah tenaga listrik. Maka dari itu setiap rumah wajib pasang listrik, adapun cara pasang listrik terbilang mudah tinggal sesuaikan saja daya sesuai kebutuhan.

Namun bagi kalangan menengah kebawah memang lebih memilih daya listrik 450 watt yang mana sebuah ukuran daya standar perumahan, adapun beberapa ukuran lain seperti 900 watt, 1.300 dan lebih tinggi lagi. Namun untuk pembahasan kali ini kami akan informasikan biaya dan syarat pasang listrik 450 watt atau subsidi.

Seperti diketahui bahwa pemerintah memberikan program subsidi listrik bagi warga yang tidak mampu dan selain itu ada program lain yaitu pemasangan listrik gratis. Hanya saja untuk saat ini pemasangan tidak disertai dengan INSTALASI LISTRIK, jadi setiap calon pelanggan harus melakukan pemasangan instalasi listrik terlebih dahulu agar pada saat pemasangan langsung bisa digunakan.

Lantas bagaimana cara daftar pasang listrik dan berapa besar biaya yang dikenakan untuk pengajuan daya 450 watt? Apakah sama seperti pemasangan listrik 900 watt, pada dasarnya hampir sama cuma ada sedikit perbedaan pada syarat pemasangan. Oleh karena itu kami sarankan agar mengetahui terlebih dahulu syarat pasang meteran agar nantinya paham dan jelas.

Syarat Pasang Listrik 450 Watt Biaya Dijamin Berhasil

Sampai disini pastinya banyak orang semakin penasaran dengan semuanya bukan? Untuk menjawab rasa penasaran anda semua, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com seperti dibawah ini.

Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Kamar Mandi & Biaya

Urutan Daya Listrik

Sebagai informasi tambahan buat anda semua, disini kami berikan pengetahuan mengenai urutan daya listrik untuk perumahan. Agar mengetahui lebih jelasnya dapat simak langsung tabel sebagai berikut.

Daya Terpasang (Volt Ampere)Pembatas MCB/MCCB (Ampere)
2501 X 1,2
4501 X 2
9001 X 4
1.3001 X 6
2.2001 X 10
3.5001 X 16
4.4001 X 20
5.5001 X 25
7.7001 X 35
11.0001 X 50

Syarat Pasang Listrik 450 Watt

Syarat Pasang Listrik 450 Watt

Sesuai dengan judul diatas terlebih dahulu informasikan mengenai syarat pasang listrik 450 watt atau listrik subsidi. Dengan mengetahui syarat pengajuan pemasangan listrik maka akan mempermudah untuk anda semua, berikut beberapa syarat wajib dilengkapi.

  • Fotokopi kartu identitas seperti KTP atau SIM.
  • Fotokopi Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  • Gambar lokasi rumah agar mempermudah petugas survey lapangan.
  • Surat kuasa apabila pengajuan permohonan apabila diwakilkan ataupun dikuasakan.
  • Membayar sejumlah biaya pemasangan listrik 450 watt atau subsidi.

Cara Daftar Pasang Listrik 450 Watt

Cara Daftar Pasang Listrik 450 Watt

Seperti sudah disampaikan diatas, ketika sudah mengetahui apa saja syarat harus dilengkapi, maka langkah berikutnya tinggal melakukan pendaftaran. Adapun mengenai caranya dapat simak sebagai berikut.

  1. Datangi kantor cabang PLN terdekat dengan lokasi anda.
  2. Pastikan semua dokumen persyaratan sudah lengkap.
  3. Sesampai di kantor, silahkan informasikan hendak memasang listrik 450 watt atau subsidi.
  4. Nantinya petugas meminta semua kelengkapan berkas/dokumen syarat.
  5. Selanjutnya pihak PLN akan datang dan melakukan survey kondisi lapangan.
  6. Apabila survey lokasi selesai, pendaftar akan diminta membayar biaya pemasangan listrik.
  7. Tidak lupa juga diwajibkan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).

Biaya Pasang Listrik 450 Watt

Biaya Pasang Listrik 450 Watt

Lalu lanjut ke pembahasan berikutnya mengenai biaya pemasangan, sesuai dengan ketentuan berlaku terdapat rincian pembayaran sebagai berikut.

  • Biaya Penyambungan (BP) setelah diskon 50% : Rp 210.500.
  • Biaya pembelian token perdana : Rp 20.000.
  • Materai : Rp 10.000.
Baca  5 Cara Membuat Cakar Ayam 2021 : Ukuran Pondasi & Biaya Terlengkap

Jadi untuk keseluruhan mengenai biaya pemasangan listrik baru kurang lebih 250 ribu rupiah, itu belum termasuk pembelian kabel apabila lokasi rumah dengan tiang listrik cukup jauh.

Call Center PLN

Call Center PLN

Sebagai informasi tambahan atau sewaktu waktu ada keperluan terkait pemasangan listrik dapat menghubungi langsung call center PLN , berikut beberapa yang dapat dihubungi.

  • Contact center : 123
  • Telepon : (kode area) 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : @cc123pln
  • Twitter : @pln_123
  • Instagram : @pln123_official

Kesimpulan

Proses pengajuan pemasangan listrik memang memakan waktu beberapa hari, dikarenakan pihak dari PLN akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Untuk itu kami sarankan agar bersabar menunggu, biasanya tidak kurang dari satu minggu akan dilakukan pemasangan.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai syarat pasang listrik dan biaya dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.