12 Harga Buis Beton Terbaru 2020 : Jenis & Fungsi

Harga Buis Beton – Dalam dunia konstruksi bangunan kita tentu sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, yakni Buis Beton. Buis beton sendiri dapat juga dikenal dengan nama gorong-gorong. Dimana merupakan salah satu jenis beton pracetak yang memiliki fungsi menahan laju air, baik air mengalir masuk atau air yang keluar.

Dengan melihat fungsi tersedbut, buis beton ini memiliki bentuk seperti pipa dengan lingkaran penuh maupun lingkaran setengah. Perlu kalian ketahui juga bahwa buis beton ini tersedia dalam bentuk siap pakai yang digunakkan untuk pembangunan saluran air dan lainnya.

Di perkotaan, pembangunan drainase dengan menggunakan buis beton pasti pernah kita lihat. Dimana banyak pengerjaan proyek drainase yang menggunakkan buis beton lingkaran penuh dan ada juga yang menggunakan buis beton dengan lingkaran setengah.

Sebenarnya penggunaan dua jenis buis beton tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja untuk buis lingkaran penuh diklaim lebih baik. Nah untuk soal harga buis beton, dibawah ini kami telah menyiapkan informasi mengenai harga busi beton yang dapat kalian simak berikut ini.

Harga Buis Beton Terbaru : Jenis & Fungsi

Harga Buis Beton

Jenis Buis Beton

Buis beton juga memiliki beberapa jenis, yakni dengan berdasar bentuk, penggunaan bahan dan penggunaan tulangannya. Lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya berikut ini:

1. Jenis Berdasar Bentuk

Pabrikan buis beton pracetak memproduksi 2 bentuk buis yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan, yang pertama adalah bentuk lingkaran penuh dan yang kedua adalh setengah lingkaran. Masing-masing bentuk tersebut juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

Untuk buis beton lingkaran penuh biasa digunakkan untuk pembangunan sumur resapan. Sedangkan lingkaran setengah banyak digunakkan untk drainase atau pengairan. Namun dalam skala yang besar, jenis lingkaran penuh juga dapat digunakkan untuk proyek drainase.

2. Jenis Berdasar Bahan yang Digunakkan

Bahan pembuat buis beton ini adalah semen dan pasir pilihan. Untuk pembuatan buis beton yang tanpa tambahan pasir diklaim lebih kuat karena air tidak akan mudah masuk ke dalam buis. Hal inilah yang menjadikan buis beton banyak digunakkan untuk pengairan atau gorong-gorong.

3. Jenis Berdasar Penggunaan Rangka atau Tulangan

Lalu jenis yang terakhir ini adalah berdasar penggunaan rangka atau tulangan. Buis beton dengan penggunaan tulangan baja dikenal memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan jenis lainnya.

Fungsi Buis Beton

Dari segi fungsi, buis beton ini memiliki beberapa fungsi yang dapat kalian simak berikut ini, diantaranya adala:

  • Septic Tank
  • Sumur resapan
  • Cakar Ayam
  • Pengairan
  • Gorong-gorong

Harga Buis Beton

Material Buis BetonSatuanHarga
Buis Beton Diameter 25 x 75 cmBhRp 89.600
Buis Beton Diameter 30 x 75 cmBhRp 113.900
Buis Beton Diameter 50 x 75 cmBhRp 201.000
Buis Beton Diameter 80 cmBjRp 156.500
Buis Beton Diameter 25 cmBjRp 85.000
Buis Beton Diameter 50 cmBjRp 95.000
Buis Beton Diameter 100 cmBjRp 250.000

Kelebihan dan Kekurangan Buis Beton

Dalam hal konstruksi bangunan kita harus jeli memperhatikan akan kualitas bahan dan material yang kita gunakkan. Seperti penggunaan buis beton juga harus kita perhatikan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki material ini. Nah dibawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Kelebihan

  • Proses pengerjaan menggunakan buis beton dinilai lebih cepat dibandingkan penggunaan material lainnya
  • Penggunaan sebagai drainase juga diklaim lebih unggul dibandingkan menggunakan batu kali karena buis beton memiliki kemampuan melindungi air lebih baik daripada bahan lain
  • Harga buis beton lebih terjangkau dan akan lebih menghemat budget

Kekurangan

Sedangkan untuk kekurangan, buis beton ini memiliki kekuatan yang kurang baik jika dibandingkan dengan U-Ditch yang dikenal akan kekuatannya.

Nah itulah beberapa pembahsan lengkap mengenai harga buis beton. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca perbedaan beton fleksibel dan beton normal yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)