Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar & Biaya 2021

Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar – Setiap pemilik rumah tentu ingin memiliki kesan berbeda dari pada yang lain, salah satunya dengan membuat pagar keliling. Pembuatan pagar pada umumnya lebih memiliki batako bila dibandingkan dengan bata merah, hal tersebut dilihat dari harganya juga proses pengerjaan.

Meskipun begitu anda juga wajib untuk mengetahui HARGA BATAKO terlebih dahulu, setelah itu tinggal melakukan perhitungan untuk menentukan berapa banyak batako yang dibutuhkan. Hal ini memang wajib untuk dilakukan, apalagi jika anda memiliki budget yang ngepres maka ilmu ini harus dimanfaatkan.

Hanya saja sebagian besar orang belum mengetahui caranya seperti apa serta rumus menghitungnya seperti apa, terkait itu semua pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan cara menghitung kebutuhan batako untuk pagar per m2 disertai dengan biaya pemasangan baik per m2 ataupun keseluruhan.

Sama seperti CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN BONDEK COR anda wajib untuk mengetahui luas pagar terlebih dahulu, sehingga dapat mengetahui berapa m2 untuk pagar tersebut. Setelah itu tinggal hitung berapa buah yang dibutuhkan untuk luas perm2.

Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar Biaya

Sampai disini pastinya anda semua semakin penasaran juga ingin segera mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan batako untuk pembuatan pagar keliling serta ongkos tukang. Baiklah untuk mempersingkat waktu silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Jenis Batako

Jenis Batako

Setidaknya ada tiga jenis batako dapat anda pilih, dimana masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan jadi tinggal anda tentukan saja sesuai dengan kebutuhan. Jika penasaran dengan semua, silahkan simak langsung sebagai berikut.

Baca  Perbedaan Bata Merah dan Bata Ringan Wajib Diketahui !!

1. Batako Trass

Batako ini terbuat dari campuran batu kapur, trass yang merupakan tanah berwarna putih dan juga air. Pembuatanya mirip bata merah karena dibakar sampai keras, sering disebut jugaa bata putih karena tampilannya.

2. Batako Semen

Sering disebut juga batako press karena terbuat dari semen & pasir yang sudah dicampur. Luas penampang lubangnya berukuran seperempat dari isi batako tersebut, selain itu terdapat pula dua maupun tiga lubang untuk pengisian adukan.

3. Batako Beton

Merupakan jenis batako yang dibuat dari semen Portland (PC) & juga pasir dengan cara dicetak. Karena keras maka batako ini memiliki daya tahan kuat dan mampu menahan guncangan ketika ada gempa.

Ukuran Batako

Ada cukup banyak ukuran batako telah tersedia, maka dari itu setiap pengguna wajib untuk mengetahui ukurannya terlebih dahulu jika ingin menghitung kebutuhan batako untuk pagar. Berikut ini kami informasikan beberapa ukuran batako yang sudah tersedia diwaktu sekarang ini.

JenisUkuran
Batako U29 x 14 x 14cm
Batako H29 x 14 x 14 cm
Batako Dinding40 x 20 x 20 cm
Batako Pengisi40 x 10 x 20 cm tebal 10 cm
Batako Semen PC36-40 cm x 8-10 cm x 18-20 cm
Batako Kolom29 x 29 x 14 cm
Batako Beton Balok300 x 6 x 10 cm
Batako Beton Lengkung50 x 30 cm
Batako Standar30 x 10 x 15 cm

Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar

Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar

Kemudian lanjut ke pembahasan utama yaitu cara menghitung kebutuhan batako untuk pagar, disini kami contohkan menggunakan batako dinding ber ukuran 0.4m x 0.2m = 0.08m2. Jika dilihat dari ukuran tersebut maka setiap m2 akan membutuhkan 12,5 buah batako.

Sedangkan panjang pagar yang akan dibuat sekitar 10 meter sertatinggi 2 meter, maka perhitungannya adalah 10 m2 x 12.5 buah Batako sama dengan sekitar 125 buah untuk panjang 10 meter sertaketinggian 1 meter. Jika tinggal 2 meter maka tinggal dikalikan saja 125 x 2 = 250 buah, jadi untuk kebutuhan batako untuk pagar &panjang seperti demikian maka membutuhkan sekitar 250 buah.

Baca  36 Harga Batako Terbaru 2021 : Semua Jenis & Ukuran

Biaya Pemasangan Batako

Selanjutnya tinggal menghitung biaya pemasangan batako, adapun caranya sangat mudah tinggal hitung luas pagar anda. Mengutip dari perhitungan diatas panjang pagar 10 meter dengan tinggi 2 meter. Maka untuk menghitung luasnya cukup mudah yaitu 10 x 2 = 20 m2, itu luas yang akan dibangun.

Sedangkan untuk biaya borongan pemasangan batako per m2 kurang lebih Rp 35.000 sampai Rp 40.000. Maka cara menghitungnya 20 m2 x Rp 35.000/m2 = Rp 700.000. Jadi biaya pemasangan yang harus dikeluarkan sebesar Rp 700.000 dan itu belum termasuk semen, pasir dan beberapa material lainnya.

Kesimpulan

Setelah melihat perhitungan seperti diatas, apakah sudah paham dan jelas? Kami rasa kalian pasti dapat melakukan sendiri karena dijelaskan secara detail dan rinci mulai dari ukuran, kebutuhan per m2 dan biaya pemasangan juga.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan batako untuk pagar disertai dengan perhitungan biaya pemasangan per m2 dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.