22 Tips dan Cara Merawat Lantai Bambu Agar Awet Tahan Lama

Cara Merawat Lantai Bambu – Bambu saat ini banyak memiliki fungsi yang tentu dapat kita jadikan sebagai bahan bangunan, khususnya interior. Dan yang paling populer dalam hal interior adalah penggunaan bambu sebagai lantai rumah atau dikenal dengan istilah Bamboo Flooring.

Bambu merupakan salah satu alternatif lantai yang bersifat ramah lingkungan. Bahkan lantai jenis ini diklaim memiliki sifat ramah lingkungan lebih baik dibandingkan dengan lantai kayu. Bisa dikatakan demikian karena bambu memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan tumbuhan penghasil kayu pada umumnya.

Sehingga proses penebangan serta penanaman bambu di alam pun menjadi seimbang. Pemanfaatan tanaman bambu sebagai bahan bangunan ini juga tidka merusak lingkungan karena stoknya di alam masih melimpah. Berbicara mengenai kegunaan bambu sebagai salah satu jenis lantai rumah yang unik dan menarik akan kami bahas pada pertemuan kali ini.

Lantai bambu atau bamboo flooring ini sudah banyak digunkan di beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Penggunaan lantai ini juga biasanya akan disesuaikan dengan konsep dan desain rumah yang telah disiapkan. Selain memiliki tampilan yang apik, unik dan alami, segi perawatan lantai bambu juga harus kita perhatikan.

Tips dan Cara Merawat Lantai Bambu Agar Awet Tahan Lama

Cara Merawat Lantai Bambu

Dalam hal perawatan, ada beberapa poin penting yang harus kalian ketahui terlebih dahulu. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai tips dan cara merawat lantai bambu agar awet dan tahan lama yang telah kami siapkan berikut ini.

Kelebihan Lantai Bambu

Untuk kelebihannya, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lantai jenis bambu ini sehingga banyak diminati oleh sebagian masyarakat umum. Apa saja kelebihannya mari kita simak dibawah ini:

  • Memiliki banyak motif atau corak yang begitu indah
  • Banyak pilihan warna
  • Tersedia pilihan ketebalan lantai yang dapat disesuaikan
  • Tekstur khas dan unik
  • Harganya lebih terjangkau daripada lantai kayu
  • Daya tahan yang tinggi terhadap rayap
  • Memancarkan pesona natural yang mewah

Perawatan Lantai Bambu

Untuk perawatan lantai bambu ini hampir sama dengan lantai kayu, dimana kedua jenis lantai ini nyaris tidak ada perbedaan sama sekali dalam hal perawatannya. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah khusus yang kami sampaikan berikut ini:

Perawatan Harian

Perawatan lantai bambu alangkah baiknya untuk selalu dirawat secara rutin. Perawatan harian secara rutin tentu akan lebih awet dan tahan lama karena kita bisa langsung mengetahui jika ada kerusakan yang terjadi pada lantai bambu tersebut.

Sapu dan pel adalah alat yang wajib kita miliki dan gunakan pada saat membersihkan lantai bambu. Alangkah baiknya untuk menggunakkan sapu nylon karena memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga seratnya tidak akan menggores permukaan lanatai.

Hindari penggunaan sapu ijik karena berserat kasar yang akan membuat permukaan mudah tergores. Usahakan juga untuk tidak mengepel lantai menggunakan air yang berlebih, lebih baik gunakkan kain pel yang diperas secara kuat agar tidak terlalu banyak airnya, barulah lap bagian-bagian lantai secara merata, kemudian keringkan menggunakan kain lembut yang kering.

Selain itu kalian dapat membersihkan lantai menggunakan vacuum cleaner. Alat ini cocok digunakan untuk membersihkan lantai bambu dan lantai kayu. Selain memudahkan pekerjaan, vacuum juga tidak akan membuat goresan pada permukaan lantai.

Perawatan Tahunan

Dalam kurun waktu tertentu kalian dapat memberikan bentuk perawatan ekstra secara khusus pada lantai bambu ini. Hal ini bertujuan agar lantai tetap berkilau dan lebih awet lagi walaupun sudah lama digunakan. Warna pada antai bambu ini kemungkinan akan memudar seiring berjalannya waktu.

Maka dari itu kalian dapat mengaplikasikan coating pada lantai tersebut. Kalian dapat membelinya di toko bangunan, selanjutnya aplikasikan coating ke permukaan lantai secara menyeluruh. Bentuk perawatan ini baiknya dilakukan setiap 3-5 tahun sekali ketika warna lantai sudah memudar.

Solusi lain selain menggunakan coating, kalian dapat mengamplas permukaan lantai bambu untuk menghaluskan dan mengikis lapisan luar dan berikan finishing clear.

Hal-hal yang Diperbolehkan dalam Perawatan Lantai Bambu

  • Membersihkan lantai bambu menggunakan sapu nylon
  • Membersihkan lantai bambu dengan mesin penyedot debu
  • Mengelap lantai bambu memakai kain microfiber
  • Menyikat area sudut lantai bambu dengan sikat gigi yang halus
  • Membersihkan lantai bambu dengan minyak kayu putih
  • Membersihkan lantai dengan air sari buah lemon
  • Memberikan bantalan yang lembut di kaki-kaki perabotan

Hal-hal yang Tidak Diperbolehkan dalam Perawatan Lantai Bambu

  • Mengepel lantai menggunakan air secara rutin
  • Membersihkan lantai menggunakkan sapu ijuk
  • Mengenakan sepatu berhak tinggi di atas lantai bambu
  • Menggeser furniture dengan menarik/mendorong di atas lantai bambu
  • Memakai cairan pembersih kimia untuk membersihkan lantai
  • Membiarkan lantai bambu tergenang air dalam waktu yang lama
  • Membiarkan lantai bambu terkena sinar matahari secara langsung
  • Meletakkan benda-benda panas tepat di atas permukaan lantai bambu

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara merawat lantai bambu yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga membagikan tips perawatan lantai bambu yang aman dan benar. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara membersihkan lantai kayu yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.