13 Cara Membersihkan Lantai Kayu dan Lantai Beton Paling Mudah

Cara Membersihkan Lantai Kayu – Perawatan interior dan juga eksterior rumah memang menjadi hal yang wajib kita lakukan sebagai pemilik rumah. Melihat rumah rapih, rajin dan bersih tentu akan menambah rasa betah kita tinggal dirumah.

Perawatan interior menjadi salah satu yang cukup penting, dimana bagian dalam rumah memang menjadi tempat aktivitas seperti nonton televisi, bekerja dirumah, memasak, bermain bersama keluarga dan lain sebagainya. Maka dari itu perawatan seperti lantai, dinding dan atap menjadi hal yang wajib dilakukan.

Saat ini penggunaan lantai untuk rumah bukan hanya keramik saja, melainkan lantai teraso, lantai beton, lantai kayu, marmer dan juga granit. Nah setiap jenis lantai juga memiliki cara membersihkan dan perawatan yang berbeda-beda.

Nah yang akan kami bahas pada pertemuan kali ini adalah bagaimana cara membersihkan lantai kayu dan lantai beton serta cara perawatan yang baik dan benar agar lantai tersebut awet. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Membersihkan Lantai Kayu dan Lantai Beton Paling Mudah

Cara Membersihkan Lantai Kayu

Seperti sudah kita singgung diatas bahwa lain lantai lain pula cara perawatannya. Apabila kita salah menerapkan cara membersihkan lantai, maka yang ada lantai dapat cepat rusak. Dibawah ini kalian dapat simak cara membersihkan lantai kayu dan beton dengan seksama berikut ini:

Cara Membersihkan Lantai Kayu

Seperti kita ketahui bahwa bahan kayu ini merupakan material yang mudah sekali rusak jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Sebelum kalian membersihkan lantai kayu ini kalian perlu memastikan terlebih dahulu apakah lantai tersebut memiliki lapisan kedap air atau tidak.

Cara perawatan lantai kayu berbeda-beda dengan melihat bahan pelapisnya. Apabila lantai kayu berlapis kedap air, maka kalian dapat mengepelnya tanpa khawatir lantai tersebut rusak. Langkah-langkah seperti berikut ini:

Perawatan Lantai Kayu dengan Lapisan Kedap Air

  • Pertama sapu atau sedot debu dan kotoran agar tidak menggores lantai ketika dipel.
  • Larutkan cairan pembersih lantai kayu di dalam seember air hangat. Ikuti aturan pakai pada label kemasan produk.
  • Basahi kain atau alat pel dan peras hingga tidak ada air menetes. Walaupun berlapis bahan kedap air, sebaiknya usahakan jangan sampai ada genangan air pada lantai tersebut.
  • Pel lantai dengan cara memutar lap atau alat pel di atas lantai.
  • Keringkan lantai dengan menggunakan lap kering dan bersih.

Perawatan Lantai Kayu Tanpa Lapisan Kedap Air

  • Pertama sapu atau sedot debu dan kotoran agar tidak menggores lantai ketika dipel.
  • Campur cairan pembersih lantai kayu dan sedikit air. Baca dan ikuti petunjuk pemakaian pada kemasan produk.
  • Sekadar buat kain pel agak lembap dengan campuran tersebut.
  • Usapkan pada lantai dan segera lap bagian yang sama dengan lap kering dan bersih.

Beberapa lantai kayu sebenarnya memiliki banyak jenis, terkadang ada lantai yang memiliki tampilan kayu namun bahan dasarnya adalah sintetis atau disebut dengan laminasi. Bahan ini lebih tahan lama dibandingkan dengan lantai kayu asli, kemudian cara perawatannya juga cukup mudah.

Cara Membersihkan Lantai Beton

Cara Membersihkan Lantai Beton

Penggunaan lantai beton ini cukup populer belakangan ini karena lebih rendah dalam hal pembiayaan bangunan. Selain itu lantai beton juga dikenal kuat dan tahan lama serta memiliki kesan asri dan alami. Nah untuk perawatannya simak berikut ini:

  • Gunakanlah sapu atau mesin pengisap debu untuk menyingkirkan debu dari seluruh permukaan lantai beton.
  • Campur produk pembersih lantai beton dengan air hangat di ember. Cairan pembersih khusus lantai beton bisa di beli di toko-toko perkakas atau toko bahan bangunan.
  • Pel lantai mulai dari pojok terjauh dan bergerak mundur menuju pintu keluar dan ganti air jika sudah keruh.
  • Keringkan lantai memakai lap kering dan bersih atau biarkan mengering secara alami.

Nah itulah beberapa cara membersihkan lantai kayu dan juga lantai beton yang mudah. Kenali terlebih dahulu apa komposisi bahan dasar lantai kayu yang akan dibersihkan, agar tidak salah dan tidak merusak lantai tersebut. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara membersihkan lantai granit yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.