12 Tips dan Cara Membersihkan Lantai Granit Agar Bersih

Cara Membersihkan Lantai Granit – Perawatan sebuah lantai memang harus dilakukan secara rutin. Hal ini agar lantai yang ada dirumah kita menjadi semakin bersih dan kinclong. Penggunaan lantai memang bermacam-macam, mulai dari lantai vinyl, lantai keramik dan juga lantai granit ataupun marmer.

Berbicara mengenai lantai, disini kami akan memberikan tips dan juga cara merawat serta membersihkan lantai granit. Seperti kita ketahui bahwa granit merupakan salah satu material batu alam yang memiliki nilai seni dan karakteristik yang alami. Dimana dapat kita lihat dari model dan juga motif lantai yang satu ini.

Keindahan yang dimiliki oleh lantai granit ini membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan lantai ini dirumah mereka. Walaupun untuk soal harga juga bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan dengan lantai keramik biasa. Disamping itu lantai jenis ini juga membutuhkan perawatan yang ekstra agar tetap bersih dan indah.

Tips dan juga cara membersihkan lantai granit ini ada beberapa poin yang perlu kalian ketahui. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membersihkan lantai granit agar bersih yang telah kami siapkan berikut ini.

Tips dan Cara Membersihkan Lantai Granit Agar Bersih

Cara Membersihkan Lantai Granit

Cara Membersihkan Lantai Granit

1. Bersihkan Secara Rutin

Untuk mencegah warna lantai granit mudah kusam dan kotor, kalian dapat membersihkan lantai tersebut dengan rutin setiap hari. Caranya adalah dengan cara mengepel lantai tersebut setiap hari, jika perlu gunakan alat pembersih lantai dan cairan khusus untuk mengepel lantai granit yang satu ini.

Akan tetapi jika kalian tidak memiliki cairan pembersih granit khusus, kalian dapat menggunakan air biasa saja. Pembersihan secara harian ini hanya untuk menjaga lantai tetap bersih dan juga higienis.

2. Lakukan Pembersihan Agar Lantai Mengkilap

Memiliki lantai granit yang selalu mengkilap tentu menjadi dambaan setiap orang. Maka dari itu kalian harus juga rutin untuk melakukan pemolesan pada lantai tersebut dengan menggunakan air sumur. Hindari menggunakan air kran yang mengandung mineral dan juga klorin karena dapat membuat lantai menjadi kusam dan banyak goresan.

3. Gunakan Alat yang tidak Mudah Menggores Lantai

Untuk membersihkan lantai granit ini tidak sembarangan menggunakan segala jenis alat. Hindari menggunakan alat yang dapat menyebabkan abrasi pada lantai seperti spons atau handuk kasar. Gunakanlah tisu atau kain halus untuk membersihkan lantai tersebut.

4. Bersihkan Noda dengan Bahan yang Aman

Perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa cara membersihkan lantai granit dari noda yang sudah melekat di permukaan lantai tersebut. Kalian dapat memanfaatkan bahan-bahan berikut ini untuk membersihkan macam noda yang ada dipermukaan lantai tanpa memudarkan warna lantai itu sendiri.

  • Sabung Cair Cuci Piring

Pertama kalian dapat menggunakan cairan pencuci piring. Jangan lupa juga untuk menggunakan kain pel yang lembut pada saat membersihkan noda di lantai granit. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air bersih dan lap kering untuk menghilangkan residu sabun. Poles lantai dengan kain mikrofiber yang bersih juga untuk menghilangkan becak air yang dapat memudarkan warna lantai.

  • Baking Soda

Kedua adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda ini dikenal ampuh untuk menghilangkan noda di baju putih, namun bahan yang satu ini juga dapat kita gunakan untuk membersihkan noda di lantai granit. Buat pasta kental dari baking soda dan juga air. Lalu tutupi noda tersebut dengan pasta dan diamkan semalaman.

Keesokannya dapat kalian usap dengan kain lap basah. Jika noda membandel seperti noda car, gunakan aseton atau alkohol untuk membersihkannya.

5. Poles Granit Setiap Beberapa Waktu Sekali

Cara yang paling ampuh untuk menghilangkan goresan parah pada granit adalah dengan melakukan pemolesan. Pemolesan ini dapat kalian lakukan setiap seminnggu sekali atau dua minggu sekali.

Tips Merawat Lantai Granit

1. Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Lantai Biasa

Untuk menjaga lantai granit kusam, jangan pernah menggunakan cairan pembersih lantai biasa. Gunakan cairan pembersih khusus untuk lantai granit yang dapat kalian berli ditoko-toko perlengkapan rumah tangga.

2. Sediakan Keset di Pintu Masuk

Gunakan juga keset dan tempatkan didepan pintu masuk. Hal ini agar orang yang hendak masuk kerumah dapat menggunakan keset tersebut untuk membersihkan kaki mereka dari adanya debu dan kotoran pasir yang dapat menyebabkan lantai cepat kusam dan kotor.

3. Jangan Meletakkan Perabotan yang Tajam dan Kasar

Usahakan untuk tidak meletakkan perabotan yang tajam dan kasar karena akan membuat goresan pada lantai tersebut. Walaupun nantinya goresan tersebut dapat dihilangkan dengan melakukan pemolesan, namun hal tersebut akan memakan waktu dan juga biaya jika kita menyewa jasa poles granit.

4. Pilih Cairan Pembersih Lantai yang Berkualitas

Pilihlah cairan pembersih lantai granit khusus yang berkualitas. Gunakan cairan dengan pH yang seimbang untuk membersihkannya. Jika tidak, kalian dapat menggunakan air dan sabun cici piring saja.

5. Segera Bersihkan Lantai Granit Setelah Selesai Dipasang

Mengapa harus segera dibersihkan? Kita tahu bahwa lantai yang baru dipasang tentu akan sangat kotor dan berdebu, maka dari itu kalian dapat langsung membersihkan lantai tersebut agar tidak ada kotoran yang menempel dipermukaan lantai.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai tips dan juga cara membersihkan lantai granit agar tetap bersih dan kinclong. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.