27 Harga Borongan Pasang Plafon Triplek 2021 : Tenaga & Material

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek – Di dalam dunia konstruksi sebuah bangunan, plafon triplek merupakan salah satu jenis plafon lama yang masih populer hingga detik ini. Tidak hanya sekedar menjadikan langit-langit hunian terlihat lebih rapi dan nyaman dipandang, plafon juga mampu menambah kesan keindahan pada interior suatu bangunan.

Salah satu alasan mengapa plafon triplek masih eksis di kalangan masyarakat Indonesia yaitu karena harganya cenderung lebih murah dibandingkan plafon gypsum ataupun PVC. Di sisi lain, tata cara perawatan plafon triplek juga lebih mudah serta tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar.

Untungnya saat ini di Indonesia sendiri telah tersedia sangat banyak pekerja borongan ataupun kontraktor yang menawarkan jasa instalasi plafon triplek. Sebagai pemborong, pastinya mereka memiliki peraturan mengenai besaran tarif atau harga jasa borongan yang biasanya dihitung dengan satuan per meter persegi.

Maka dari itu, apabila kalian berencana hendak memasang plafon triplek menggunakan jasa tukang borongan, sebaiknya pahami terlebih dahulu besaran harga borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait daftar harga borongan pasang plafon triplek per meter perseginya, entah itu non material ataupun plus material.

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek Per Meter Persegi

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan plafon jenis triplek yaitu harganya cenderung lebih murah dibandingkan jenis plafon lainnya. Kendati demikian, bukan berarti material tersebut tidak memiliki kekurangan sama sekali. Sebelum membahas harga borongan pasang plafon triplek lebih lanjut, berikut akan kami jelaskan sejumlah kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan

  • Plafon triplek mudah didapatkan di toko bangunan terdekat.
  • Proses pengerjaannya mudah dan cepat.
  • Bobotnya lebih ringan.
  • Mudah diperbaiki ataupun diganti.
  • Plafon triplek termasuk ke dalam bahan yang tahan akan penyusutan ataupun melengkung.
  • Plafon triplek memiliki tekstur permukaan halus.
  • Memiliki sifat kuat dan tahan lama.

Kekurangan

  • Rentan terhadap kerusakan apabila terkena air secara terus menerus.
  • Tidak tahan api.
  • Warnanya cepat pudar.
  • Sambungan antar plafon bisa terlihat dengan jelas.

Ukuran Standar Plafon Triplek

Ukuran Standar Plafon Triplek

Perlu diketahui, harga borongan pasang plafon triplek per meter perseginya biasanya akan dipengaruhi oleh pemilihan ukurannya. Ukuran standar papan triplek yang kerap digunakan masyarakat sebagai bahan dasar pembuatan plafon sendiri yaitu 240 cm x 112 cm atau 96 inci x 48 inci.

Sementara untuk ketebalannya sendiri sebenarnya dapat dipilih sesuai dengan keinginan serta kebutuhan pembelinya, mulai dari 3 mm sampai 6 mm. Plafon triplek biasanya dirangkai menggunakan kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu sebesar 60 cm x 60 cm.

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek Per Meter

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek Per Meter

Sebagaimana diketahui, UPAH TUKANG BANGUNAN di beberapa daerah biasanya memiliki sedikit perbedaan. Biasanya perbedaan tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kondisi atau lokasi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Meskipun demikian, umumnya harga borongan pasang plafon triplek non bahan berada di kisaran Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per meter perseginya. Sementara tarif borongan pemasangan plafon triplek plus material berkisar antara Rp 125.000 hingga Rp 300.000 per meter perseginya.

Kembali lagi bahwa besaran harga borongan tersebut dipengaruhi oleh tingkat kerumitan ataupun kesulitan pemasangannya. Selain itu, pemilihan kualitas serta HARGA PLAFON KAYU juga sebenarnya akan mempengaruhi total ongkos borongan per meter perseginya.

Cara Menghitung Biaya Pasang Plafon Triplek

Secara garis besar, cara menghitung biaya pemasangan plafon triplek tidak jauh berbeda seperti pada saat menghitung BIAYA PASANG PLAFON PVC. Pasalnya, kalian perlu mencari tahu total luas atau volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi plafon triplek terlebih dahulu. Berikut adalah rincian perhitungannya.

Volume Pekerjaan Plafon

Volume Pekerjaan Plafon

Cara pertama, silahkan hitung luas atau volume bidang pekerjaan plafon triplek. Misalkan kalian akan memasang plafon triplek berukuran 240 cm x 112 cm pada ruangan kamar dengan panjang 4 meter serta lebar 4 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 4 meter.
  • Lebar ruangan : 4 meter.
  • Ukuran plafon triplek : 240 cm x 112 cm.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan plafon triplek : Panjang x lebar ruangan.
  • Volume pekerjaan plafon triplek : 4 m x 4 m = 16 meter persegi.

Biaya Pasang Plafon Triplek

Biaya Pasang Plafon Triplek

Tahap berikutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangan plafon triplek menggunakan pekerja borongan. Caranya yaitu mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan pasang plafon triplek per meter, entah itu non material ataupun plus material.

Borongan Non Material

  • Biaya pasang plafon : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang plafon triplek : 16 m2 x Rp 50.000 = Rp 800.000.

Borongan Plus Material

  • Biaya pasang plafon : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang plafon triplek : 16 m2 x Rp 125.000 = Rp 2.000.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang plafon triplek berukuran 240 cm x 112 cm pada ruangan kamar persegi dengan panjang sisi 4 meter yaitu sekitar Rp 800.000 untuk pekerja borongan non bahan serta Rp 2.000.000 untuk pekerja borongan plus bahan.

Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga borongan pasang plafon triplek di atas bisa berbeda di beberapa daerah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti tingkat kerumitan pemasangan, kondisi bidang pekerjaan hingga risiko pemasangannya.

Demikian penjelasan dari Ahlikuli.com seputar daftar harga borongan pasang plafon triplek per meter baik itu non bahan ataupun plus bahan. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan acuan ketika hendak memasang plafon triplek di rumah menggunakan jasa pemborong.