√ Biaya Pasang Plafon PVC Per Meter 2021 : Material & Tenaga

Biaya Pasang Plafon PVC – Plafon memiliki peran penting untuk menutup langit-langit rangka atap pada interior sebuah bangunan. Selain itu, konstruksi plafon juga mampu membuat tampilan interior ruangan menjadi lebih rapi dan indah.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis-jenis plafon yang kerap digunakan oleh masyarakat, salah satunya yaitu plafon PVC. Meskipun plafon PVC masih terbilang baru, namun kualitasnya sudah hampir setara seperti jenis lainnya.

Salah satu keunggulan plafon PVC dibandingkan plafon jenis lainnya yaitu bobotnya cenderung lebih ringan sehingga memudahkan saat proses pemasangan. Selain itu, desainnya yang unik dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para peminatnya.

Jika kalian berencana hendak memasang plafon PVC di rumah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biaya pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pasang plafon PVC per meter untuk semua model beserta ukurannya.

Biaya Pasang Plafon PVC

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan plafon PVC yaitu memiliki bobot ringan sehingga memudahkan proses instalasinya. Meskipun demikian, bukan berarti material tersebut tidak memiliki kekurangan sama sekali. Oleh sebab itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya, berikut akan kami berikan kelebihan serta kekurangan plafon PVC.

Kelebihan

  • Memiliki sifat lentur.
  • Awet dan tahan lama, bahkan mencapai puluhan tahun.
  • Proses pemasangannya lebih cepat.
  • Mudah untuk dibersihkan.
  • Mempunyai motif sangat beragam.
  • Anti rayap serta air.
  • Kuat dan tidak mudah pecah.
  • Mudah dalam perawatannya.

Kekurangan

  • Proses pemasangan list plafon PVC biasanya kurang rapat.
  • Penggunaan lem perekat menjadikan plafon terkesan kotor.
  • Apabila tanpa motif atau warna, plafon PVC terlihat membosankan.
  • Material PVC sulit untuk di daur ulang.

Ukuran Standar Plafon PVC

Ukuran Standar Plafon PVC

Perlu diketahui, total biaya pasang plafon PVC biasanya akan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti harga material serta ukurannya. Maka dari itu, sebelum pembahasan berlanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu berapa ukuran standar plafon PVC.

Umumnya, panjang papan PVC yang dijual di pasaran Indonesia saat ini sebenarnya cukup bervariasi, mulai dari 3 meter, 4 meter, 5 meter hingga 6 meter. Sementara ketebalannya kurang lebih sekitar 6 mm sampai 8 mm dengan lebar plafon 20 cm.

Kendati demikian, konsumen atau pembeli juga biasanya bisa memesan ukuran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun, mereka harus mengunjungi produsen atau pemasok plafon PVC untuk memesan ukurannya secara langsung.

Biaya Pasang Plafon PVC Per Meter

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan hingga ukuran standar papan plafon PVC, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya pemasangannya. Di dalam perhitungan biaya pasang plafon PVC, terdapat beberapa hal elemen penting yang perlu diperhatikan.

Beberapa elemen penting tersebut yaitu seperti luas atau volume bidang pekerjaan, total kebutuhan plafon PVC serta upah para pekerjanya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian biaya pasang plafon PVC di bawah ini.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan 1

Tahap pertama yaitu mencari tahu total luas atau volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi plafon PVC. Misalkan kalian akan memasang plafon PVC pada ruangan kamar dengan panjang 5 meter serta lebar 4 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 5 meter.
  • Lebar : 4 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 5 m x 4 m = 20 m2.

Kebutuhan Plafon PVC

Kebutuhan Plafon PVC

Langkah berikutnya yaitu menghitung total kebutuhan material papan plafon PVC. Sebagai contoh kalian akan menggunakan plafon PVC merek Shunda dengan ukuran 3 m x 20 cm x 10 mm, berikut rincian perhitungan kebutuhan material plafon PVC.

  • Luas plafon PVC : Panjang x lebar.
  • Luas plafon PVC : 3 m x 20 cm.
  • Luas plafon PVC : 300 cm x 20 cm = 6.000 cm2 (0.6 m2).
  • Kebutuhan plafon PVC : Luas ruangan ÷ luas plafon PVC.
  • Kebutuhan plafon PVC : 20 m2 ÷ 0.6 m2 = 33.33 buah.

Jadi, total kebutuhan plafon PVC untuk ruangan kamar berukuran 5 m x 4 m yaitu kurang lebih sekitar 33.33 buah atau dibulatkan menjadi 34 buah. Misalkan HARGA PLAFON PVC saat ini adalah Rp 115.000, maka total biaya pembelian bahan materialnya yaitu 34 buah x Rp 115.000 = Rp 449.650.

Ongkos Pekerja

Ongkos Pekerja

Setelah mengetahui total biaya pembelian material plafon PVC, selanjutnya tinggal mencari tahu berapa ongkos pekerja pemasangannya. Saran kami sebaiknya gunakan pekerja sistem borongan karena HARGA BORONGAN BANGUNAN dinilai lebih murah dibandingkan pekerja harian.

Kita asumsikan bahwa harga borongan pasang plafon PVC saat ini adalah Rp 80.000 per meter perseginya, maka kalian perlu mempersiapkan biaya untuk upah para pekerja borongan sekitar Rp 80.000 x 20 m = Rp 1.600.000. Jika di total, maka biaya pasang plafon PVC mulai dari pembelian bahan material hingga ongkos pekerja yaitu sekitar Rp 2.049.650 (Rp 449.650 + Rp 1.600.000).

Perlu diingat, rincian biaya pemasangan plafon PVC di atas belum termasuk pembelian dan pemasangan list plafon. Selain itu, harga material beserta harga borongan di beberapa daerah juga bisa berbeda karena terpengaruh oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Tips Memilih Plafon PVC

Tips Memilih Plafon PVC

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang plafon PVC untuk semua model dan ukurannya. Agar kalian mendapatkan material berkualitas, sebaiknya ikuti beberapa tips memilih papan plafon PVC di bawah ini.

  • Sesuaikan ukuran plafon PVC dengan kebutuhan serta keinginan.
  • Pilihlah material berkualitas meskipun harganya sedikit lebih mahal.
  • Tentukan apakah akan menggunakan plafon PVC yang elastis atau tidak.
  • Pilihlah plafon PVC yang sudah dapat dipasang dengan mudah, tanpa adanya bahan tambahan lainnya.

Demikian penjelasan dari Ahlikuli.com seputar perhitungan biaya pasang plafon PVC untuk semua jenis dan ukurannya menggunakan pekerja borongan. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang plafon PVC di rumah.