7 Cara Memasang Lantai Bambu Mudah & Cepat 2020

Cara Memasang Lantai Bambu – Lantai rumah merupakan elemen penting dalam sektor interior sebuah rumah. Maka dari itu kita harus banyak belajar mengenai tata ruang interior serta perawatan, khususnya untuk lantai yang ada dirumah kita.

Pemilihan jenis lantai saat ini dapat kita pilih sesuai dengan selera, keinginan dan juga budget. Banyak sekali jenis lantai yang dijual di pasaran dengan harga bervariatif, mulai dari jenis dan motifnya. Nah yang paling populer saat ini adalah penggunaan lantai bambu.

Jika kalian ingin mendapatkan lantai bambu, saat ini banyak tersedia di toko bangunan dan kalian dapat membelinya dengan mudah. Dan untuk soal harga dan ukuran, harga lantai ini cukup terjangkau dengan beragam ukuran yang dapat kalian pilih terlebih dahulu.

Berbicara mengenai lantai bambu, ada beberapa poin penting yang harus kalian perhatikan dalam pemasangan dan juga perawatan. Baiklah untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara memasang lantai bambu yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Memasang Lantai Bambu Mudah & Cepat

Cara Memasang Lantai Bambu

Sebelum kepembahasan utama, berdasarkan teknik pembuatannya ada 4 macam lantai bambu yangh biasanya dijual di toko bangunan. Diantaranya adalah bambu khusus untuk bangunan, lantai bambu horizontal, vertikal dan anyaman.

Lantai bambu juga hadir dengan beberapa varian warna seperti kuning tua, kuning emas, hijau kekuningan, cokelat gelap dan motif bambu. Ukurannya berkisar antara 100 x 12,6 x 1,7 cm dan 96 x 9,6 x 1,4 cm atau sesuai permintaan pembeli.

Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan lantai keramik, namun semua sebanding dengan kualitas yang dimiliki. Nah untuk cara pemasangannya, mari kita simak tutorialnya berikut ini.

Cara Memasang Lantai Bambu

Untuk pemasangan lantai bambu ini juga sebenarnya tidak terlalu sulit, kalian dapat memasangnya sendiri tanpa perlu memesan tukang jasa pemasangan lantai bambu sehingga irit pengeluaran. Yuk simak caranya dibawah ini:

1. Pembuatan Lantai Beton Terlebih Dahulu

Sama halnya seperti pemasangan lantai kayu, lantai bambu ini dipasang tepat diatas lantai beton. Tugas pertama kalian adala membuat lantai beton terlebih dahulu, kalian dapat membuat lantai dasar berupa beton atau semen yang memiliki struktur kuat dan kokoh. Kalian dapat membuat lantai beton secara merata di seluruh area ruangan yang akan dipasangi lantai bambu. Biarkan selama 7-14 hari agar kondisi lantai mengering dengan sempurna.

2. Pasang Busa, Foam atau Tripleks sebagai Landasan

Kemudian langkah selanjutnya adalah memasangan busa atau foam atau tripleks sebagai alas lantai bambu. Alas ini dipasang tepat diatas lantai beton atau semen dengan cara dipaku. Ini berfungsi untuk mencegah kelembaban terbentuk di bawah lantai bambu yang dapat merusak strukturnya. Landasan ini juga berfungsi untuk membuat lantai bambu menjadi empul dan nyaman ketika diinjak. Usahakan untuk memasang alas dengan rapih dan tersusun merata sehingga tidak ada celah.

3. Tentukan Arah Pemasangan Lantai Bambu

Dalam hal ini kalian dapat menentukan apakah lantai akan dipasang dengan pola searah panjang atau saling menyilang satu sama lain. Agar hasilnya rapi, kalian dapat menyusun terlebih dahulu ubin-ubin lantai bambu sebanyak 2,3 atau 5 barisan. Letakkan ubin yang berukuran pendek di dekat dinding untuk meminimalkan celah. Berikan jarak kurang lebih 5 mm di sepanjang perbatasan dinding sebagai ruang memuai sehingga lantai tidak mengalami lendutan.

4. Berikan Jarak

Jika ruangan yang akan dipasangi lantai bambu memiliki ukuran lebar lebih dari 4 meter, maka kalian dapat memberikan jarak kurang lebih 1 mm di setiap 4 baris ubin. Pasang ubin dengan menggunakan lem pada bagian bawah lantai agar merekat dengan sempurna.

5. Gunakan Perekat Pada Bagian Bawah Ubin Bambu

Penggunaan lem ini tentu agar lantai merekat sempurna. Kalian dapat mengoleskan lem dengan menggunakan kape secara merata. Kemudian pasang ubin diatas permukaan landasan busa yang telah kita pasang sebelumnya. Kalian dapat mengetuknya beberapa kali menggunakan palu karet untuk memastikan lantai dapat menempel dengan kuat di permukaan beton.

6. Pastikan Lantai Terpasang Sempurna

Pastikan kembali jika setiap ubin bambu yang kalian pasang telah menempel dengan sempurna. Pastikan juga apakah masih ada celah diantara ubin yang kalian pasang. Jika tidak ada maka kalian dapat melanjutkan pemasangan skriting di sekeliling ruangan agar terlihat rapih.

Nah itulah beberapa cara pemasangan lantai bambu paling mudah yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa simak artikel lain mengenai harga lantai bambu yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.