8 Tips & Cara Membuat Talang Air Beton Paling Mudah

Cara Membuat Talang Air Beton – Bangunan yang baik tentunya harus dilengkapi dengan adanya talang sebagai struktur yang memiliki fungsi sebagai saluran pembuangan air hujan. Talang air juga harus dibuat dengan sedemikian rupa agar nantinya memungkinkan air hujan cepat menghilang dari permukaan dan tidak menyebabkan adanya genangan air.

Pembuatan talang air pada bagian samping perlu memastikan kekuatan dan daya tahannya, kalian pun sebaiknya memperhatikan beberapa aspek estetikanya. Usahakan untuk menghindari penggunaan logam sebagai baku pembuatan talang air, karena air hujan bersifat asam sehingga dapat menyebabkan talang tersebut mengalami korosi dalam waktu singkat.

Maka lambat laun talang dapat dipastikan mengalami korosi, berlubang, keropos dan rusak. Alangkah baiknya kalian menggunakkan talang beton karena sudah terbukti awet, kuat dan kokoh. Perawatan yang dapat dilakukan untuk talang beton juga cenderung leih mudah untuk kita lakukan. Umumnya proses pembuatan talang ini dilakukan dengan memanfaatkan adukan beton untuk membangun struktur yang menempel di sekeliling bagian atap bangunan/rumah.

Karena memiliki kekuatan yang baik, talang ini juga boleh dinaikki oleh orang yang sedang melakukan perawatan seperti pembersihan, pembuatan sampah, perbaikan bagian atap yang rusak dan lain sebagainya. Ukuran lebar talang beton dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanpa harus merusak desain rumah tersebut. Walaupun dalam hal pengerjaan memang cukup lama, namun hasil yang akan kita peroleh tentu sangat maksimal.

Tips & Cara Membuat Talang Air Beton Paling Mudah

Cara Membuat Talang Air Beton

Nah berbicara mengenai talang air beton, disini kami akan membahas mengenai bagaimana cara membuat talang air beton paling mudah. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak tutorial pembuatan talang beton yang telah kami siapkan berikut ini.

Alat dan Bahan

Sebelum mulai melakukan pembuatan talang air bahan beton, kalian dapat menyiapkan beberapa peralatannya terlebih dahulu. Apa saja perlatan dan bahannya, mari kita simak dibawah ini:

  • Semen
  • Pasir
  • Cetok
  • Kawat Cor
  • Papan
  • Air

Cara Membuat Talang Air Beton

Setelah semua peralatan dan bahan dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah pembuatan talang air beton. Ada beberapa langkah yang telah kami persiapkan dibawah ini. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tutorial pembuatan talang air beton:

1. Pertama kalian dapat membuat perencanaan pekerjaan terlebih dahulu dengan matang. Umumnya talang ini dibuat pada bagian samping kanan dan kiri rumah/bangunan. Kalian juga dapat membuatnya di antara perpaduan kap. Agar pemasangan kuat, usahakan sebagian lebar talang nanti menapak diatas pasangan batu bata atau dinding bangunan sebagai penyangganya.

2. Untuk ukuran talang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuha, anggaran dan juga kondisi curah hujan didaerah kalian. Biasanya minimal ukuran talang beton yang rekomendasi adalah lebar 30 cm yang diukur dari dinding talang serta ketebalan struktur talang biasanya sekitar 8 cm.

3. Kemudian siapkan juga besi yang nantinya digunakkan untuk tulangan di dalam struktur beton. Kalian dapat menggunakkan besi diameter 12 mm untuk keperluan bentangan. Sedangkan untuk sekatan yang memiliki bentu U, kalian dapat menggunakkan besi begel berdiameter minimal 10 mm dan jarak renggangnya sejaih 10 cm.

4. Lakukan pengecoran beton. Disini kalian membutuhkan adukan cor beton yang terbuat dari campuran semen, pasir dan kerikil dengan perbandingan 1 : 3 : 3. Campurkan seluruh bahan dengan merata kemudian lakukan pengecoran.

5. Setelah selesai melakukan pengecoran talang beton, biasanya dibiarkan selama 24 jam agar cor mengering dengan sempurna. Untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran kalian dapat menyiramkan air semen pada bagian atas dan biarkan menggenangi permukaan selama proses pengeringan berlangsung.

6. Talang yang sudah mengering selanjutnya akan memasukki tahapan pengacian. Proses ini bertujuan untuk menghaluskan tekstur permukaan sehingga air hujan dapat mengalir lancar diatasnya. Dalam melakukan pengacian kalian harus memperhatikan tingkat kemiringan permukaan talang tersebut. Jangan sampai permukaan talang bergelombang atau lebih tinggi pada bagian ujungnya karena dapat mengakibatkan air tetap tergenang.

7. Proses pengeringan acian talang juga sebaiknya dilaksanakan dalam waktu yang lambat. Hal ini betujuan agar lapisan kuat karena biasanya lapisan acian rentan mengalami keretakkan akbiat suhu panas. Maka dari itu selama proses pengacian berlangsung, kami sarankan untuk menggenangi permukaan dengan air secukupnya.

8. Setelah proses selesai, kalian dapat mengaplikasi waterproof pada bagai permukaan beton agar talang beton awet, tahan lama dan aman dari yang namanya kebocoran.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara membuat talang air beton yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga talang air PVC yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.