11 Harga Pasir Urug Terlengkap 2020 : Jenis & Fungsi

Harga Pasir Urug – Pasir merupakan contoh bahan material butiran yang menjadi bahan utama pembuatan bangunan. Biasanya pasir ini nantinya akan dipadukan dengan semen dan juga kapur sehingga membentuk sebuah adonan yang disebut adukan.

Adukan tersebut nantinya berfungsi untuk merekatkan batu bata pada saat proses pembangunan sebuah rumah atau bangunan lainnya. Selain itu adukan juga dapat digunakan sebagai plester dinding atau plester lantai. Berbicara mengenai pasir, disini kami akan membahas mengenai pasir urug.

Sesuai dengan namanya, bahwa pasir urug merupakan limbah pasir yang proses pembentukannya dari hasli penyaringan dari pasir seodt dan pasir cuci yang kemudian menjadi limbah pasir. Pasir ini memiliki tekstur yang sangat halus dan bersih karena melalui beberapa penyaringan.

Atau bisa dikatakan bahwa pasir urug ini merupakan jenis pasir terbaik yang memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis pasir pada umumnya. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai harga pasir urug berikut ini.

Harga Pasir Urug Terlengkap : Jenis & Fungsi

Harga Pasir Urug

Fungsi Pasir Urug

Umumnya pasir urugu memiliki fungsi sebagai penyetabil permukaan tanah asli dan menyebarkan beban sehingga beban yang dipikul permukaan tanah merata. Urugan pasir bawah pondasi adalah pengurugan yang diletakkan di permukaan lubang pondasi yang digali.

Sedangkan pengurugan di bawah lantai merupakan pengurugan tanah asli sebelum pemasangan keramik lantai. Bisanya urugan ini memiliki ketebalan kurang lebih sekitar 5-10 cm sesuai dengan kondisi tanah. Karena memiliki gaya gesek yang kecil, hal ini akan menjadikan bangunan tidak kaku dan mengikuti gaya vertikal beban yang diterima.

Secara logika, pondasi bangunan yang kaku tanpa adanya pasir urug dapat dicontohkan dengan diberi sedikit beban vertikal yang diterima akan menimbulkan patahan dari struktur tersebut.

Jenis Pasir Urug

Ada beberapa jenis pasir urug yang dapat kalian ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pasir Gunung

Jenis pasir ini merupakan pasir yang didapatkan dari hasil galian. Butiran pasir ini tidak halus dan tidak keras. Untuk penggunaannya biasanya dicampur dengan kapur padam dan air yang dapat membeku hingga menyusun sebuah massa padat sukar dalam air karena berisi pozolan.

2. Pasir Kali

Sama dengan namanya, pasir ini didapatkan dari kali, yang mana dihasilkan akibat kikisan batu-batuan yang keras dan tajam. Pasir ini memiliki butiran yang cukup bagus sehingga sangat dibutuhkan dalam pengerjaan pasangan.

3. Pasir Beton

Warna pasir ini adalah abu-abu hingga kehitaman, sehingga dinamakan pasir beton. Jenis ini juga memiliki kehalusan yang cukup tinggi. Pasir beton ketika digenggam tidak akan membentuk gumpalan yang padat karena akan kembali buyar.

4. Pasir Pasang

Untuk jenis ini, pasir pasang memiliki karakteristik butiran yang lebih kecil dan halus serta memiliki elemen yang padat. Apabila kita menggenggamnya maka pasir ini akan terkepal alias tidak buyar.

5. Pasir Jebrod/Merah

Untuk pasir jebod ini memiliki warna merah keoranyean yang memiliki karakteristik kasar dengan butiran besar.

6. Pasir Elod

Dan yang terakhir adalah pasir elod. Pasir ini berbeda dengan jenis lainnya, khususnya untuk jenis warnanya. Dimana pasir ini memiliki warna hitam kelam dan juga abu-abu gelap. Butiran pasir ini lebih halus dan kecil dibandingkan dengan pasir beton.

Harga Pasir Urug

Jenis MuatanUkuran KubikHarga
Engkel3,5 – 4 KubikRp 900.000
Truk Colt Diesel6,5 – 7 KubikRp 1.300.000
Tronton22 – 24 KubikRp 4.000.000

Untuk harga pada tabel diatas biasanya berbeda-beda di setiap daerah, maka dari itu bagi kalian yang mungkin hendak membeli pasir urug, alangkah baiknya untuk mengecek harga dan ketersediaan barang ditempat penjualan pasir urug terlebih dahulu.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga pasir 1 kijang termurah yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)