Cara Menghitung Volume Dinding Rumah : Rumus & Hitung

Cara Menghitung Volume Dinding – Setiap bangunan baik itu rumah, ruko, toko, gudang pastinya memiliki sebuah dinding atau disebut juga dengan tembok. Pada umumnya dinding terbuat dari beberapa material seperti bata merah, selain itu ada juga yang menggunakan batako serta herbel.

Disetiap dinding pasti memiliki ukuran masing masing, tergantung seberapa luas dari bangunan yang akan dibangun. Pembangunan juga wajib memperhitungkan material yang dibutuhkan, contoh saja dalam penggunaan bata seberapa banyak yang harus tersedia untuk membuat dinding dengan ukuran tersebut.

Untuk menghitung kebutuhan material dinding, hal pertama harus kalian lakukan ialah mencari tahu volume dinding terlebih dahulu sehingga mudah memperhitungkannya. Adapun cara menghitung volume dinding bisa dikatakan mudah, sebab rumusnya tidak jauh berbeda seperti cara menghitung kebutuhan batako atau lainnya.

Meskipun sudah dimudahkan, akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui cara menghitung volume seperti apa dan lain sebagainya. Untuk itu pada pembahasan kali ini kami hendak informasikan kepada anda semua bagaimana cara menghitung dengan benar, agar tidak meleset terlalu jauh.

Cara Menghitung Volume Dinding Rumah Rumus Hitung

Jika kalian ada keniatan untuk membangun sebuah hunian, namun bingung dalam mencari tahu volume dinding dari desain yang sudah dibuat dengan ukuran sekian X sekian. Tenang, karena pada kesempatan sangat baik ini Ahlikuli.com hendak informasikan cara menghitung volume dinding rumah seperti dibawah ini.

Fungsi Dinding Rumah

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, terlebih dahulu informasikan kepada kalian semua mengenai fungsi utama dari dinding sebuah rumah. Karena kami sangat yakin sekali banyak orang yang banyak mengetahui, namun tidak mengetahui sebenarnya fungsi utama dari dinding rumah itu apa.

Baca  4 Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank 2021

Fungsi utama dari dinding rumah ialah sebuah bangunan yang dipasang secara vertikal pada umumnya sebagai pembatas antara bagian luar rumah dan dalam rumah. Selain itu juga berfungsi sebagai pembatasan antara ruangan satu dengan beberapa ruangan lain dimana berfungsi sebagai tumpuan bagian bagian atap.

Ukuran Ideal Dinding Rumah

Lantas berapa ukuran ideal dinding rumah ? Bila berbicara ukuran ideal sebuah dinding rumah cukup bervarian, karena akan disesuaikan dengan konsep dari rumah tersebut. Jadi disini kami tidak bisa memastikan berapa ukuran yang harus digunakan untuk rumah yang akan kalian bangun.

Namun secara umum atau paling sering digunakan orang yakni antara 3,5 meter sampai 4 meter, ukuran tersebut memang sering dipakai banyak orang. Namun saran kami gunakan ukuran tinggi 3,5 meter, dimana ukuran ini memang ideal sekali baik itu untuk rumah minimalis, klasik atau model lainnya.

Rumus Menghitung Volume Dinding Rumah

Seperti sudah kami jelaskan kepada kalian semua, untuk menghitung volume sebuah dinding rumah memang harus mengetahui rumusnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui rumus perhitungannya, tentu lebih mudah untuk mengetahui luas dinding rumah yang akan dibangun.

Jadi rumus untuk menghitungnya ialah panjang x tinggi dinding rumah, kemudian dikurangi dengan luas jendela dan pintu dari rumah tersebut. Ketika sudah mengetahui rumus perhitungan volume dinding tentunya akan semakin mudah untuk mencari luas volume dari dinding rumah kalian semua.

Cara Menghitung Volume Dinding

Kemudian lanjut ke pembahasan utama yaitu cara menghitung volume dinding rumah, disini kami anggap jika kalian semua sudah paham dan jelas dengan rumus untuk menghitungnya. Jadi langsung saja ke pembahasan, adapun caranya dapat simak langsung sebagai berikut.

Baca  30 Desain Kamar Anak Minimalis 2021 : Sederhana & Modern

Detail Ukuran Dinding

  • Panjang dinding A 5 meter dengan tinggi 3 meter
  • Panjang dinding B 4 meter dengan tinggi 3 meter
  • Panjang dinding C 5 meter dengan tinggi 3 meter
  • Panjang dinding d 4 meter dengan tinggi 3 meter

Ukuran Pintu dan Jendela

  • Ukuran Pintu 2 x 1 meter
  • Ukuran jendela 1 x 1,5 meter

Jadi perhitungannya adalah 5 M + 4 M + 5 M + 4 M = 18 meter dengan tinggi 3 meter, jadi 18 x 3 meter = 54 m2 – 3,5 m = 51,5 meter.

Bila melihat perhitungan seperti diatas maka luas volume dinding rumah 51,5 m2 dan perhitungan tersebut sudah termasuk dikurangi dengan luas jendela dan pintu.

Kesimpulan

Bila melihat dari pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa untuk menghitung luas volume dinding rumah memang sangat mudah sekali, jadi intinya kalian harus mengetahui rumusnya terlebih dahulu. Namun saran kami ketika ingin menghitung volume dinding, silahkan hitung per bagian ruangan agar lebih mudah dan tentunya tidak bingung.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung volume dinding rumah disertai dengan rumus dan pengertian sebuah dinding rumah dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.