Skema Instalasi Listrik Rumah Wajib Kalian Ketahui !!

Skema Instalasi Listrik Rumah – Ada banyak orang bertanya tanya apakah instalasi listrik wajib memenuhi persyaratan ? Tentu saja harus memenuhi itu semua. Pasalnya jika melakukan instalasi tidak mengikuti ketiga persyaratan maka merugikan bagi penghuni bangunan tersebut.

Hal tersebut memang terbukti adanya, karena mengabaikan hal tersebut banyak rumah yang mengalami kejadian arus pendek listrik atau korsleting. Lebih parahnya lagi jika tidak memenuhi PERSYARATAN INSTALASI LISTRIK rumah bisa terjadi kebakaran, terlebih lagi jika menggunakan kabel tidak sesuai ukuran.

Ada baiknya jika setiap orang sedang membangun rumah atau renovasi rumah, wajib memperhitungkan itu semua guna mencegah kejadian yang tidak di inginkan. Untuk itu skema instalasi listrik rumah memang wajib dilakukan terlebih dahulu, sehingga nantinya pada saat pemasangan sudah tersturktur.

Skema listrik tidak hanya pada titik pemasangan saja, pemilihan jaringan kabel serta skema juga wajib diperhatikan sekali. Pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan kepada anda semua mengenai skema listrik rumahan pada umumnya digunakan oleh banyak orang.

Skema Instalasi Listrik Rumah Wajib Kalian Ketahui

Sampai disini pastinya banyak orang penasaran sebetulnya pengertian skema instalasi listrik itu sebenarnya apa dan fungsi utamanya apa. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, pada kesempatan sangat baik ini Ahlikuli.com sudah mempersiapkan itu semua seperti dibawah ini.

Fungsi Utama Instalasi Listrik Rumah

Fungsi utama dari instalasi listrik rumah adalah sebagai jalur atau mendistribusikan aliran listrik dari meteran ke beberapa titik titik sudah ditentukan sesuai dengan skema sudah diatur sebelumnya. Adapun dalam menyambungkan antara titik satu ke titik lain haru benar sehingga aliran berjalan sesuai dengan semestinya.

Baca  Tabel Baja WF Terbaru 2021 : CNP/UNP, H-Beam & T-Beam

Dalam hal ini ada beberapa skema dapat dilakukan, pertama secara langsung dimana dari meteran lalu di sebar ke beberapa titik sudah ditentukan. Kedua lewat MCB dimana nantinya bisa di atur menjadi beberapa bagian sesuai dengan berapa banyak titiknya.

Skema Instalasi Listrik Rumah

Skema Instalasi Listrik Rumah

Diatas sudah kami jelaskan kepada anda terdapat dua skema instalasi listrik sering digunakan oleh banyak orang. Nah, disini kami akan menjelaskan secara detail dan jelas agar anda semua paham dan mengerti.

Skema Instalasi Listrik Rumah Langsung

Skema listrik rumahan pertama adalah secara langsung bahkan banyak perumahan yang menggunakan sistem seperti ini dengan alasan aliran lebih semupurna karena tidak terpotong potong. Kemudian juga lebih efisien dalam instalasi listrik hingga 60 %, karena itulah skemai ini paling banyak diminati.

Terlepas dari itu semua, anda wajib untuk menggunakan kabel jalur utama berukuran besar sesuai dengan ketentuan berlaku. Terlebih lagi jika meteran yang anda gunakan diatas daya 900 watt/VA, karena setiap daya akan memiliki standar kabel yang digunakan.

Skema Instalasi Listrik Rumah Lewat MCB

Sedangkan skema instalasi listrik selanjutnya dengan MCB, fungsi dari skema ini memudahkan dalam mengatur aliran listrik yang di distribusikan ke beberapa titik. Biasanya akan dikelompokan pada setiap MCB akan dicabangkan beberapa titik dan MCB kedua dan selanjutnya juga sama.

Sistem seperti ini biasanya digunakan pada gedung bertingkat dan bahkan beberapa perumahan juga sudah menggunakan skema seperti ini. Tentu banyak alasan kenapa skema menggunakan MCB lebih aman, pertama tidak perlu menggunakan label dengan ukuran besar dan kedua lebih mudah dalam mengatur aliran listriknya.

Persyaratan Instalasi Listrik Rumah

Pada pembahasan sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada anda semua dalam instalasi listrik rumahan ada beberapa persyaratan sesuai dengan ketentuan dari pihak PLN. Jika penasaran dengan itu semua dapat simak langsung sebagai berikut.

Baca  √ Apa Itu Sloof 2021: Pengertian, Fungsi, Jenis & Metode Pengerjaan

1. Syarat Ekonomis

Persyaratan pertama instalasi listrik harus memiliki perencanaan, pemasangan serta pemeliharaan dengan dibuat secara ekonomis mungkin tetapi tidak menimbulkan hal hal yang membahayakan. Pastikan juga tidak menimbulkan kerugian dalam bentuk apapun dalam proses instalasi listrik.

2. Syarat Keamanan

Kemudian wajib dibuat seaman mungkin sehingga tidak menyebabkan kejadian atau kecelakaan sekecil apapun baik itu pada saat pemasangan maupun juga dalam penggunaan setiap harinya. Selain itu keamanan bagi manusia juga wajib atau tidak membuat bahaya pada beberapa benda di sekitarnya.

3. Syarat Keandalan

Lalu persyaratan terakhir gunakan tenaga jasa sudah ahli dalam bidang tersebut sehingga kesalahan akan minim terjadi, gunakan material sesuai dengan standar sudah di anjurkan agar kejadian seperti kabel putus serta lainnya sangat kecil terjadi.

Kesimpulan

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai skema instalasi listrik rumah beserta fungsi, persyaratan dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.